Konsultasi Gigi

 

Gigi Kesundulan Berdampak Gingsul?

 

Saya ibu rumah tangga berumur 32 tahun. Gigi anak saya yang berumur 8 tahun sudah mulai tanggal dan telah muncul gigi pengganti. Gigi seri depan atas tumbuh besar sekali. Sedangkan untuk gigi seri bawah, ada yang belum tanggal. Namun, gigi penggantinya telah tumbuh di belakang gigi yang belum tanggal tersebut (kesundulan). Pertanyaan saya, apakah penyebab gigi yang tidak mau tanggal itu? Apakah gigi anak saya akan gingsul?

 

Mona, Surabaya

 

Gigi kesundulan biasa disebut dengan persistensi. Kondisi itu berkaitan dengan beberapa sebab. Di antaranya, arah tumbuh gigi dewasa tidak searah dengan arah tumbuh gigi susu yang akan digantikannya.

Cara mengatasinya, segera mencabut gigi susu yang seharusnya tanggal itu. Dengan pencabutan gigi susu tersebut dan bantuan kekuatan otot bibir dan lidah, gigi dewasa akan bergeser menempati tempatnya yang benar. Gigi kesundulan juga dapat diakibatkan oleh ketidakcukupan tempat bagi gigi yang akan tumbuh menggantikan gigi susu. Dengan demikian, gigi pengganti mengarah pada tempat yang kosong.

Benih gigi dewasa dibentuk di dalam rahang, di bawah gigi susu yang akan digantikannya. Mahkota benih gigi dewasa dibungkus oleh perisai yang berbentuk kapsul untuk menyerap akar gigi susu yang akan digantikannya. Akar gigi yang diserap akan semakin habis sehingga gigi susu tanggal sendiri.

Urutan pergantiannya, gigi seri dewasa depan bawah akan tumbuh lebih dulu daripada gigi seri depan atas pada sekitar umur 6–7 tahun. Bersamaan dengan itu, geraham dewasa pertama akan tumbuh juga. Berikutnya, pada umur 8–10 tahun, akan tumbuh gigi geraham kecil. Kemudian, disusul pertumbuhan gigi taring dan geraham kedua pada umur 11–12 tahun.

Ukuran gigi dewasa yang besar dan tumbuh pada saat rahang belum berkembang menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya, gigi depan tampak besar-besar seperti gigi kelinci. Masalah itu akan hilang seiring perkembangan wajah anak.

Masalah gigi gingsul dan berdesakan sering diakibatkan ketidakcukupan tempat tumbuh gigi. Masalah ketidakcukupan tempat itu bisa hilang sendiri bila rahang sudah berkembang sempurna. Masalah yang sama dapat diakibatkan sifat bawaan orang tua atau kombinasi bawaan keduanya. Misalnya, ibu berahang kecil dan ayah bergigi besar.

Ada pertanda awal yang dengan mudah dapat dilihat. Jika pada usia 5–6 tahun, susunan gigi susu tidak rapat atau punya sela gigi di antara gigi taring dan geraham susu (biasa disebut: monkey gap), hal itu merupakan pertanda bahwa gigi dewasanya tidak akan kekurangan tempat. Jika tidak ada pertanda tersebut, bersiaplah konsultasi ke dokter gigi sejak dini.

Untuk mencegah gigi gingsul dan atau berdesakan, ada berbagai cara. Pada prinsipnya, mengatur pertumbuhan gigi berdasar diagnosis dan waktu yang tepat. Salah satu caranya, pencabutan berurutan (serial extraction) yang disesuaikan dengan waktu tumbuh dan kebutuhan tempat. Keterlambatan pengenalan gejala berdesakan atau gingsul akan membutuhkan perawatan yang lebih rumit. Pada saat masa pergantian gigi anak (usia 5–12 tahun), kontrol rutin tiga bulan sekali sangat diperlukan. (*)

 

drg Mariana Halim

Klinik Kecantikan Gigi D-arts

~ by wahyukokkang on October 27, 2008.

6 Responses to “Konsultasi Gigi”

  1. gigi saya mengalami gingsul …
    yang jadi pertanyaan saya …
    bisa kah gigi gingsul saya d cabut …
    apa penyebabnya jika gigi gingsul saya d cabut ….
    thank’s

  2. anak perempaun saya umurnya 6 tahun,dan ada tampak tumbuh gigi ginsul tp di bagian tengah paling atas…
    gmn cara megatasi agar gigi tersebut tdk jadi tumbuh???
    thank’s

  3. mengapa si kecil yang usianya 14 bulan giginya tumbuh tidak beraturan?

  4. sy seorang pelajar SMA, umur saya 16 fahun.. gigi susu saya sampai sekarang belum saya cabut, pernah goyang tapi saya tdk cabut, jdi sekarang tdk goyang lagi. gigi susu sy itu kan kecil sehingga untuk menempati gusi itu kelebihan tempat jdi antara gigi susu dan gigi seri saya ada celah.. nah di belakng celah itu tumbuh gigi seri/taring. persoalannya kalau saya cabut gigi susu saya gigi di belakangnya ( gigi taring) bisa maju ke depan nggak menggantikan gigi yang sudah di cabut.. masalahnya gigi taring saya sudah tua, kalau pun bisa maju kira-kira berapa lama?
    tolong dijawab ya.. soalnya penting bangett.. sedih nih liat gigi saya kayak gini..

  5. shalom…..
    selamat pg…
    saya ibu tammy ank sy laki” derossy kenpa giginya lepas udah 1 thn blm jg tumbuh samp saat ne dok ne yg membuat saya kpikiran & takut trimksih tlg di respon dok ….

  6. Saya berusia 18th, gigi depan saya sudah berganti gigi semua, namun dibelakang gigi depan saya tumbuh 3 gigi yg berbeda tempat. Mohon solusinya dok

Leave a Reply

 
