Konsultasi Penyakit Dalam

Sering Kentut

Dokter yang terhormat, saya pemuda berusia 20 tahun. Saya mempunyai masalah dengan pencernaan saya, karena sering kentut. Pada awalnya saya menganggap normal, tapi lama kelamaan saya merasa terganggu. Padahal, setiap hari saya sudah makan teratur. Yang ingin saya tanyakan:

a. Apakah ada masalah dengan pencernaan saya?

b. Apakah itu normal?

c. Bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih atas jawabannya.

Sulaiman Rhosyd, Surabaya


Kepada Mas Sulaiman Rhosyd, penyebab dari kentut adalah adanya sisa makanan yang terdapat pada usus besar sehingga menimbulkan sumber gas. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Antara lain:

- Saat mengunyah makanan harus lebih baik. Sebelum ditelan harus dipastikan makanan tersebut hancur, baru kemudian ditelan. Hal itu berguna agar pencernaan kimia di usus halus berjalan optimal. Jadi, ampas atau sisa kotoran betul-betul hanya ampasnya. Kalau ampasnya masih ada sisa makanannya, maka akan ke usus besar dan menjadi gas atau yang sering disebut kentut.

- Cukupkan kebutuhan serat dan banyak makan buah serta sayuran.

- Lancarkan buang air besar pada pagi dan sore hari supaya tidak menimbulkan sumber gas atau kentut. (*)


Dr. Pangestu Adi, Sp.PD. KGEH

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastro Entro Hepatologi

RS Spesialis Husada Utama Surabaya

About these ads

~ by wahyukokkang on December 25, 2008.

138 Responses to “Konsultasi Penyakit Dalam”

  1. dokter saya ibu 3 anak umur 27 th, perut sebelah kiri saya rasanya tidak enak seperti mengganjal, pinggang kiri kadang nyeri serta punggung telapak kaki terasa sakit dan nyer. kepala kiri saya bagian atas terasa penat ta tidak pusing……terimakasih kira2 kenapa ya dok? anak saya no. 1 3 th, no. 2 th 5 bln, anak no. 3 5,5 bln….

  2. Buat Mbak Yuliy:
    Saya kirim beberapa artikel ke email Anda, terkait keluhan tersebut.
    Semoga bs sedikit membantu…

  3. siang dok…
    dok saya kemarin terbatuk dan mengeluarkan darah (kental dan agak kehitaman) padahal saya tidak ada batuk sebelumnya. memang 2 jam sebelumnya saya makan indomie dan biasanya saya selalu diare jika makan indomie tp tidak parah (1 hari). saya mau tanya apakah saya terkena tb (saya tidak ada gejala tb) atau saya terkena infeksi saluran percernaan ?
    terimakasih dok

  4. dokter saya calon ibu berumur 29 thn yg sedang hamil 3 bulan.
    saya punya riwayat sakit Thalasemia seluruh kel saya,termasuk adik-adik saya 3 orang,tetapi adik yang nomer 2 yang paling parah hingga dulu saat umur 8-12 thn sering tranfusi darah,
    yang ingin saya tanyakan,apakah berbahaya untuk bayi dalam kandungan saya jika saya mengidap sakit thalesemia bawaan tersebut, trima kasih

  5. siang dok..

    saya Nindarwan 19 thn,saya sering sekali berkeringat,yg jd masalahnya adalah keringat saya banyak keluar di telapak tangan dan kaki saya dok..saya merasa terganggu sekali..apalagi klo lagi ujian kertas ujian saya pasti basah karena keringat yg keluar dari telapak tangan saya.atas perhatian dari dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

  6. Saya cipto , umur 38 tahun , saya sering sekalli merasa panas di bagian perut , pinggang sebelah kanan , saya sudah ke beberapa dokter , dan ada beberapa dokter yang mengatakan gejala kencing batu , setelah di check urine tidak ada butiran butiran , dan juga sudah check USG , check darah semua hasilnya baik.Tapi saya sering sulit tidur karena tidak nyaman mersakan panas di bagian perut ini. aktivitas saya sehari hari normal , dan apabila segang beraktivitas , hal tersebut tidak begiyu saya rasakan. Tetapi pada saat tidur saya merasakan panas. Saya tidak tau penyakit apa , karena beberapa dokter juga tidak yakin dengan gejala gajala yang saya rasakan.

  7. Kepada Pak dokter specialis dalam yank terhormat,
    Nama saya andry, cowok umur 24 tahun.
    2 bulan yg lalu saya di rawat di rumah sakit selama 11 hr karena menurut dokter yg merawat saya, saya terkena hepatomegaly non specific.
    Saya jg menjalani test laboratorium dan jg USG.
    Oleh dokter saya dikasih obat:
    Ranitidine HCL 150, Lesichol, vitazym, strocain P, Hp Pro dan Ultilox forte.
    Kira2 1 bln yg lalu saya test lab dan Hasil test lab sbb:
    SGOT : 45 ,nilai normal : 8-37 IU/L
    SGPT : 55 ,nilai normal : < 29 U/l
    Hasil USG abdomen sbb:
    hepar: tampak membesar dng tepi rata halus, intensitas echoparenchym normoechoic homogen dng structur halus.
    Systema vasculer/biller normal.
    Gall bladder, pancreas, lien, kedua ginjal dan buli2 normal.
    Ascites negatif.
    Kes. : hepatomegali non specific.
    Setelah kontrol ke dokter specialis dalam lg saya dikasih obat: gastridin (ranitidine 150) dan Braxidin.
    Tetapi sampai skrg saya msih merasakan ulu hati saya masih sakit dan perut kanan atas kadang2 jg sakit. Bahkan pada wkt sakit itu rasa'y sampai dada seperti panas banget.
    Saya ingin menanyakan:
    apakah tindakan dokter yg merawat saya benar dlm mengambil tindakan dlm penanganan sakit saya ini apa tidak?
    Dan apa yg harus saya lakukan agar sakit yg saya derita ini cepat sembuh?
    Sekian pertanyaan saya dan saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya

  8. saya mau menanyakan pada dokter, apakah perut yang kosong tidak bolah langsung minum teh? karena saya menemukan di internat tidak boleh tapi saya kurang puas dg itu, tolong kasik tau , , thanks

  9. Dokter Yth,
    Salam
    Langsung saja ya dokter, ibu saya sudah dirawat hampir 1 bulan,ini yang kedua kalinya beliau dirawat karena sebelumnya sakit jantung.
    Menurut diagnosa ct scan disitu tertulis slight acute pancreas(kalau sy tdk slh ingat) dan hasil lab. Kadar enzim amilase dan lipasenya masih tinggi.
    Antibiotik yang termahal yaitu merocef sudah diberikan tetapi sampai sekarang mual dan muntahnya tak juga hilang,amilase dan lipasenya masih tinggi,saya bingung apa yang salah atau ada apa dgn penyakit ibu saya, karena menurut hasil ct scan smuanya normal.
    Mohon penjelasan dari dokter karena dokter penyakit dalam ibu saya sangat susah ditemui.
    Terimakasih
    Wassalam.

  10. Dokter Yth,
    Saya mau btanya kpd dokter, saya laki-laki berumur 30 thn. saya sering mengalami lidah terasa nyeri dan perut terasa perih. saat sore hari pukul 19.00 wib perut saya terasa kembung (terasa sesak nafas) & telapak kaki saya terasa kesemutan. dan akhir-akhir ini kepala saya sering sakit (pusing).
    Mohon penjelasan dari dokter atas penyakit saya dan sebagai informasi saya telah mengalami masalah kesehatan ini selama 5 bulan.
    Terima Kasih

  11. Dokter saya wanita berusia 26 th,saya biingung kemana saya harus konsultasi ke dokter bagian penyakit dalam ato bedah urologi.Beberapa hari lalu selama 2 hari lalu saya buanga air kecil bersamaan dengan sedikit darah,dan perut bagian bawah sebelah kiri merasakan sakit saat buang air kecil selesai,dan mulai saat itu saya tidak bisa menahan pipis saya…

    Saya takut klo ini salah satu gejala kanker cerviks ato humaria…
    Jadi kemana saya harus periksakan ini….

    Terima kasih.

  12. pagi dok, tolong saya ya dok.
    Anak saya, umur 15th,berat badan 80kg.1minggu yll demaam (saat kedinginin hidungnya,tangan,kaki sampai dingin~kemudian puanas~ters berkeringat) saya bawa ke rmh sakit, cek darah lengkap termasuk dengue,widal,sgot,sgpt semua normal.hanya sgptnya 87. Tapi saya bawa pulang demamnya tetap berlanjut.ini sdh 2hari sjak dr rumah sakit. demamnya masih tetap dok. Kata dokter di Rs anak saya flu aja, tapi saya takut dok, panasnya kok lama ya..berarti sudah 5hari. Sakit apa ya anak saya.Mohon saran dok..trimakasih

  13. Dokter yth. Saya seorang perempuan umur 35th, sering mengalami sakit kepala, apabila saya menunduk,dihidung serasa kemasukan air (sakit seperti kita menghisap air lewat hidung), pandangan kehijau-hajuan). Hal ini sudah saya alami hampir setengah tahun lalu. Perlu diketahui saya ibu rumah tangga memiliki 2 org anak..
    Pertanyaan : Apakah saya mengalami tumor di kepala?
    obat atau makanan apa yg perlu saya konsumsi?
    atas jawaban pak dokter sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  14. hi dokter, aku Kira (19thn) sdah kuliah di salah satu PTN di Bogor . Aku punya kakak cowok (21thn) . Dia itu sering sakit-sakitan . Dia punya penyakit bawaan asma sama maag yg cukup parah . Hal itu membuat dia mudah terserang penyakit . Sudah hampir 3tahun dia menderita penyakit radang paru-paru komplikasi dgn maag yg cukup parah . Kondisinya sudah parah, tubuhnya hanya tinggal kulit dan tulang . Dia sudah sering bolak-balik masuk RS . Kondisi psikologinya juga sangat labil . Bahkan dia selalu bilang aku sudah capek begini terus . Kapan tuhan akan mencabut nyawaku ? . Sehari-harinya dia hanya berbaring di tempat tidur sambil terus menerus batuk-batuk karena paru-parunya yg lemah, sesekali kalau kondisinya sedang lumayan, dia suka melukis . Dia sangat menyukai melukis . Lukisanya bagus-bagus . Bahkan, lukisannya itu sering ikut pameran yg lumayan bergengsi . Tidak hanya itu, dia juga pandai bermain piano . Permainannya sangat indah,
    seolah dia menjiwai alunan melodi yg dia bawakan . Buat aku, dia kakak yg sangat mengagumkan . Dia pandai melakukan berbagai hal, hanya saja, tubuhnya tdk mendukung .Aku selalu memberinya suport supaya dia terus berjuang untuk bangkit . Namun, tidak selalu mudah melakukan hal itu . Itu karena dia selalu merasa rendah diri .

    dokter aku bingung . apakah penyakit seperti kakak aku ini bisa sembuh ? atau hanya membaik, namun tidak sembuh total ? Aku ingin dia bangkit dari semua ini . Aku ingin bikin dia bangga sama dirinya sendiri .

    Thankz sebelumnya . Semoga mamah mau memberi saran untuk aku dgn membalas e-mail aku ini .

  15. Dok saya mau tanya, anak saya Yovan laki2 3thn sudah 2 bulan terakhir ini ngeluh sering sakit perut, setiap sakit perutnya kambuh yovan minta dielus dengan minyak kayu putih, waktu saya usap-usap dari atas ke bawah, diantara uluh hati dan pusarnya saya menemukan semacam benjolan keras saya gak tau persis bentuknya, dgn menggunakan telunjuk saya tekan benjolan itu, dan lama kelamaan hilang, terkadang bergeser sedikit2, sudah 3 kali ke dokter cuma dikasih penghilang rasa sakit dan antibiotik, setiap habis minum susu pasti rasa sakitnya datang, dan saya elus2 perutnya benjolan itu teraba lagi, itu terjadi setiap kali serangan sakit perutnya datang, tapi jika pas keadaanya normal benjolan itu gak ada dan dia tampak normal dan sehat2 aja, anaknya lincah, saya kuatir jika hal ini dibiarkan.

  16. Selamt pagi dok, saya batuk udah lama kira-2 3 bulanan saya batuk waktu itu sudah mau sembuh tapi batuk lagi sampai sekarang saya sudah berobat tapi tidak sembuh-2… kadang-2 batuk mengeluarkan dahak kadang-2 didada sebelah kiri kaya terasa greg kayak ada cairan yang mau keluar gatel banget sampai batuk tapi keluarnya bukann dahak tapi air ludahnya kayak berbusa dikit… kira-2 penyakit apa ya dok saya

  17. selamat pagi dok, saya sering leher sakit dah lama pa karene urat yang salah pa yang lain q gak tau terus kayaknya aliran darah di kepala jadi kayak gak lancar

  18. malem Dok,,saya mo tanya, saya punya keluhan sakit dada. kadang saya harus ngambil nafas dalam dan kadang juga sambil batuk. kalo dada udah sakit suka terasa nyesek.awalnya dari sakit lambung, kemudian jadi menjalar ke sakit dada.kata orangtua saya sih masuk angin.mohon penjelasannya dok ,,pakah saya menderita sakit parah apa emg cuma msuk angin saja ????
    makasih dok,,mlm.

  19. Dokter Yth, saya mau konsultasi…Suami saya kemarin test darah dan diidentifikasi terkena hepatitis B. Hasil testnya adalah HBsAg nya : 260,3 reaktif, SGOT : 27 SGPT: 61. Apakah suami saya positf terkena Hepatitis B,?Obatnya apa Dok? apakah penyakit ini bisa menular? terimakasih dok sebelumnya

  20. dok, saya seorang wanita !
    dua hri ini urine saya kenapa wrnanya merah yah dok,,,,,,,,,,,,?

  21. dokter yth,saya mau konsul tasi,umur saya 19 tahun, saya mengeluh kan nyeri pada dada saya, kenapaya setia habis bangun tidur atau duduk ama bungkuk,terasa sakit di bagian dada,itu kenapaya, terus cara pengobatanya gimanaya,atas bantuanya saya ucapkan terimakasìh yang sebesar besarnya.

  22. dokter yth, sy mau konsultasi, umur saya 25th sudah menikah, sdh 2 hr ini setiap buang air kecil di sertai darah,,dan itu rasa nya sakit sekali seperti penyakit anyang anyagen gitu, tpi klo anyang2en kan tidak di setai darah,,tpi ini di sertai darah, itu penyakit apa y dok..? terima kasih

  23. malam dok.sy mau konsultasi,umur saya sekarang 22 tahun,belum menikah.sudah hampir 2 tahun belakangan saya merasakan payudara sebelah kiri saya sering nyeri, tepatnya hampir dibagian ketiak,bila ditekan maka payudara akan terasa sakit dan hampir tiap bulan rasa nyeri itu muncul tiba-tiba.padahal saya tidak dalam keadaan menstruasi.terimakasih.

  24. malam dok,,,sy mau konsultasi.saat ini saya bekerja di bagian kimia air.bagaimana cara menghilangkan dampak kimia yang sering terhirup.

  25. dok.
    saya seorang siswa sma yang ingin menanyakan tentang gejalagejala yang sering terjadi pada saya. saya akhir-akhir ini sering merasakan sakit di bagian kepala saya. dan jika saya bernapas sering terasakan panas di dada saya . perut saya sering seperti ditusuk di bagian kanan perut saya. saya bisa menahan rasa sakit itu semua kecuali sakit kepala saya. kirakira apa yang saya derita dok . terima kasih:)

  26. saya seorang ibu rumah tangga,saya sering kebas,apakah berbahaya dan akan menimbulkan penyakit

  27. siang dok,
    saya ibu rumah tangga sudah menjalani pernikahan selama 1 thn.saat ini saya sudah terlambat menstruasi, tetapi test pek belum ada hasil. apa penyebabnya dok?

  28. Dok…saya hampir 2 tahun ini mengalami gangguan pada pita suara. Suara sering thekor dan berart. Bersamaan dengannya, pangkal tenggorokan terasa nggak nyaman. Terus dada sering terasa sesak. Lambung terasa nyesek dan tidak nyaman. Belakangan ini badan ikut terasa pagal-pegal. Itu semua muncul setelah banyak bicara, makan kenyang dan kecapekan. Saya mengalami penyakit apa ya? Dan bagaimana penyembuhannya?

  29. Dok…., saya perempuan umur 28 th, saya punya keluhan sakit perut disebelah kanan, rasanya tegang seperti di cengkram (diremas-remas), timbul rasa panas sampai ke pinggang belakang dan penyakit saya ini terjadi secara berulang-ulang, saya pernah USG, tes urine tapi hasilnya nihil, saya jadi penasaran sebenarnya penyakit saya itu apa dan cara mengobatinya gimana dan apa obatnya?

  30. Dokter YTH
    saya pria mau tanya saya ada keluhan dgn nafas saya mengeluarkan bau yg kurang sedap, pdhl gigi saya bagus ga ada bolong, saya periksa rutin tp tetap aja seperti itu, yg mau saya tanyakan penyakit apakah itu apa bisa disembuhkan, trus hrs diperiksa kemana??makasih saya tunggu balasannya,.

  31. selamat pagi dokter…
    saya christin mw tanya,tante saya kmrn kna kanker kel.getah bening hbs oprasi,katax oprasi daging yg tmbuh d hidung,jenisx ganas…stlh itu.bliau kontrol trz…kmarin ktax hidung tampon dlepas,istilah dokterx cavum nasi kiri dan ca colli di leher kiri,,,
    msalahx dokter,stelah oprasi kq bknx tmbh sehat tp tmbh g enk bdanx…ktax trsa berat,slain it jg BBx mnurun n pucat trz.Gmn y dokter?

  32. Dok
    istri saya awalnya di vonis maag kronis, lantas bbrp bulan kemudian terkena dehidrasi, bbrp waktu kemudian dokter dari RSHS mem vonis kalau istri saya terkena penyakit paru

    dan terakhir konsisnya kian melemah…
    timbul luka di selangkangannya dan luka itu kian hari kian membesar dan mengeluarkan lendir, perutnya membuncit dan mengeras

    terakhir saya bawa ke RS Dr Selamet Garut, oleh dokter disarankan untuk berobat alternatif

    obat alternatif apa yang dimaksud oleh dokter RS Dr Slamet Garut itu Dok??

    sekarang isti saya hanya bisa terbaring di tempat tidur, jangankan untuk bergerak jauh, untuk berganti posisi miring, terlentang saja perlu bantuan orang lain

    sebenarnya apa yang terjadi dengan istri saya
    mohon penjelasannya Dok

    terimakasih

  33. saya lia. sma kls 1, umur saya 14 tahun.
    saya punya keluhan pada bagian perut kiri bawah serng terasa sakit dan itu tidak hanya 1 atau 2 kali saja tapi berkali-kali dalam sehari menurut Dokter saya ini sakit apa??????
    saya belum pernah periksa ke dokter sebelumnya
    terima kasih sebelunya

  34. selamat pagi dok.

    keluhannya
    kalau da siap makan, baik sarapan, makan siang dan makan malam, atau setiap ada yang di konsumsi, kenapa perut saya terasa mual dan selalu buang air besar??? apakah penyebabnya dok?? bagaimana cara penyembuhannya dok?? mohon penjelasannya. terima kasih

  35. core dok,dok klo ada benjolan di miss V,dan terasa sakit itu,penyakit apa?

  36. mf dok untuk penyembuhannya bagaimana,obat alaminya apa?untuk menghilangkan benjolan di selaput M” V?

  37. siang dok saya eka berumur 12 th,perempuan. saya mengalami ganguan pencerna’an sehingga berat badan saya tidak naik-naik,kata orang-orang saya mengalami penyakit cacingan.apakah betul dok.

  38. dok,
    nama saya yeffie.
    saya mau tanya udh seminggu ini saya merasakn sakit yang begitu hebat pada bagian punggung saya,dan rasa sakit itu sering berpindah ke perut bagian kanan dan kiri terus kevagina dan samapi kepaha,dan saat buang air kecil sering terasa perih yang sangat hebat .
    dan saat saya melakukan hubungan intim dgn pasangan saya,
    sering terasa sakit dan perih.
    dan udh setahun ini saya belum mendapat keturunan
    karna setiap sperma yg dimasukan oleh pasangan saya selalu keluar lagi.
    sebelum nya saya sering mengalami keputihan berbau dan berwarna putih.
    apa gejala yang saya alami ini terkait dengan penyakit kanker serviks?

  39. Slmt pagi dok,
    Nama saya Nita.
    Dok, sejak hri senin mlm kmrn (sudah 5 hari) sy tiba2 mengalami sakit kalau buang air kecil, biasanya itu terjadi kalau kita suka menahan-nahan kencing kan dok…tp yg membuat sy kuatir krn ini berlangsung terus menerus setiap mlm dan setiap saat, itu pun hrus agak dipaksa baru mau keluar dan terasa sakit……beberapa kali setiap keluar disertai dgn gumpalan kecil darah merah bercampur putih, sy takutnya itu proses pembuahan yg akhirnya tdk jdi krn penyakit ini…….
    Tolong sy dok….jujur sy takut, sy ingin berobat tp wktu utk ijin dr kantor tdk memungkinkan krn byk kerjaan akhir thn yg hrus deadline
    Gejala penyakit apakah yg sy derita itu dok?
    Terima kasih ya dok…….

  40. Dokter, sy mw brtanya, nama sy YUDI, 27 thn, asl pasaman sumbar.
    keluhan sy adlh akhr2 ne stiap kali BAB, kotoran sy tu brdarah. n lbg dubur x namany trsa sobek prihny bkn maen.
    n dbrengi mencret mvlu. tlg info y dok. slm

  41. siang dok
    nama saya juadir
    selama 3 bulan ini bapak saya sering muntah muntah dan ia merasa semua makasan itu pahit dan juga di bawah tulang rusukx ada yg tumbuh keluar…?!
    Jadi saya mohon saran dari dokter..?

  42. selamat siang dokter…
    saya mau tanya,saya punya pacar umur 19 tahun – laki2
    sering merasa kepala bagian belakangnya sakit disertai bau anyir darah dari hidungnya,terkadang sampai mimisan juga dok
    bila sedang kumat sakit kepalanya,telinga bagian dalam seperti ada binatang yang masuk padahal tidak ada apa2
    punya riwayat sakit typhus dan pernah batuk yg meneluarkan darah kental
    mohon informasinya dokter,soalnya dia gak mau dibawa ke dokter
    terima kasih banyak dokter

  43. dok..saya mengalami nyeri dada sblh kanan..sdh berlagsg slm 4hari..lom smbh2..nyeri makin hebat..kl buat narik nafs skt bgt…tgn smpe pegel dok..kira2 pnykt sy p y dok?jantung kah?mksh

  44. salam dok,
    saya mau nanya, sudah 4 hari ini saya pipis terus kalau pipis terasa sakit gak sakit juga agak nyilu,
    2 harinya disertai sakit perut dan sakit pinggang seperti sehari sebelum haid sakitnya,
    tapi saya haid masih 1 minggu lagi
    sakit apa yah itu dok?

    Terimakasih

  45. slmt malam dokter,saya mau tanyaa…
    saudara saya pernah terinfeksi HBV pada tahun 1993 dan sembuh,lalu pada akhir tahun 2010 ternyata relaps kembali hingga sekarang infeksi tsb msh berlangsung, apa yg menyebabkan penyakit tsb bs relaps stlh krg lebih 19tahun dinyatakan sembuh?
    lalu pd pemeriksaan lab,SGOT dan SGPT bagus dan normal nilainya,tapi GGTnya 221 dan HBsAg 911,itu apa artinya? apa bahaya?
    sedangkan pemeriksaan USG jg semua organ dalamnya normal terutama hepar msh dlm ukuran normal,tdk hepatomegaly maupun sirosis.
    dokter menganjurkan untuk pemeriksaan varises esofagus. setau saya varises esofagus adalah komplikasi dr sirosis,nah apa varises esofagus sll trjadi karena sirosis? pdhl dr usg heparnya normal. Lalu apa solusinya?
    slama ini saudara saya diberi obat antiviral Lamivudine,bgmn mekanisme kerjanya? kalau dibandingkan dg interferon bgs yg mana?
    apakah ini sudah masuk hepatitis kronis?
    lalu apa yg membuat HBsAg menjadi sangat tinggi sedangkan yg lain normal dan tdk merasakan gejala apa2.

    saya tunggu jawaban dan solusi dr dokter,mohon diberi penjelasan ya dok…
    trimakasih banyak sebelumnya…

  46. Salam dok,

    Saya mau tanya , beberapa bulan lalu saya merasakan perut sebelah kiri saya rasanya tidak enak seperti mengganjal, pinggang kiri kadang nyeri kepala kadang pusing & nafas rasanya berat tapi klau makan gak apa2 & gak muntah , trus saya periksa ke dokter katanya cuma asam lambung yang berlebih & di beri obat , tp stelah beberapa minggu kambuh lagi & ke dokter lg cuma diberi obat aja .
    Karena masih mrasakan hal yang sama & di tambah perut tengah terasa panas dan menggangu aktifitas sehari2, akhirnya saya melakukan cek lab & endoskopi .
    dr hasil lab menyatakan normal .
    dr hasil endoskopi kesannya :
    1. esophagitis LA grade A
    2. herniasi intraesophageal
    3. gastritis predominant antral
    dan dr hasil trsebut say diberi obat ultilox sirup , nexium esomeprazole , galflux 10mg ,mucosta 100mg.

    mohon informasi dr hasil endoskopinya karena dokter yang saya temui tidak menjelaskan hasilnya & tlg sebenarnya sakit saya ni apa ?

    saya tunggu jawaban dr dokter,mohon diberi penjelasannya dok…
    trimakasih banyak sebelumnya…

  47. pagi dokter…
    saya lagi skripsi tentang penyakit pada sistem pencernaan manusia. jadi, saya minta tolong di jelaskan tentang nama-nama penyakitnya,gejala dari penyakit-penyakit tersebut kemudian pengobatan dan keterangan penyakit-penyakit yang menyerang paa sistem pencernaan manusia.
    mohon bantuannya ya dok,kalau bisa di kirim ke email saya : mikado1@gmx.us
    makasih…………..

  48. Dokter yth,
    saya penderita penyakit hepatitis. Orang bilang penyakit saya ini cepat sekali menular ya dok? kalau demikian saya mau konsultasi mengenai bagaimana cara penyakit ini menular,apakah penyakit ini bisa menular melalui ciuman dok? terimah kasih sebelumnya dok,saya konsultasi demikian karena saya tidak mau orang yang saya sayang ikut tertular penyakit ini. dan juga saya mau tahu cara terbaik dalam menangani penyakit ini sebab biaya pengobatannya terlalu mahal.

  49. mlm Dok,
    saya wanita umur 20 thn,
    mulai 1 bln terakhir ini sering kali saya merasa sesak,
    jantung berdetak sangat kencang bila di dekat perokok,di ruangan ber-AC,ruangan yang mempunyai kipas angin. dan naik tangga pun terasa lebih cepat capek.
    apakah itu penyakit dalam?
    tolong berikan penjelasan,
    dan cara untuk mengatasi masalah kesehatan seperti itu.
    Thanks

  50. Dok,,,
    Saya umur 14 tahun?
    Saya mau tanya knp mata saya sering terasa gatal sekali?
    Trima kasih Dok?

  51. Dok, saya deni ato disapa aa deni ini berumur 25 tahun., tentang masalah frekuensi kentut nih dok,. soalna ini membuat saya agak terganggu (contoh : mengakibatkan batal wudhu) ini juga berakibatkan agak gatal2 juga di selangkangannya (sekitar lubang dubur). itu karena apa yah dok?? kemudian gimana pengobatan secara alamiah maupun terbaiknya serta pencegahannya terjadi hal tsb??? terimakasih dok atas konsultasinya…

  52. Dok, saya Reny berumur 22 tahun. Saya bingung kenapa ya sakit maag saya datangnya ketika hari menjelang malam, rasa sakit nya terasa di ulu hati,, awal nya sih sakitnya di perut bagian bawah sebelah kanan tapi sekarang sudah sampai ke ulu hati (perut bagian atas) dan kalau saya tekan terasa mual, bukan cuma ulu hati saja yang sakit tetapi punggung saya juga ikut sakit. sehingga saya tidak bisa tidur karna terasa sangat sakit di punggung. apabila saya sedang sakit kalau saya makan maka sakitnya malah bertambah.. sudah 7 tahun lebih saya menderita sakit ini. yang ingin saya tanyakan, apa sebenarnya penyakit yang saya derita dok? :( saya udah gak sanggup lagi harus merasakan sakit itu dok. dan apa obat yang harus saya minum??

  53. Nama saya jayadi, umur 22th (L). Dok, sy klau berdiri tdk kuat krena rasa skit dbagian betis dua2nya, dn paha sampe piggul, rasanxa tu sperti ”ngilu, pegal, smpe tdk than berdiri krena tbuh sy terasa berat skali.
    …(dn ini jenis pnyakit apa.)
    Terimakasih…

  54. aq mau dunk bergabung disini ,.., masih bisa ngak dok ??

  55. Mlm dok,anak ku umur 2,5 tahun akhir2 klo hbis mkn suka ngeluh skt perut kya mules sambil nepuk2 perutnya,,pertama ngeluh bgtu gara2 mkn biskuit oreo,bab nya jd htam encar halus bgt,dan skrang jd skt perut ters,,apakh ini gejala maag?apakh penyakit maag penyakit turunan,krn saya sbgai ibuny pendrta maag kronis

  56. Pak dokter sy usia 52 th laki laki setiap saya bekerja agak lebih bukan berat ya napas saya sesak keringat dingin ada perasaan nggak enak ,baru baru ini saya dilarikan ke UGD napas sesak badan terasa kesemutan diperiksa darah jantung dan lainnya normal setelah dikasih oksigen saya sehat lagi tapi nggak percaya diri pergi sendirian

  57. tambah lagi dokter saya sudah konsul ke jantung spesialis penyakit dalam dan penyakit paru semuanya bilang nggak apa apa

  58. Dok,
    istri saya hamil 6 bulan…
    Terus sudah beberapa hari ini BAB’nya berwarna coklat, hitam. Pernah mengalami benturan lumayan keras dibagian perut dan makannya pun sedikit, sering rasa mual, pusing, dan tidak bisa mencium aroma bawang..

    Apakah ada yang trganggu atau BAB berwarna coklat/hitam itu ada berkaitan dengan penyakit dalam ?

  59. Dok maw tnya,, saya cew,usia 22 th,, kenapa saat2 ini tubuh saat kurus,,maw menambah berat badan sangat susah,,apa saya t’serang penyakit dalam,, trus kerja saya di sebuah pabrik garmet,, klo maw priksa k dokter umum bsa g?soalny gejanya tidak pasti,pling cm kadang mls mkan gtu saja,, saya cma tkut dok,klo trjadi apa2,nkrna bdan saya lma2 jd kurus trus,, mkasih dok,gtu aja

  60. Dok, saya Aidil umur 14 tahun. Saya sering ngerasa kalau lagi narik nafas itu suka ngerasa ada yang mengganjal di dada bagian kanan (kanan saya). Kira2, itu penyakit atau bukan ya dok?
    mohon jawaban nya ya dok (lewat e-mail saja dok). Terimakasih

  61. dok saya mau nanya sudah hampir 2 bulan saya sakit pinggang sebelah kanan dan rasanya mengganjal, kalah juga pindah ke sebelah kiri badan terasa pegal2 dan saya udah berobat ke dokter sepesialis urologi dan sudah dilakukan cek darah, urine dan USG. namun hasilnya normal semua, tetapi sakit saya tetap saja… oh iya, perut saya juga terasa begah terasa penuh… kira2 saya sakit apa y dok saya binggung karna hasil USG, cek darah dan urine normal semua dok… trims atas bantuan ya dok

  62. dok, telinga kanan saya terasa seperti tersumbat. dan memang ternyata ada cairan yang bening tapi tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap. cairan tersebut tidak bisa dikeluarkan dengan mudah dan telinga saya terasa sakit sampai didaerah sekitar rahang..kira@ ppenyakit apa itu dok..? dan apa obat yang di rekomendasikan…

  63. Siang dok, perut kiri sering nyeri ringan dan sekarang terasa seperti mengganjal. umur sy 51 tahun, tensi normal. kolesterol tinggi. kepala sebelah kanan vertigo….BAB tidak lancar….setiap pagi hari sebelum bangun…tubuh terasa panas sekali…setelah minum air putih baru mereda…..tks.

  64. Siang dok, sy berumur 51 tahun dan sdh menopause. Perut sebelah kiri sering terasa nyeri ringan…dan terasa mengganjal…tapi bila diraba dan ditekan tidak sakit…..hanya terasa lemak yg menebal…..Tensi normal, tapi kolesterol tinggi 225….sudah lama mengidap vertigo di kepala sebelah kanan…dan terasanya bila dibawa tidur….BAB juga tidak lancar…kadang baru BAB sampai seminggu…tapi bila minum Habbatsaudah bisa lancar BAB setiap hari……oh ya bila memakan makanan pedas…BAB tersa mulas dan panas….Setiap pagi sebelum bangun pagi….badan terasa panas sekali padahal kamar memakai AC….setelah minum air segelas…terasa dingin kembali…..Tolong Dok penjelasannya dan ke dokter mana sebaiknya…? Tks

  65. Slmt pagi dokter,saya wanita umur 24 tahun.saya mau tnya,ni perut saya sering skali mengalami gangguan pencernaan,yaitu berawal dr perut kembung dan terasa pebuh,lemes,awalnya susah bab tp Trus bisa bab dgn tinja wrna hitam,dan anus atu dubu perih.ini saya knapa ya dok..mhn dijawab.trmksh

  66. malam dok.saya pria berumur 18 tahun..saya mau tanya ,apabila kencing keluar darah kental juga itu gejala penyakit apa yah dok ??? terus sama batuk-batuk tapi sudah berapa bulan tapi sampai sekarang belum sembuh juga apakah itu sebuah penyakit daleman yaa dok ?? mohon di jawab. terima kasih

  67. pagi dok…
    saya laki-laki usia 37 tahun, saya sdh hapir 5 thn ini memiliki keluhan rasa nyeri didada, sdh berkali-kali sy kedokter penyakit dalam dan didiagnosa terkena penyakit maag, karena sdh berkali-kali dilakukan USG dan EKG hasilnya tidak ada masalah dengan irama jantung. bila saya terlmbat makan perut dan dada terasa tidak enak dan kepala terasa sakit, namun itu lama kelamaan sdh terbiasa dan obat yg saya makan tidak banyak membantu dan hingga saat ini belum ada perubahan, padahal saya sdh rutin kedokter, kalau penyakit sedang parah saya sering mengalami depresi rasa takut yang berlebihan. pertanyaan saya apakah penyakit maag dapat menyebabkan dada terasa nyeri yg permanent, apa solusi terbaik utk penyakit sy ini, dan apa perbedaan gejala penyakit maag dan jantung? terimakasih atas jawabannya semoga bermanfaat dan menjadi amal ibadah yg tak terhingga, amin.

  68. Mikuuum..pagii dok…

  69. Dok sya mo tanya Ayah saya hifertensi,.. Dan skrg lidah nya agak kelu jadi susah ngomong dan dada saki, di leher terasa berat dan sakit, keluar keringat dingin dan kalau menulis gak bgs ky biasa nya, yang saya mau tanyakan apakah ayah saya kena penyakit jantung atau hanya terkena stroke ringan saja? Mksh sblm nya

  70. saya penderita gastritis kronis,tapi akhir-akhir ini keluhan yang saya rasakan lain,yaitu pinggang sampai punngung nyeri terutama bila bangun tidur jadi kencang sampai saya minta bantuan suami untik memiringkan atau membangunkan saya,menurut dokter bagaimana?

  71. nama saya teti yuliawati,saya berumur 26tahun,bulan maret yg lalu yg telah di kiret.tpi sekarang-sekarang ni saya sering mengalami pinggang panas,perut sebelah kiri pun panas,leher pun terasa pegal-pegal.saya harap bapak bisa membantu permasalahan saya,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  72. Dok, mohon izin nanya, anak saya kemaren deman tiga hari disertai batuk.. Setelah masa penyembuhan setiap batuk dadanya terasa sakit selalu dipegang pegang, gejala apa dok…bagaimana cara mengatasinya…

  73. Selamat malam dok,

    Sy erna, usia saya hmp 48, sy punya masalah dilambung sudah lama sejak thn 2010 , 3 minggu terakhir perut sy terasa panas, kerongkongan seperti terganjal lendir bahu kiri dan tangan kiri sy sakit , dada kiri suka nyeri. Sy pernah EKG. Pada bulan november 2012 hasilnya kata dokter bagus. Yang ingin sy tanyakan apakah ini ada kaitannya dengan penyakit lambung saya atau ada gejala jantung. Terima kasih

  74. Selamat malam dok,

    Sy erna, usia saya hmp 48, sy punya masalah dilambung sudah lama sejak thn
    2010 , 3 minggu terakhir perut sy terasa panas, kerongkongan seperti terganjal lendir bahu kiri dan tangan kiri sy sakit , dada kiri suka nyeri. Sy pernah EKG. Pada bulan november 2012 hasilnya kata dokter bagus. Yang ingin sy tanyakan apakah ini ada kaitannya dengan penyakit lambung saya atau ada gejala jantung. Terima kasih

  75. Pagi dok , akhir*ini sy sering mengaLami sakit kepala ! Entah itu migrain atw sakit kepala yg biasa ! Dan perut jg demikian , sakit di sertai nyeri , sy punya riwayat keguguran tp tdk di kurat 2 thn yg lalu apa itu berhubungan ! Sedia sy ingin memeriksakan , ke dokter ahli penyakit dalam atau dokter kandungan ? Infonya yah dok , terima kasih :)

  76. saya laki-laki usia 27 tahun, saya
    sdh hapir 4 blnn ini memiliki
    keluhan rasa nyeri didada, sdh
    berkali-kali sy kedokter penyakit
    hasilnya tidak ada prrubahan
    bila saya telat
    makan perut dan dada terasa tidak
    enak dan kepala terasa sakit,
    bila saya berdiri lama kepala sakit
    urat hampir semuanya terasa kencang
    nafsu sexual berkurang. dan saat ejekulasi jantung terasa beda.
    hingga saat ini belum ada
    perubahan, padahal saya sering berobat
    parah saya sering mengalami
    depresi rasa takut yang berlebihan.
    pertanyaan saya mengalami penyakit apa
    ya dok terus bisa sembuhkah penyakit yang saya rasain..
    terima kasih bayak dok mudah2an dokter selalu
    diberikan keberkahan amin.

  77. dok,
    saya menderita penyakit ITP
    saya mw tanya bagaimana cara_ny agar saya bisa sembuh
    saya ingin tidak ng’konsumsi obat lg
    setiap kali kambuh saya sllu harus minum obt kalau tdk efek_ny bs semakin parah

  78. Pak dokter , saya seorang lelaki , usia 14 tahun , saya mau tanya , . . Kenapa y dada bgian kiri saya seperti ad yg menanjal , terasa sakit , di tekan seperti bulatan kecil , tp di bgian kanan saya tidak ad . Apkah itu N0rnal ? Truz cra mengatasinya bgaimana ?

  79. Pak dokter , saya seorang lelaki , usia 14 tahun , saya mau tanya , . . Kenapa y dada bgian kiri saya seperti ad yg mengganjal , terasa sakit , di tekan seperti bulatan kecil , tp di bgian kanan saya tidak ad . Apkah itu N0rnal ? Truz cra mengatasinya bgaimana ?

  80. Mau tanya dok…
    Saya usia 29 tahun,punya masalah pencernaan…perut sebelah kanan sering nyeri ,dada kiri juga nyeri. . .ini asam lambung atau apa ya ???
    Masalah kaki sering kedinginan ,ini juga gejala lambung ????

  81. Dok saya ♍᪪ů nanya, temen sya hamil d’luar nikah dan dy gugurin dgn cra minum gastrul tetapi darah’x tdk kluar hingga 7 bulan tdk kluar, knp it dok ????

  82. Dok. Umur saya 30 thn saya sering merasa kan nyeri pinggang sebelah kanan,kalau ditekan biasa tambah sakit pinggang belakang terasa pegal pandangan mata ada yang menghalangi sy datang cek asam urat saya 9,5 apa kah ada penyebab penyakit lain

  83. Dok, umur saya 47 tahun. belakangan (hampir 3 bulan) perut saya sering terasa sesak/penuh sampai ke ulu hati, bahkan dada teras nyesak. Sering pinggang terasa pegal. Selera makan saya cukup normal dan bobot normal. Tidak demam, tidak terasa nyeri dan tidak mual. ini gejala gangguan apa ya? terima kasih atas jawabanya!

  84. Assalammualaikum. Dokter, saya pria berumur 27 th, tinggi sekitar 170 berat 90 kg. Keluhan saya pada kaki kanan saya dok, setiap setelah shlat isya waktu asik2nya nyantai depan tv, saya sering merasa pegal pada kaki kanan saya. Sakit ini membuat saya jadi susah utk tidur, gelisah. Rasanya itu seperti terkurung dit4 kecil, terjepit. Biasanya utk menghilangkan sakit kaki saya sering menggunakan balsem. Ketika hangat baru sakitnya sedikit menghilang dan baru saya bisa benar2 utk memulai istrahat. Itu kenapa ya dok?
    Saya tunggu informasinya dok, mohon pencerahannya. Terima kasih banyak. Wassalam
    yoska_rasta@yahoo.com

  85. malam Dok,
    setiap malam menjelang tidur ketiak saya terasa panas sehingga membuat saya risih dan susah tidur,
    apa itu efek dari deodoran yang saya gunakan ya Dok,
    tapi sblum saya tidur saya juga tidak menggunakan deodoran

  86. Mau tnya dok, sya wanita umur 29 thn, belakangan ini dibwah dada sbelah kiri seperti ada yg mengganjal, dan bergerak seperti lg hamil, padahal sya tidak sdang hamil, penyakit apa ya itu dok?

  87. dok sekarang saya baru berumur 27th. Tp saya sudah divonis darah tinggi. Kira2 tertinggi nya 190/100. Yg saya rasakan banyak seperti takut,tegang,gelisah, kaki dingin, mual kepala pusing. Perut kembung dan sakit. Bengkek, urat sakit

  88. Dok mau tanya suami saya umurnya 24 thun , ɑϑǟ keluhan kalau nahan kencing kok malah muntah??itu bahaya ndak dok,tyus gimana solusinya,,

  89. Hi dok,, sy seorang perempuan berusia 19th, yang saya mau konsulkan, pencernaan saya tidak lancar dok, bahkan pernah sampai 3 hari saya tidak BAB dok,, yang saya ingin tanyakan,, kenapa bisa sperti itu dan apa yang baik untuk saya konsumsi dok? Mksh

  90. Dokter saya udh hmpir setahun ini nfasnya nyesek di perut apalagi kalo mzuk angin dan saya gampang masuk angin …:
    yang mau saya tanyakan penyakit apa ini dokter mkasih

  91. selamat siang dok, saya ibu dgn 3 org anak, umur saya 30thn, kemarin saya msk RS karena sesak nafas akibat asam lambung tinggi dan tekanan darah saya naik, saya sdh minum obat dr dokter RS tapi sampai saat ini saya masih merasa pusing, mual, dan tekanan darah saya naik…
    Apa yang harus saya lakukan dok?

  92. dokter saya kan kemarin makan oreo itv,lalu saya bab kok cair dan warnanya hitam apa pengaruh dari oreo itu? dan sekarang perut saya gak enak dan gak bisa bab. bgaimana cra mengatasinya

  93. Aslm. Dok, saya mau bertanya. Teman saya mengalami sakit dada sebelah kanan seperti ada yg mengganjal dan terasa sakit saat bernapas, terutama saat posisi membungkuk (ruku). Itu kenapa ya? Terima kasih atas jawabannya. Wslm.

  94. mual perut nyeri banget udah di tes labort smuanya normal ginjal normal liver normal lambung normal…..mohon sarannya harus di priksa ap lagi mkasieh…

  95. , siang dok saya cwe berusia 21th sy sring seaak nafas,jntung brdebarr,kepala pusing,mual,air senii sy brgelembung dan brwarna kuning kecoklatan,pinggul ke bawah sering pegel kya mauu haid dan sya mngalami penurunan berat badan,kira” apa ada mslah sama ginjal saya yaa dok ???mohon informasinya yadok.makasih

  96. Dokter Yth, saya mau konsultasi…saya kemarin test darah dan diidentifikasi terkena hepatitis B. Hasil testnya adalah HBsAg nya : 260,3 reaktif, SGOT : 27 SGPT: 61. apakah saya bisa berhubugan badan dengan istri saya,? bagaimana solusinya dok.
    trimaksih.

  97. slmt siang dok.
    dok sy mau konsultasi perut (lambung sblh kanan)trasa kembung sdah lma skitar 1 blanan,dlu sdh pernah di abdomn3posisi dn juga d USG cma hasilnya normal.tp ak heran smpe skrang tu msh sja sprti kmbung yg di sertai susah BAB,mual dn klw selesai mkn itu terasa kyk knyang bngt yg mnjdikn agak susah brnfas.
    kira” itu knapa yh dok.mhn penceraha.nya dok

  98. ass.pak dokter .saya fitri saya mw tnxa .badan saya pega2l udh hampir 1 minggu dan suka berkeringat kir2 penyakit apa. Dok mkch sblm.

  99. Selamat malam dokter
    Saya gadis 21th. Setiap kali saya berdiri lama pasti saya menguap terus dan lama kelamaan badan jd lemas, perut mulas, pusing, keluar keringat dingin, mual, badan gemetaran.
    Yg ingin saya tanyakan, ini gejala penyakit apa? Penyebabnya apa dan bagaimana cara mengatasinya?
    Terima kasih dokter

  100. permisi dok saya mau tanya,,,
    saya gadis 22th, baru2 ini saya mengalami sakit perut bagian bawah seperti diremas-remas awalnya saya kira awalnya cuman nyeri haid biasa tapi beberapa hari kemudian setelah menstruasi selesai kok sakitnya masih ada ya dok???? Mohon jawabannya ya dok
    Terima kasih sebelumnya

  101. Selamat pagi Dok :)
    Nama aku zahra.Usia aku bru 17.aku msh duduk di bngku SMA Kls 3,sbntr lg saya mau hdpi ujian,Tapi Dok aku sering Banget ngrsain sakit di bagian ulu hati saya.
    Sakit ini udaah saya rasin dari bbrpa bulan Ɣªήğ lalu,mungkin udah 6 bulan gitu dok, Tpi rasa sakit itu trkadng 1 bulan brpa kali, plng lama saya rasin sakitnya setengah jam nanti hilang gtu ajaa,trus nanti ϑïα dtng lgi. Dok, klo rasa sakit itu udah dtng, badan aku lemas smua.Aku takut dok,kalo ini gejala sakit jantung,tolong solusinya Ɣªªa dok, saya mohon banget, Terima kasih Dok :)

  102. -dokter,saya ika dri riau,saya sering merasa sakit d bagian perut sbelah kiri,saya juga sering ngerasain sakit d bagian belakang kepala juga leher,ngerasaen sakit d pinggang dan d punggung,seluruh tubuh gatal . .dada sesak saat brnapas,perut terasa penuh,mata seperti d tusuk , kira-kira saya sakit apa dok ?

  103. Dok setiap habis makan kenapa saya selalu muntah tapi terjadi saat setelah makan malam. Apakah itu baik??

  104. malam dokter. Saya puput umur 20thn.
    dok saya mau tanya kalo kepala sering sakit pusing apa lg kalo udh duduk truz bngung sempoyongan bgt. Truz badan lemes bngt walau pn udh makan terkadang kalo lg pusing itu datang suka mual jg. Kenapa ya dok .?

  105. dokter saya seorang pelajar,
    saya mau tanya dok ,kenapa pinggang terasa sakit ,dan badan saya serasa pegal semua ,kepala saya pusing ,sampe2 berdiripun susah .
    itu kenapa dok .

  106. Sore Dokter
    saya mau tanya dok, hidung saya sebelah kiri sering mengeluarkan darah tapi kalau keluar darah tidak terasa sakit kadang kadang darah yang keluar kental hanya saja telapak kaki sering dingin kadang kadang gigi suka sakit walaupun tak sakit sekali kepala suka pusing semua pada bagian kiri saja intinya sering terasa sakit hanya pada bagian kiri kalau capek badan terasa lemas itu sakit apa ya dok.

  107. Malam dok,menganggu waktunya saya tanya dok,saya sering sakit kepala badan sya terasa sakit semua dada. Sya tersa panas dan pinggang kanan kiri bagian belakang terasa sakit,itu gejala sakit apa ya dok.terima kasih sebelumnya

  108. selamat sore dok…saya mo nanya…dada saya sebelah kiri kadang sakit dan bila di tekan juga,tngan sebelah kiri terasa pegal,leher saya jga sakit,perut kembung dan begah sering sendawa,bdan jga trasa lemes dok..saya punya penyakit maag kronis dok…..apa yg sya sebutkan memang itu gejala skit maag y dok…terima kasih sebelum na dok…mohon balasan nya dok…

  109. Dok,,sy merasa ada yg mengganjal d perut bagian kiri,,awal’a sy muntah2 trus buang air Besar,,setelah di obati setiap kali sy selesai mkn terasa mual,perut g enak trus mules stlh bbrp saat buang aIr bsr lg,,itu terus terjadi setiap hbs mkn,,perut sebelah kIri terasa ada yg mengganjal, kira2 apa ya dok?penyakIt atau hamil,,sementara sy sdng dlm kb suntik.mksh dok,

  110. pagi dok, saya berumur 17 tahun , saya sering mengalami sesak napas tita tiba, mual, kepala sakit sebelah atau keduanya ketika saya sedang lelah, sering hilang nafsu makan dan saya juga tidak bisa tidur / kurang tidur, mudah lelah, ketika saya makan saya akan merasakan ingin memuntahkan kembali makanan yang saya makan..
    jadi, apa gejala dan nama penyakitnya dok ?

  111. dok saya berumur 21 thn, saya punya penyakit maag tapi belakangan ini serasa seperti kesemutan dr kepala sampe ujung kaki dok, trs malam-malam sering mengeluarkan keringat dan kedinginan apakah itu memang terasuk ciri-ciri mmaag ya dok ? mksh

  112. dok,,
    saya akhir akhir ni sering pusing dtambah rasa mual,seringkali berkeringat…kalau malam hari rasanya tengorokan saya dicekek ..mudah lelah,dada terkadang terasa berat,,,
    tolong dok,saranya,terimah kasih,,

  113. Dok saya mengonsumsi gastrul tapi belum juga pendarahan? Apakah yang harus saya lakukan untuk meneruskan aborsi?

  114. slamat siang salam kenal.mf dok sy mau nanya perut sebelah kiri saya rasanya tidak enak seperti
    mengganjal, purut keras dan jd buncit dan sesak.,pinggang kiri kadang nyeri serta
    punggung telapak kaki terasa sakit dan nyeri
    kepala atas terasa penat dan pusing sy serasa lemas dan kurang kuat lama berdiri,
    ……kira2 kenapa ya dok? terimakasih

  115. asalamu’alaikum!
    Pak saya merasakan seperti ada urat yg tegang di bawah pusar saya,kira2 itu gejala pnyakit apa ya?, . . . . .

  116. siang doc
    saya mau nanya ni dok,di sekitar alt vital saya ada seperti urat klo dipegang erasa sakit,,dan urat trsebut bisa berpindah-pindah,awalnya di testis saya,trs pndh kepaha,dn sekrang pndah ke pangkal batang pns saya doc
    mohon pencerahannya ya do
    trmksih,,,

  117. Dok,saya mau tanya ,,dok sya sdh 2mlm ni,dada sya terasa seprti ditekan,tenggorokan sakit n dari gendang telinga seprti mau meledak..ga enak bgt dok rasa nya,sakitnya buat ga bsa tdur,sedangkan saya skrg lagi hamil memasuki usia 4bln,kmren saya smpet di opname n kt dokter itu tifoid +..tlong balsanny dok..tks

  118. Dok sy cwek usia 22 thun singel,,mau tanya kahir2 ni dada kiri sring nyeseK,,awalnya sy kira masuk angin krna sy kl dh msuk angin klmaan bs nyesek bgtu tp. Sdh 2x dkerokin gk hilang2 rs nyesek itu,, rsnya ky berat bgd kl lg gak enak dn ngilu,, perut sy jg sK skit dn ngilu kdang di Kiri bwah kadang kanan lbh sring dikiri bwah,, mohon infonya thxqu

  119. Malam dok….saya mohon bantuan konsultasi nya apa yg saya harus lakukan…saya tinggal di surabaya….dan sdh berobat 2 blm masih blm sembuh total…saya mengalami…adanya lendir di tenggorokan yg susah hilang seperti ada terus atau berlebihan….saya sdh ke tht…tapi hanya mengurangi….aja blm sembuh…katanya saya divonis alergi…tapi kok baru baru ini saya dapat sakit smpai lama begini dok..terkadang kl sdh banyak lendir ditenggorokan sy sulit bernafas dan menelan ludah sendiri dok…seperti tersangkut gitu…mohon solusinya dok trimakasih

  120. Dok sy nadia 27th 5bln yg lalu sy pakai spiral tapi stelah sy lepas spiral perut sy sbelah kiri sering merasa sakit hngga ke pinggang sbelah kiri dan maaf dok dr kmaluan sy keluar lndir putih sngt kental itu knp ya dok,trimakasih

  121. Siang Dok, . . . saya ngerasain mules di perut kiri bawah, badan terasa lemes juga. kl perut bagian tersebut di teken, agak enakan perutnya.. itu kira2 kenapa ya dok ??

  122. dok, temen saya cewe berumur 18 tahun, dia lagi sakit sekarang dok, gejalanya itu pusing, mimisan, terkadang muntah darah, dan kemarin terakhir katanya perut nya sakit, kaya di tusuk jarum gitu dok, kira kira penyakit apa ya dok? terima kasih

  123. dok, temen saya cewe berumur 18 tahun, dia lagi sakit sekarang dok, gejalanya itu pusing, mimisan, terkadang muntah darah, dan kemarin terakhir katanya perut nya sakit, kaya di tusuk jarum gitu dok, satu lagi dia sekarang sekarang jadi pelupa dok, liat buku tahunan aja lupa sama nama guru guru nya, kira kira penyakit apa ya dok? terima kasih

  124. Dok,ibu saya usianya sekitar 60 dia lg sakit,gejalanya klo malam hari tiba2 perutnya mules pengen buang air besar tp tibai-tiba perasaanya ga enak disertai keringat dingin dan terkadang tak sadarkan diri dok,kira-kira it gejala ap ya dok? terimah kasih

  125. dok saya mau tanya. leher saya itu sering kaku kepala sering migrain. perut atas tengah sebah dan tulang tengah pada dada kalau ditekan seperti luka mulai sembuh nyeri nyeri dikit gitu

  126. Dok,sy eka.umur sy 26thn,tinggi sy 160cm,BB sy 54kg.sy mau tanya,HBsAg sy +,stlh 6bln sy cek ulang tetap + 18,86 S/CO non reaktif <1,0.HBsAb kuantitatif <5 mlU/mL 0-12. SGOT SGPT normal.apakah bs dsembuhkan dok?kl bs,apa yg hrs sy lakukan untuk membunuh virus hepatitis B itu?ya dok,sy baca di internet obat herbal meniran bs menurunkan HBsAg?apakah benar?karena sy mau program hamil.sy takut anak sy besok tertular sy.terima kasih banyak dok.

  127. dok perut saya iitu terasa kaya buncit ir kembung setelah makan suka nya mau muntah dok,sakit apa ini ya dok

  128. dokter,,
    mau nanya dunk mengenai gejala yang saat ini tengah saya rasakan,,
    tangan kiri seperti baal,dan terlihat pucat,trus kalo mendengar suara agak keras seperti ada serseran di kepala sebelah kiri dan sering terkejut dan kaget,jantung sering berdebar ketika sehabis duduk terus berdiri,kira kira gejala apa ya,dan minta saran untuk pengobatan nya,,terimakasih

  129. Dok saya pria berusia 31 th 3 bulan ♈ƍ lalu saya terkena bisul ϑΐ daerah anus tepatnya ϑΐ atas samping kiri lubang anus , ϑàή telah pecah tetapi sampe saat ini bekas bisul ♈ƍ pecah masih ada billa tergesek terasa sedikit sakit bahkan sekarang bila saya kentut selain angin ♈ƍ keluar juga lendir , kira kira kenapa ƴą dok ϑàή obatnya Åpɑ̣̣̇̇ ƴą”̮? Terima kasih dok

  130. Dok, saya mau nanya. Mama saya sakitnya itu terasa penuh lehernya smpai k telinga. Kira2 itu penyakit apa dok? Uwdh k dokter tp dokternya gk tau juga pnykit it dok. Tolong sarannya dok :)

  131. malam dok? saya mau nanya.knapa saya sering merasakan dingin di perut bagian dalam sebelah kiri dan menjalar sampaai dada?dan saya sering merasa cemas dan takut. kadang slalu termenung? trima kasih dok.

  132. bpk dokter saya mau nanya. saya udah hampir 2 tahun kena penyakit gatal tapi gk sembuh sembuh. critanya gini kalo gatal . klo pas kepala saya terasa gatal dan ada sedikit benjol kayak bentol itu di pastikan itu akan gatal keseluruh tubuh terutama di bagian muka. klo di minumin obat kayak merek alergine itu hilang ,trus 2 harinya kambuh lagi. itu hampir 2 thun. aq cukup lelah dgn minum obat trus menerus. klo gk di minum gatelnya seluruh tubuh bisa bentol. telapak kaki dan telapak tangan juga bentol. mohon pak solusinya dan obatnya.

  133. DOKTER YTH nm aku arman
    usia 30 thn q sering mengalami sakit di perut saat kambuh pinggang saya nyeri m p q mengeluarkan seperti nanah
    pernah aku laborat sm usg dokternya cuma usus biasa tp sampai sekarang masih perih& mengeluarkan cairan putih d m p saya saat kambuh

  134. dok ter saya muse umur 21 thn sya
    mau konsul. akhir” ini saya sering sakit kepala bahkan rutin setiap bulan. sakit kepala sakit leher sakit badan rengkeng kaya di tusuk” dan radang tengorokan, mata pedes lemes bgt dan mual panas dingin. gak bisa kesentuh apa lagi kena air terus pandangan kya burem muter knpa ya. sakit apa ya

  135. dokter, kenalkan nama saya Nahla, umur saya 17th.
    dok, saya mempunyai teman badannya kurus sekali, tapi dia masih bisa berolahraga berat seperti bermain badminton dan latihan fisik ala tentara. Dan jika kedinginan dada dia merasa sakit dan akhirnya mimisan. itu penyakit apa yaa dok?
    terimakasih

  136. Assalamu alaikum..
    Dok, umur saya 24 thn, udah beberapa hari ini sya slalu merasakan payudara sya itu slalu nyeri di bgian kiri dan nyerinya slalu d pagi hri?? dan di saat menjelang hari pernikahan sya.. Dokter apakah sya mempunyai pnyakit yg serius atw gmna dok?? Dan bgmna solusinya..
    Terima kasih sbelumnya dokter.

  137. pagi dok . saya mau konsultasi tentang sakit yang diderita bapak saya. beliau punya keluhan di lambungnya . lambung terasa sakit bawaannya kalau makan mulal dan setelah makan bawaannya pingin langsung buang air besar .. itu sakit apa ya dok

  138. Kepada yth dokter
    Saya ibu dr 2 orang anak umur 27 th. mau menanyakan saya mengeluhkan sakit perut bagian kanan bawah kadang juga beralih ke bagian kanan atas sekarang malah perut bagian kiri atas ikut sakit..saya juga sering mengalami sakit pada bagian pinggang dan punggung…kemarin saya sudah usg atas bawah sampai 2x hasilnya yang pertama terkena indikasi batu empedu dan batu ginjal dan yg kedua hasil usg saya normal semua..tes darah juga normal semua dok.tp smpai skarang keluhan saya tetap sama…mohon petunjuknya kira2 saya sakit apa dok..demikian terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 33 other followers

%d bloggers like this: