Konsultasi Kandungan

 

Vaginismus yang Mengganggu

 

SAYA wanita berusia 25 tahun dan baru saja menikah sekitar 1 bulan yang lalu. Yang ingin saya tahu, ketika pertama kali berhubungan (malam pertama) selalu teramat sangat sakit? Kata suami saya, itu disebabkan karena ketakutan dan ketegangan yang amat sangat sehingga rasa sakitnya pun bertambah dan saya tidak dapat menikmatinya, apakah betul begitu? Setelah mencoba berhubungan beberapa kali dengan rileks (mencoba untuk rileks), sakit yang saya alami tidak begitu terasa tapi sampai saat ini saya belum pernah merasa sampai klimaks ketika Mr. P sudah di dalam Miss V. Justru, klimaks yang pernah saya rasakan adalah ketika Mr.P masih di luar. Dan sekarang, setiap kali berhubungan Miss V saya selalu terasa sakit seperti robek dan perih. Perlu diketahui, saya mengeluarkan lendirnya juga banyak, namun pernah beberapa kali tidak mengeluarkan dan terasa kering, tapi waktu itu tidak dimasukkan karena takut sakit.

MM, Gresik.

 

Nyeri yang terjadi pada saat senggama pertama kali (malam pertama) seperti yang mbak MM rasakan, termasuk hal yang lumrah terjadi pada wanita, yang baru pertama kali melakukan hubungan suami istri. Sehingga, saat itu umumnya masih belum bisa menikmati hubungan suami istri, untuk pertama kalinya. Nyeri tersebut disebabkan karena robekan selaput darah, sehingga walaupun tidak selalu hubungan suami istri pada malam pertama umumnya terjadi perdarahan.

Memang benar apa yang dikatakan suami mbak MM, kalau ketakutan dan ketegangan akan menambah rasa nyeri tersebut. Kalau hubungan sudah kesekian kalinya, dan masih terasa sakit kemungkinan terjadi kekejangan pada otot-otot Miss V, sepertiga bagian luar (sekitar liang senggama) yang di kenal dengan Vaginismus. Vaginismus terjadi umumnya karena masalah psikis. Seperti ketakutan kalau nyeri pada saat senggama, ketegangan-ketegangan yang lainnya atau bahkan hubungan yang dipaksakan, sehingga secara tidak sadar muncul kekejangan pada otot-otot Miss V di sekitar liang senggama.

Upaya dari mbak MM untuk berusaha rilex adalah tindakan yang sangat tepat untuk mengurangi rasa sakit tersebut, dan nyeri pada malam pertama tentunya bukan menjadi ketakutan atau trauma terhadap hubungan suami istri selanjutnya. Sebab hal tersebut wajar terjadi karena adanya robekan di selaput daranya.

Komunikasi yang baik diantara suami istri, informasi tentang fase-fase hubungan seksual dan pengetahuan tentang gangguan fungsi seksual, adalah solusi untuk menghadapi gangguan nyeri saat senggama. Jadi pengertian, kesabaran dan kerjasama mbak MM dengan suami sangat diperlukan saat-saat ini, agar segera bisa keluar dari problem seksualnya. Semoga berhasil. (*)

 

Budi Santoso
Konsultan Kandungan dan Kebidanan

 

Advertisements

~ by wahyukokkang on October 29, 2008.

2 Responses to “Konsultasi Kandungan”

  1. dok saya br menikah 8bulan. mau nanya,istri saya seminggu yg lalu keguguran dg usia kehamilan 2bulan. sampe sekarang ini darahnya masih keluar,tidak sebanyak hari pertama.
    saya dikasi tau temen saya agar istri saya meminum obat Methylergometrine katanya bisa membuang sisa yg ada dirahimnya. trus saya dapet kabar katanya klo dirahimnya masih tersisa kemungkinan bs mandul n klo pun hamil bayi nya cacat.
    sangat sulit buat saya untuk konsultasi karna disini blm ada dokter kandungan..
    apa bener obat yg dimaksud tersebut ? klo pun ada obat anti biotik yg lain mohon informasinya. istri saya sekarang minum obat amoxcillin yg mudah didapat n harganya terjangkau..
    trima kasih dok,

  2. Umur 47 yg terjadi siklus haid tdk braturan o/ dokter spog diatur dg obat racikanya sendiri hingga 5 bln lalu brenti obat slama 5 bln tp stlh 5 bln tdk braturan lg, trs ke dokter spog lg diatur lg dg obat myotonic + tranexamic acid trs apa yg terjadi dg saya sebaiknya gimana. Apakah penyebab steril yg di ikat bs lepas trs pengikatnya akan bs keluar lewat mana. Saya disteril hny di satu sisi katanya sdh rusak apa artinya mksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: