Konsultasi Kandungan

Kandungan dan Sperma Terganggu, Ingin Hamil

Dokter, saya wanita usia 30 tahun. Saya sudah menikah selama dua tahun dan sampai saat ini belum hamil. Menurut dokter kandungan, saya ada mioma. Gangguan itu sudah dioperasi. Saat ini, tengah ikut program hamil di dokter kandungan.

Hasil tes suami menyatakan, sperma tak bisa lari kencang. Ibarat kalau naik sepeda motor, kecepatannya hanya 30 km/jam. Suami juga minum vitamin agar spermanya aktif.  Menurut dokter, apa saya masih ada kemungkinan untuk hamil  dengan kondisi tersebut ? Jika tidak, apa saya harus inseminasi buatan atau bayi tabung?

Tyas, Surabaya

Usia pernikahan ibu dan suami sudah sekitar dua tahun. Umur pun sudah mencapai 30. Kondisi ini menjadi saat yang penting jika mengharapkan kehamilan. Untuk membantu agar pasangan suami istri mendapatkan momongan, ada metode TRB (Teknologi Reproduksi Berbantu). Tindakan ini  yang terdiri atas 2 macam. Yaitu, Inseminasi Intra Uteri dan Bayi Tabung (In Vitro Fertilization/IVF). Masing-masing metode tersebut ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Inseminasi Intra Uteri dapat dilakukan kalau saluran telur (saluran tuba fallopii) ibu minimal salah satunya tidak buntu. Konsentrasi sperma yang dibutuhkan lebih dari 10 juta/ml. Karena, yang dimasukkan ke dalam rahim adalah sperma yang sudah di preparasi oleh dokter. Sehingga, sperma yang dimasukkan adalah sperma pilihan (yang bentuk dan gerakannya bagus). Sedangkan metode bayi tabung dilakukan jika kedua saluran tuba buntu dan atau jumlah sperma sangat kurang.

Jadi, untuk ibu Tyas kalau memang setelah operasi mioma dan sampai sekarang belum hamil lebih baik menggunakan metode pilihan. Menyesuaikan dengan kondisi ibu dan suami agar cepat mendapatkan momongan. (*)


dr Relly Yanuary Primariawan SpOG


About these ads

~ by wahyukokkang on March 18, 2009.

34 Responses to “Konsultasi Kandungan”

  1. Dok sy cew obesitas haid sy hrs slalu dipancing obat uda 2thn sy nkh g hml2. . .dok bisakah sy haml kt dokter uterus sy kcl

  2. wah kalo masalah hamil-hamil… mas wahyu ahlinya… tul gak mas? hehehe

  3. Kalau perempuan hamil, saya nggak ngerti mas, tapi kalo kucing hamil, saya paham betul. Soale sdh 2x nangani kucing melahirkan, hebat ya? hehehe!!

  4. masalah hamil sy tidak punya komentar…yang sudah pernah menghamili aj kayak teman kita yang fotonya agak ganteng ini mnyerahkan komentarnya pd mas wahyu………jadi tahu dirilah saya pada bliau bliau ini…

  5. Waduh maz,kalo kurang kencang mending diti2pin pesawat aja…biar kencang…!
    oh ya,apa bisa cepat hamil ya maz wahyu…???
    wez2,saya gak kementar dech…ngikut aja maz….!yuk….mari…

  6. pengumuman: bagi siapa orangnya (maaf, asal cewek cantik lho) yg berkeinginan disubsidi oleh pejantan, maka saya siap utk menjadi donatur, dijamin langsung hamil! Ini bukti bukan janji krn saya sudah banyak (maaf) menghamili dan terbukti pula mereka menghakimi saya, haha… sorri coi, it’s just kidding!

  7. ah mas didik, akhirnya ngaku juga…
    Saya jadi lega, nggak bertanya-tanya lagi siapa yg menghamili kucing saya…

  8. Tapi wajah anak kucingnya kok mirip dengan yang punya kucing yaa??? jangan-jangan…

  9. haloo dok…saya mau nanya nih dok,saya dah menikah 5 bln yg lalu, dan beberapa minggu ini ada keluhan saat bersenggama ni dok, saat mr.p mo mausk ke miss v ko terasa perih y dok pdhl miss v saya sdh dlm keadaan basah, dan sthl selesai ko ada bercak darah sedikit ya dok?..apa kah saya mengidap penyakit tertentu nih dok, mohon sarannya dok terima kasih.

  10. Hallo Dok…sy mw nanya ni dok,slm ini sy ga perna lg dpt haid slm 11 thn, usia sy skrg 31thn. Sy perna berobat k dkter kndngn tp hny sekali,krn sy sbk krj. Bagaimn spy sy dpt haid lg dok? Sy jg udah kepingin puya keturunan. Mohon saran y & makasih

  11. Dokter, saya seorang ibu rumah tangga,saya dikaruniai 3 orang putra, saya megandung lagi anak ke 4 namun keguguran otomatis di adakan tindakan kiret,…setelah berjalan lancar sampai dengan hari h tindakan kiret masih keluar darah sediki-sedikit, namun menjelang 40 hari berjalan, keluar darah banyak sekali dan saya panik sekali…memang klu di hitung itu masa-masa haid saya, apa normal masih ada darah keluar lumayan cukup banyak,…tapi tidak terasa apa-2 di perut saya…Terima kasih

  12. Dok, sy wanita usia 24th. Sudah 4 bln menikah. Sy ingin sekali hamil dok. Tp sy khawatir dgn ksehatan kandungan sy. Sejak gadis sy sering keputihan. Skitar usia 13th, ketika sy sdg haid ada seperti telur yg keluar dari vagina sy, bentuknya seperti telur puyuh brwarna putih. Waktu berhub bdn dgn suami pertama kali sy tdk mngeluarkan darah. Pertanyaan sy, apakah telur yg keluar itu dok? Bisakah sy hamil dgn kndsi dmikian? Mhn dijawab

  13. Mhn d jawab via email ya dok. Trimaksih

  14. Hi dok,sy dgn widi 25thn.
    Sy menikah sdh 1thn,tp blm pernah hamil jg.sblmny jg mens sy ga prnh teratur.sjk 7bln menikah sy sdh check up.kta dokter ga mslh.trus kami diikutkan progrm hamil.
    Program bln 1-2 mens sy tpt wkt,wktu mau program ke 3,mens sy kecepatan 1 mgu.dokter hentikan program kami,n sy ikut terapi hormon.2bln terapi hormon,mens sy mulai tratur.skrg sy program lg n msh yg 1.tgl 26 jan 2010,mens trakhr sy.smpai skrg sy blm mens. Sdh testpack hasilny negatif.tgl 8 maret kmrn sy check up,di usg jg msh kosong. Tp dibwh perut sblh kiri sy sring skt.emg kmrn kta dokter ovarium sy lbh besar sblh kiri,ktany akn hlg klo sdh hamil. Sy pastikan itu kista or bkn,ktanya blm bisa dikatakan kista krn diameterny blm mencapai 5cm.
    Mgkn g y sy hamil??bhya g klo ovarium bsr sblh?ap perlu operasi?
    Thx y dok…tlg penjelasanny

  15. Dokter yg baik…sy ibu(usia 35th) mempunyai 3 orng putri.ketiga anak sy dilahirkan dng cara cesar.putri bungsu sy sekarang usia 4 tahun.suami menginginkan sy unt hamil sekali lg, mencoba program bayi laki2. pertanyaan: seberapa besar kemungkinan mendptkan bayi lk2 dng cara program dok???program apa yg hrs sy jalani dok??terima kasih Dokter…

  16. bok, saya mahasiswa hukum universitas brawijaya….saya sedang menyusun skripsi ttg aborsi dan perlu bantuan dokter sebagai ahli…
    apa perbedaan penyakit genetik dengan cacat bawaan?
    jenis/macam penyakit genetik apa saja?
    ukuran sulit hidup di luar kandungan itu apa?
    terima kashi, mohon bantuannya dok…

  17. dok sy sdh hamil cm itungan brapa bln msh binggung nich bln juli sy dtg bln lalu bln agustus nich g,kira” brapa umur kandungan sy nich y?lalu apa larangan ibu hamil?

  18. dok,,, saya mau nanya saya umur 20 th, blm menikah,, mengalami keputihan sudah lama sjak SMA,,, sudah berobat ke dokter spesialis kandungan berkali2 tp belum jg sembuh sampai skrg,, keputihan berwarna hampir hijau,, agak bau , tetapi tdk gatal,, saya sudah tes lab secret urine,vagina n kultur kuman, hasilnya:
    urine,,,da leucosit 5-15/lpp, n epithel 15-50/lpp,,bakteri +
    secret vagina: da bentukan kuman batang gram negatif
    kultur : staphylococcus sp.
    mhon dijelaskan bahaya dan saya harus gmn dok,,,terimakasih banyak,,mhon bantuannya????

  19. kepada dokter yg saya hormati,saya seorang perempuan yg sudah menikah 2 kali! waktu pernikahan pertama saya pernah 3 kali hamil yg 2 mengalami keguguran & yang ke tiga berhasil & yg saya mau tanyakan pada perkawinan saya yang ke 2 ni sudah 2 tahun saya jalani tapi saya belum juga hamil lagi! apakah ada masalah dalam rahim saya atau saya memang sudah tidak bisa hamil lagi & anak saya yang ada sudah berumur 6 tahun< memang saya sering sekali merasakan sakit atau keram di perut apakaah rasa sakit atau nyeri itu yang menyebabkan saya tidak bisa hamil lagi? tolong jawbb d fecebook ya dok. terima kasih

  20. dok , sy mnikah sdh 7 bln.tpi smpe saat ni sy blm mndptkan momongan.seminggu ni sy smpat mrsakan tnda2 khmilan.tpi sy sdh menstruasi.dok bgmna agr sy cpt mndapat momongan???llu apa yg sebaiknya sy lakukan?trimakasih dok…

  21. dok,saya seorang ibu 24th.mpunyai anak 1 dan brumur 3th.mnikah baru 4th lebih.saya mngalami ganguan menstruasi yg sangat tidak teratur.pda saat setelah mlhirkan saya mnggunakan injeks 3bln sekalisbg alat kb.tp setelah anak saya umur 2th saya ganti yg 1bln sekali.dari situlah haid saya mulai kacau.haid sampe 15 hari lebih bahkan sampai 1bln.apakah saya mengalami penyakit atau gmn dok..???mohon penjelasannya dok terimakasih

  22. dok,saya sdh mnkah hmpr 5 thn tpi tk knjung jga hdr kmbli momongan d tengah2 kmi.dlw sy prnh mngandung,tpi sempat sya gugurkan semasa sya d malaysia.dlw sya mengugurkan nya dgn cra memasukan obat pengugur kandngan ke dlm vagina sya slma 5 jam.stlah itu tdk lma kmdian darah2 mengumpal besr2 keluar dri dlm vagina sya.
    dan smjnk ke jdian itu smpai skrng sya tk kunjung hml2 jga.mhn pnjlsan nya dok,
    kira2 sya bsa hml kmbli tdk.trmksh

  23. Dok,, sy sdh menikah 2 bln tp blm dpt momongan.. Sy mau tanya knp saat brhub bdan dgn suami sy, sperma suami sy tdk msuk ke dlm rahim sy tp spermanya kluar itu knp ya dok?? terus akhir2 ini perut sy terasa sakit dok,, knp ya?? Mhon di jwab ya dok

  24. Dok,sy mw konsul ne.
    Sy umur 21thn n sdh 4 bln menikah.
    Sy sdh 1,5th tdk menstruasi dok.Sdh sy priksakan ktx tidak ap2.
    Ap it bs mempengaruhi mendpt mo2ngan.
    Karna sy ingn cpt dpt mo2ngan.
    Tolong infox dok.
    Sy sngat menghrap jwbanx.Thx.

  25. Dok,sy mw konsul ne.
    Sy umur 21thn n sdh 4 bln menikah.
    Sy sdh 1,5th tdk menstruasi dok.Sdh sy priksakan ktx tidak ap2.
    Ap it bs mempengaruhi mendpt mo2ngan.
    Karna sy ingn cpt dpt mo2ngan.
    Tolong infox dok.
    Sy sngat menghrap jwbanx.Thx dok.

  26. Dok, kalau plasenta preventia bs melahirkan normal tdk?
    Kalau dipaksakan melahirkan normal resiko pendarahannya besar ga?
    Ada usaha preventif yg bs diupayakan ga untuk memperbaiki keadaan spy plasenta & ari – ari bs ke posisinya & tdk menutupi jl lahir?

  27. assalamu alaikum dokter
    sy sdh menikah selama hampir 2 tahun dengan intensitas pertemuan 2 hari dalam seminggu karna sy bekerja d luar provinsi dgn istri saya dan belum d karuniai anak,melalui konsultasi medis ternyata istriku mengalami kista dan harus dilakukan operasi,nah setelah mnjalani operasi ternyata 1 ovarium istriku harus d angkat karna kistanya sudah menempel,melalui operasi itu juga dilakukan penyemprotan ke saluran tuba valopi karna salurannya memang agak tersumbat.setelah operasi dokter menyarankan untuk memulai program hamil selama 4 bulan setelah operasi.selama jeda tersebut setiap melakukan hubungan intim saya mengeluarkan sperma saya diluar karna mengingat belum waktunya kami tuk mlakukan program kehamilan, sebelum bulan keempat istriku datang k dokter kandungan untuk konsultasi karna sdh 15 hari terlambat haid.dan ternyata setelah dites dan di usg,hasilnya positif.Alhamdulillah.,sungguh keajaiban dan diluar dugaan kami.

    nah yang jadi pertanyaan saya dokter.dan selalu mengganggu pikiran saya adalah:
    apakah ada kemungkinan sperma saya ada yg tinggal di vagina mengingat bahwa setiap melakukan hubungan,saya selalu mengeluarkan sperma saya d luar??
    hubungan pernikahan kami dibangun atas dasar kepercayaan walaupun kami terpisah jarak dan kemungkinan bertemu hanya sekitar 2 hari dalam seminggu,kadang pikiran negatif muncul dibenakku,istriku dinyatakan positif hamil sementara saya tdk pernah mengeluarkan sperma d dalam vagina,Astagfirullah..sy sempat berfikir yg tidak-tidak,apakah istriku selingkuh? apakah benih yg d kandung istriku adalah darah dagingku?

    sekian dokter..,mohon saran dan bantuannya…???

  28. Dokter sya mau tnya..
    Daerah V sya skrg ini jadi sering kurang nyaman n rasanya agak sakit, kenapa ya dok ? ?
    .2 minggu sya melakukan hubungan, trz yg sya rasakan adlh daerah V saya jd kurang nyaman dan kalau tengah malam sya sering bngund karna perasaan saya cemas d0k.
    Apakah ini gejala hamil atau tdk dok, t0loNg di jwb. .
    Trmz

  29. nama saya dwi dri singaraja saya sudah menikah slama 1thn dan sampai sekarang belum punya momongan dan jdwl men saya tratur tp bln ne saya sudah telat 1 minggu,saya sudah tespek tp hasil ny negatif saya blm berani kedokter kandungan krn hasilny jg negatif,saya pengen tnya pa da kemungkinan saya hamil ato emg jdwl men saya telat biasa,.trims

  30. dok saya mau tanya..
    saya wanita dengan usia 32 tahun, belum lama ini saya menikah dengan pernikahan yang ke dua, yang saya mau tanyakan, ketika setelah saya berhubungan dengan suami saya, selang beberapa jam, ada keluar cairan yang berwarna seperti keputihan tapi tidak gatal, sudah beberapa hari ini masih keluar terus dan gak berhenti, saya merasa sangat tidak nyaman sekali…itu kenapa ya dok, karna baru kali ini saya mengalami seperti ini, trims

  31. dok saya mau tanya nihhh….
    saya perempuan dengan usia 26thn. saya sdh menikah dan mempunyai anak 2 tetapi sangat di sayangkn anak kami dua duanya meninggal.anak yang pertama meninggal karena tdak mempunyai batok kepala, sdangkan yang kedua mempunyai kelainan jantung. kata dokter saya tdak bleh dulu mempunyai anak sebelum di vaksin krna ada semacam virus toksoplasma. yang inginsaya tanyakan apakah setelah di vaksin 1oo% akan hilang virus nya? mhon jawabannya

  32. Dok saya sudah menikah 3tahun yg lalu,awal saya ikut program KB selama 1,5 tahun.saat sebelum nikah dan saat ikut program KB haid saya lancar tetapi saat saya stop KB siklus haid saya tidak teratur.saya mengikuti program hamil sampai sekarang belum hamil juga.gimana saran dokter?saya sudah pengen punya baby…….terima kasih

  33. dok saya sudah kosong selama 9 bulan lebih ini anak yang ke dua, sudah 8 bulan terakhir ini saya haid 2 bulan sekali, terus payudara sya suka sakit banget klo mau dapat haid, 3 hari samapi 1 minggu sebelum haid. knpa ya saya dok?? trus saya sekarang juga sudah telat 1 bulan td saya tes urine hasinya membingungkan ada gari 2 merah tapi d bawah garis ga jelas, cuma setengah . apa itu hasilnya??tolong d bantu ya mksh

  34. dok saya mau tanya, setiap kali saya habis berhubungan dengan suami saya, kenapa ya sperma suami kluar semua…..? mohon dijawab ya dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: