Konsultasi KB

Menyusui juga Metode KB

Dok, saya mau numpang tanya. Kali ini seputar alat kontrasepsi. Menurut dokter, alat kontrasepsi jenis apa yang sesuai dengan ibu menyusui seperti saya? Soalnya, saat ini saya tengah menyusui bayi berusia dua bulan.
Tolong, jelaskan dengan rinci soal baik dan buruk menggunakan kontrasepsi saat menyusui. Kira-kira masih amankah kami menggunakan kondom saat berhubungan intim? Terima kasih.

Lusy, Surabaya

Pertama, saya ucapkan selamat atas kelahiran anak ibu. Saya sangat mendukung keputusan ibu Lusy untuk memberikan ASI eksklusif untuk bayinya. Agar tak mengganggu proses menyusui, ada beberapa kontrasepsi yang dapat dipilih. Antara lain, metode amenore laktasi, alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), suntik KB tiga bulanan (suntikan progestin), pil KB progestin, dan kontrasepsi implant.

Pada wanita menyusui akan mengalami amenore (tidak haid).Yakni, bila menyusui  eksklusif dengan interval teratur, termasuk malam (sebab, cukup banyak ibu memberi susu formula ketika malam). Nah, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama setelah melahirkan, tanpa suplemen susu formula tambahan, merupakan suatu proteksi kontrasepsi yang sama dengan yang dihasilkan oleh kontrasepsi oral (efektivitasnya mencapai 98 persen). Inilah yang disebut metode amenore laktasi (MAL).

Menyusui efektif ini untuk mencegah ovulasi, terjadinya pematangan sel telur dan pengeluarannya, yang memungkinkan terjadinya pembuahan oleh sperma.
Sedangkan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), suntik KB tiga bulanan (suntikan progestin), pil KB progestin, dan kontrasepsi implant tergolong efektif. Pemilihannya bersifat individual bergantung minat masing-masing.

Mengenai kondom, cukup efektif bila dipakai secara benar setiap berhubungan seksual. Pada beberapa pasangan, penggunaan kondom tak efektif karena tidak digunakan secara konsisten.


dr dr Budi Prasetyo SpOG

~ by wahyukokkang on September 5, 2009.

20 Responses to “Konsultasi KB”

  1. hm…..maunya kayak gtu!lha kalo pas menyusuinya bareng piye mas?emank bisa kah?wkwkwkwkwkwk,

  2. Kalau sudah ikut KB steril, kemungkinan untuk hamil lagi berapa persen. kenapa kok masih bisa?

  3. Kalau sudah ikut KB steril, kemungkinan untuk hamil lagi berapa persen. kenapa kok masih bisa? kan udah disteril. terus kalau vasektomi kemungkinan untuk menghamili apakah juga bisa, biayanya berapa untuk vasektomi? thanks

  4. dok saya baru melahirkan & usia bayi saya sekarang 2 bulan 1/2 saya sudah di KB menggunakan KB suntik yang 3 bulanan setelah dua mingguan saya mulai keluar darah tapi sedikit-sedikit Kira-kira berapa lama darah tersebut akan berhenti/beres ?Dan apakah benar kalau di KB ada pengaruh nya dalam hubungan intim misal nya tidak ada gairah dalam berhubungan?

  5. dok sy mau bertanya seputar KB Spiral yg sdh sy pakai sekitar 2 bln, langsung aja ya dok….sewaktu sy berhubuntgan dgn suami awalnya suami sy tdk mengeluh sakit pd kemaluannya tetapi akhir2 ini suami sy merasa sakit seperti terkena kawat saat berhubungan, apakah KB yg sy pakai kengser atau bagaimana sementara sy sendiri tdk merasa sakit…tlng ya dok dibalas.thanks

  6. dok
    sy mau bertanya seputar KB Spiral yg sdh sy pakai sekitar 2 bln,
    langsung aja ya dok….sewaktu sy berhubuntgan dgn suami awalnya suami
    sy tdk mengeluh sakit pd kemaluannya tetapi akhir2 ini suami sy merasa
    sakit seperti terkena kawat saat berhubungan, apakah KB yg sy pakai
    kengser atau bagaimana sementara sy sendiri tdk merasa sakit…tlng ya
    dok dibalas.thanks

  7. saya seorng suami.istri saya setelah lepas KB (cuntik) haidnya jd tdk teratur,kadang2 bikin saya Ge eR dikira hamil,karena sempat 1buln tdk haid full.sekarang udh 4bulan lebas KB,terahir dy telat lg 10hari.eeh malah haid lg..,tp dihari pertama keluar cairan kaya ingus ngegumpal,titarik2 ga putus,itu apa ya? soalnya sampe 3x keluarnya. kepala jd pusing2 perut sakit,tenggorokan kering.trus kebidan dikasih obat,sampe obatnya habis sakit nya tetep aja,tp haidnya udh stop cuma 7hari.makasih jawabannya ya dok …

  8. Dok saya mau tanya, sebentar lagi saya mau nikah terus kami ingin melakukan KB tapi kebanyakan orang bilang kalau baru nikah itu gak boleh KB karena takut kandungannya kering dan gak bisa hamil, apa benar itu dok?
    terus solusinya gimana untuk pasangan baru seperti kami? KB apa yang cocok untuk kami?
    terima kasih atas jawabannya

  9. dok saya mau tanya,bln juli 2010 kmrn istri saya ikut prog KB suntik yg 3 bln.Tp pd bulan agustus istri saya dpt haid,bahkan smpe skrng haidny itu blm brhenti. Bln oktober istri saya memutuskan berhenti KBdgn tdk suntik lg. Tp knapa haidny tetap tdk bs berhenti? Tiap bln itu paling berhnti 1 mgg trus kluar lg. Bbrp kali saya kontrolkan ke dokter kandungan tp blm ada hasilny. Gmn y dokter supaya istri saya haidny lancar lg?

  10. mau tanya dok mama saya punya miom di rahim dan sekarang sudah diangkat dan dioperasi apah boleh senam di operasinya sudah 2 bulan yang lalu terima kasih

  11. salam keanl dok,saya udah steril potong kemungkinan hamil msh ada ya dok,mohon penjelasannya,makasih

  12. saya seorang ibu rumah tangga umur 33 thn, punya sorang anak sekarang umurnya 4.9 thn. saya punya masalah tentang KB. dulu anak saya masih umur 7 bulan saya sudah ikut program KB suntik tapi setelah 3 kali suntik saya ganti dengan KB pil dan mens saya lancar kembali, setelah 1 thn 2 bulan saya lepas KB pil. dan sudah 3 thn saya tidak minum pil KB tapi sampai sekarang saya belum hamil lagi. pertanyaan saya
    1. Apakah dengan penukaran KB suntik ke KB pil sehingga saya belum bisa hamil.
    2. apa penggaruh KB terhadap kandungan dan kehamilan.

    dokter tolong saya, karna saya sudah lama sekali ingin punya anak lagi.

    salam
    Mize

    Di Timor Leste

  13. dok,istriku udah 3bulan lepas kb sunik ,koq haid mandek sampai kini

  14. malem dok,,,
    mau konsul ni dok.saya baru punya anak.dan umur anak saya sekarang baru 2,5 bln dok.kebetulan proses lahiran ank saya dgn cesar.yg mo saya tanyakan,darah nifas kan cm smp 40 hari ya dok.lha saya dah berhub intim dgn suami saya,trs sperma’a itu dikeluarin didlm.aman g dok,,,padahal saya msh aktif menyusui anak saya klo tengah malem bangun minta susu Asi saya beri dok.yg saya tanyakan,ada kemungkinan hamil saat menyusui g dok.saya sgt takut klo di ajak berhub intim dgn suami saya,soal’a saya takut hamil lg.kan kshn ank saya msh kecil,dan saya juga sama sekali g KB dok.mohon jawaban’a ya dok,yg paling detail sekali ya dok.terima kasih

    Di Purwokerto

  15. Siang dokter… saya mau tanya dok kalo minum pil kb jaraknya berapa lama sebelum mau berhubungan, kemudian apa diahruskan besoknya minum lagi walaupun tidak melakukan hubungan, tks

  16. dok,saya mau tanya.saya kb suntik yang 3 bulan tgl 11 maret 2012.kemudian dianjurkan suntik lagi tgl 30 mei.selama kb itu saya menstruasi sebulan 2x dan lama.sekitar 1 minggu lebih sebelum tgl 30 saya menstruasi.kemudian berhubungan dengan suami.yang ingin saya tanyakan,apakah berhubungan beberapa hari sebelum masa suntik kb habis bisa menyebabkan kehamilan?karena saya telat 1 minggu.dan belum suntik lagi,karena belum mentruasi lagi.terimakasih

  17. dok zy mw tanya,zy brusan hbis nikah bulan 6 kmaren tersu zy ikut kb suntik 3 bulan n slesaix nech tgl 16 bulan 9,,itu kemungkinan cepat hamilx kira” kpn n rahasiax biar cepat hamil steleh kb itu gmn???????

  18. apakah bisa ada kegagalan dalam kb suntik????

  19. dok saya mau tanya sayakan mau suntik k.b pertama kali tapi saya dah telat 2 bulan masih bisa gak dok.? tolong di jawab dok..

  20. Dok istri saya pake iud, tp sudah 5 bln tidak haid apakah itu normal

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 33 other followers

