Konsultasi Syaraf

Kedutan di Wajah hingga Lutut

 

Dokter yang terhormat, nama saya Vena. Ada hal yang ingin saya tanyakan. Kenapa mata saya sering kedutan? Sebenarnya sih bukan hanya mata. Kadang, di daerah pipi bawah mata juga kedutan. Yang paling saya herankan, kok saya pernah merasakan kedutan di daerah lengan dan sekitar lutut?

Apakah ada yang tidak beres dengan bagian tubuh saya, Dok? Kedutan itu sebenarnya apa sih, Dok? Kenapa itu bisa terjadi? Agar saya tidak kedutan lagi, apa yang harus saya lakukan?

Vena, Surabaya

 

Kalau mata kedutan bersamaan di daerah pipi bawah mata terus-menerus dan meluas ke otot-otot wajah, kemungkinan itu disebabkan facial tics. Kedutan atau tics adalah gerakan berulang dari serat-serat otot. Kalau kedutan di lengan disertai nyeri dari leher menjalar ke lengan, bisa juga disertai kesemutan, biasanya disebabkan kelainan penekanan saraf di leher. Bila kedutan dirasakan di daerah lutut dan disertai linu, nyeri yang menjalar dari pinggang ke kaki, mungkin terjadi penekanan saraf di pinggang .

Tic facialis disebabkan iritasi pembuluh darah yang berdekatan. Yaitu, saraf facialis (saraf otak ke-7) yang mempersarafi otot-otot wajah dan mengendalikan gerakan otot-otot wajah. Supaya tidak kedutan lagi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf (neurulog). Semoga membaik. (*)

 

dr Koemalawati Widjadja SpS,

Dokter Spesialis Saraf RS Spesialis Husada Utama Surabaya

 

Advertisements

~ by wahyukokkang on October 31, 2008.

42 Responses to “Konsultasi Syaraf”

  1. dok sejak 3 tahun yg lalu leher kiri saya tegang dan sering kesemutan juga kedutan, sering keringat dingin. pinggang dan punggung kiri jg sakit.dokter syaraf blg saya myalgia. setelah itu saya tdk pernah ke dokter lagi.sampai skg leher saya masih kencang, malah slm 2 minggu kmarin kepala dan leher saya terasa panas dan gatal. dan sdh 3 hari ini leher saya yg kaku menjalar ke daerah kepala, telinga,pipi,hidung,rahang. kesemutan di daerah pinggang kebawah, punggung dan lengan jg terus menerus,hingga kaki dan lengan terasa kaku dan lemah.saya juga sempat kejang 2 kali ditangan dan kaki tp hny sebentar. kira2 saya mengidap penyakit apa ya dok? msh mungkiinkah utk disembuhkan? dr tes darah, LED dan trombosit tinggi.saya jg menonsumsi simarc 2 dari dokter.trima kasih sebelumnya

  2. DOK keluarga saya sakit di giginya padahal sudah dicabut. Setelah di rontgen dokter mengatakan bahwa syaraf di giginya berdempetan dengan pembuluh darah. Bagaimana penangananya selain operasi,terimakasih jawabanya.

  3. Yth Dr Wahyu Kokkang

    Saya 3 bulan yg lalu saya mengalami kepala gliyengan, badan dingin dan JAntung Deg-degan bila saat penyakit itu datang. Saya sudah di cek Lab, Rontgen seluruh organ badang, sudah cek jantung (Citiscan, kortel 24 jam), cek syaraf otak tidak diketemukan kelainan. Namun saya belum cek citiscan otak (karena dr bilang gak perlu) dan bellum cek THT. Saya dianggap Dr internist, Dr Syaraf dan Phsikiater saya saya mengalami sakit Psikomatic Vertigo. Saya sekarang msh mengkonsumsi obat penenang jenis Frisium dan jantung saya sudah tidak berdebar debar lagi, namun yang masih mengganggu adalah gliyengan sewaktu-waktu dan sering serta kuping saya berdenging. Saya mohon kepada Dokter apa yang harus saya lakukan? sya berniat untuk ke alternatif Ahli Totok darah. Terima Kasih atas penjelasan dari Dokter.

    Wassalam
    Andhi D

  4. gini dok, tangan kiri saya bergerak sendiri dan tidak bisa saya kendalikan, hal tersebut berlangsung 1 s/d 2 jam, 5 menit sebelum penyakit itu kambuh, saya merasa down, putus asa, stres dan merasa hidup sdh tidak berguna lagi. Penyakit ini sudah 3 tahun saya alami dan kambuh setiap 3 atau 4 hari.
    Apa nama penyakitnya dan bagaimana pengobatannya??
    Terima Kasih

  5. dokter saya eka sjak 6 thun yg lalu saya mngalami k’ankan pada dr saya khusus’a bagian waja saya.pd bagian wajak saya tiba2 mulut saya miring dan pada bagian mata saya sblah kiri trlihat lbih kcil dibnding sblah kanan.smpe skarang saya jd sring mrasakan k’anhan pd bgian tubuh saya,
    saya udk brobat kmana2 tp tidak ad hasil’a saya hrus gimana dok?
    saya malu dngan kondsi sya yg skrang in

  6. Dok,..saya antok 42 tahun , sudah menjelang 4 bulan ini saya menderita sakit dibagian sebelah kiri terutama dari pundak, lengan, dan kaki seperti semutan dan yang paling tidak mengenakan terasa lemas. Perlu dokter ketahui bahwa sebelum saya , menderita sakit ini saya pernah dirawat typhus, tetapi sebelum saya kena typhus prasaan sakit tersebut sudah saya alami seminggu sebelumnya. Saya sempat konsultasi ke dokter herbal dan waktu itu saya diindikasikan terjadi gangguan fungsi syaraf ( syaraf berlendir) tetapi beliau tidak menyebutkan dibagian mana. Yang saya rasakan ada rasa nyeri dan kurang enak dibagian belakang kepala dan sebagian leher dan pipi. Dokter penyakit apakah ini dok,… Dan bagaimana penanganannya,…? Mudah2an saya mendapat jawaban dari dokter, dan terimakasih,….

  7. 6 Responses to “Konsultasi Syaraf”

    dok sejak 3 tahun yg lalu leher kiri saya tegang dan sering kesemutan juga kedutan, sering keringat dingin. pinggang dan punggung kiri jg sakit.dokter syaraf blg saya myalgia. setelah itu saya tdk pernah ke dokter lagi.sampai skg leher saya masih kencang, malah slm 2 minggu kmarin kepala dan leher saya terasa panas dan gatal. dan sdh 3 hari ini leher saya yg kaku menjalar ke daerah kepala, telinga,pipi,hidung,rahang. kesemutan di daerah pinggang kebawah, punggung dan lengan jg terus menerus,hingga kaki dan lengan terasa kaku dan lemah.saya juga sempat kejang 2 kali ditangan dan kaki tp hny sebentar. kira2 saya mengidap penyakit apa ya dok? msh mungkiinkah utk disembuhkan? dr tes darah, LED dan trombosit tinggi.saya jg menonsumsi simarc 2 dari dokter.trima kasih sebelumnya
    wulan said this on September 21, 2009 at 12:14 pm
    DOK keluarga saya sakit di giginya padahal sudah dicabut. Setelah di rontgen dokter mengatakan bahwa syaraf di giginya berdempetan dengan pembuluh darah. Bagaimana penangananya selain operasi,terimakasih jawabanya.
    shita said this on August 26, 2010 at 9:15 am
    Yth Dr Wahyu Kokkang
    Saya 3 bulan yg lalu saya mengalami kepala gliyengan, badan dingin dan JAntung Deg-degan bila saat penyakit itu datang. Saya sudah di cek Lab, Rontgen seluruh organ badang, sudah cek jantung (Citiscan, kortel 24 jam), cek syaraf otak tidak diketemukan kelainan. Namun saya belum cek citiscan otak (karena dr bilang gak perlu) dan bellum cek THT. Saya dianggap Dr internist, Dr Syaraf dan Phsikiater saya saya mengalami sakit Psikomatic Vertigo. Saya sekarang msh mengkonsumsi obat penenang jenis Frisium dan jantung saya sudah tidak berdebar debar lagi, namun yang masih mengganggu adalah gliyengan sewaktu-waktu dan sering serta kuping saya berdenging. Saya mohon kepada Dokter apa yang harus saya lakukan? sya berniat untuk ke alternatif Ahli Totok darah. Terima Kasih atas penjelasan dari Dokter.
    Wassalam
    Andhi D
    Andhi Dewanto said this on May 31, 2011 at 4:58 pm
    gini dok, tangan kiri saya bergerak sendiri dan tidak bisa saya kendalikan, hal tersebut berlangsung 1 s/d 2 jam, 5 menit sebelum penyakit itu kambuh, saya merasa down, putus asa, stres dan merasa hidup sdh tidak berguna lagi. Penyakit ini sudah 3 tahun saya alami dan kambuh setiap 3 atau 4 hari.
    Apa nama penyakitnya dan bagaimana pengobatannya??
    Terima Kasih
    Affan said this on July 12, 2011 at 9:32 am
    dokter saya eka sjak 6 thun yg lalu saya mngalami k’ankan pada dr saya khusus’a bagian waja saya.pd bagian wajak saya tiba2 mulut saya miring dan pada bagian mata saya sblah kiri trlihat lbih kcil dibnding sblah kanan.smpe skarang saya jd sring mrasakan k’anhan pd bgian tubuh saya,
    saya udk brobat kmana2 tp tidak ad hasil’a saya hrus gimana dok?
    saya malu dngan kondsi sya yg skrang in
    eka sulastri said this on September 16, 2011 at 1:39 pm
    Dok,..saya antok 42 tahun , sudah menjelang 4 bulan ini saya menderita sakit dibagian sebelah kiri terutama dari pundak, lengan, dan kaki seperti semutan dan yang paling tidak mengenakan terasa lemas. Perlu dokter ketahui bahwa sebelum saya , menderita sakit ini saya pernah dirawat typhus, tetapi sebelum saya kena typhus prasaan sakit tersebut sudah saya alami seminggu sebelumnya. Saya sempat konsultasi ke dokter herbal dan waktu itu saya diindikasikan terjadi gangguan fungsi syaraf ( syaraf berlendir) tetapi beliau tidak menyebutkan dibagian mana. Yang saya rasakan ada rasa nyeri dan kurang enak dibagian belakang kepala dan sebagian leher dan pipi. Dokter penyakit apakah ini dok,… Dan bagaimana penanganannya,…? Mudah2an saya mendapat jawaban dari dokter, dan terimakasih,….

  8. Yth Dr Wahyu Kokkang

    Dokter saya adi dari surabaya, dok sampai saat ini adik saya masih di suang ICU rumah sakit dr Soetomo, sudah 5 bulan dok. awalnya kejang karena diabet tipe 1, dan sekarang adik saya tidak bisa mengangkat tangan dan kakinya, dan yang masih bernapas menggunakan alat ventilator. diagnosa dokter saat ini polineuropati. dokter wahyu saya mohon maaf berkonsultasi dengan dokter, barangkali dokter mengerti akan penyakit adik saya dan mengetahui obat yang harus saya beli. dok saya mengharap jawaban dari dokter. terimakasih

  9. dok mau nanya, jenis penyakit migran ad brp dan ap2 sj beserta gejalanya, mohon bantuanx ya untk bahan skripsi????
    terimakasih
    n/b ( klw bs gejalax lbh dr 50)
    inakalfidar@yahoo.co.id

  10. dok , saya mau tanya
    saya dari dulu sering sekali sakit kepala bagian belakang paling sakit
    saya juga pelupa
    ingatan saya sudah mulai memudar
    mulai dari tidak ingat teman-teman bahkan dulu sampai tidak ingat pacar saya sendiri

    menurut dok saya kenapa?””
    sempat saya baca tentang alzhaimer saya merasa gejalnya saya rasakan
    apa saya menderita alzhaimer atau tumor otak?
    makasi

  11. dok, saya armand dari jawa tengah mau tanya….waktu saya nyuci mobil dari posisi jongkok terus mau berdiri tiba2 terasa pinggang ketarik ..saya bawa ke RSU untuk di eonsen hasilnya juga nihil ga masalah pada tulang2nya..dan udah saya pijat tapi ga ada berubahan sampe sekarang sudah menjalar ke kaki ..otot pada kaku .kaki kiri udah semutan…obat apa yang harus saya beli di apotik untuk mengatasi otot kaku dan untuk memperlancarkan peredaran darah….trimakasih

  12. dok, saya dewi dari jogja. dua tahun yang lalu saya jatuh dari motor. sampai sekarang pipi sebelah kiri saya kesemutan seperti gak ada rasa ( KAKU ) terutama diatas bibir sebelah kiri. sangat mengganggu pernafasan saya. selama ini cuma saya lap dengan air panas. Obat atau terapi apa tuk menyembuhkannya, makasih

  13. dok, nama saya elvina. Umur saya 22 tahun.
    Beberap minggu ini saya mengalami sakit/nyeri di pinggang kiri bagian belakang tepatnya di tulang yang terletak di atas pantat. Sakit/nyeri yang saya rasakan ini terasa hingga ke pantat, paha dan lutut kiri saya.
    Sekitar 6 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan motor. Posisi saya waktu itu dibonceng dan saya duduk menyamping karena memakai rok. Kecelakaan itu menyebabkan saya jatuh, dan yang jatuh pertama kali adalah bagian badan saya yang sebelah kiri dan saya jatuhnya berguling.
    Saya sempat urut dan badan saya tidak sakit lagi.
    Selain itu saya sering mencuci piring dan baju dengan berjongkok.
    Namun beberapa minggu ini pinggang saya terasa sangat nyeri hingga ke lutut.
    Sakit apa yang saya alami ini dok?
    Adakah obat alami yang cocok untuk penggobatan sakit yang saya alami ini?
    Tindakan apa yang harus saya lakukan?
    Atas jawabannya, saya mengucapkan terima kasih.

  14. Dok, ibu saya umur 62 th sdh beberapa tahun ini mengeluh sering kehilangan keseimbangan, kesulitan berjalan katannya badannya terasa berat utk bergerak. Sering merasa lemas. Periksa ke dokter spesialis syaraf didiagnosa sclerosis. Apakah sebenarnya sclerosis dan apa obatnya?

    Terima kasih sebelumnya.
    Yeni

  15. Slmat siang Dok,sya diana berumur 23th bb 46kg. Kurang lbih 3th sya mengidap sakit yg smpai skarg blm tau sakit ap. Telapak kaki nyeri dn perih klo berdiri,jd be2rapa thn ni sya ga kuat klo brdiri/jalan lma,paling kuat jg 15mt trus apalagi klo brtelanjang kaki langsung nginjek lantai,it rasanya sakit banget kya nginjek duri n rasanya kaki itu lengket. Trus lutut,punggung(sering’y blikat) jg suka perih. Thn prtama sya k dr.umum n d diagnosa remtik/asm urt. Stlah cek lab t’nyta remtik negtif n asm urt normal. Lalu drujuk k ortopedi,dst sya d diagnosa osteoartritis dn dminta untk mlakukn oprasi kcil dlutut untk mlihat ad atau tidak’y mslah dsendi’y n saya ga brani krna it jg blum tentu pasti. Sya nyoba k dr.ortopedi yg lain n k 3 dr trsbut mmiliki diagnosa brbeda dn ini yg mmbuat sya smakin bingung,dn dr t’ahir mndiagnosa bhwa tdk ad mslh dgn tulang,tp ktny otot. Sya lalu drjuk k dr.syaraf. Krna sya bimbang,sya mmutuskn untk tdk mlnjutkn pmeriksaan krna sya tkt dgn diagnosa yg kmbali mmbingungkan. 2th lewt trnyta sakitny makin krasa dn sya mmutuskn untk k dr.syaraf. Stlah dcek,sya d diagnosa Fibromyalgia. 1th sya terapi dgn obt dn senam yoga,lumyn untk punggung tp tlapak kaki msh sakit untk jalan. Dr sya sndri mrasa bingung. Llu sya dminta MRI tulang punggung dn hsilny trnyta ad sdkit pnjepitan syaraf tp it hnya sdikit skali,mungkin klo dr 100% it hnya 5/10% sja dn mnrut dr sya,dgn obt dn trapi senam yoga it hrusny smbuh,.tp trnyta sakitnya msh. Sya mulai putus asa dn pda bln july mmtuskn untk b’henti terapy obt2n,krna sya takut b’pngaruh k organ lain krna klo dhitung sya mngkonsumsi obt sudah lbh dr 2th dn sya hentikan menang krna sya sudah menikah 1thn 6bln yg lalu dn sya ingin punya anak. Mnurut Doktr,sya ini mengidap sakit ap y? Sya kdang ngrasa ga kuat Dok,krna ini sngat mengganggu aktifitas sya. Yg jangankn untk lari,jalan aj sya ga kuat.
    Sblum’y sya ucpkn bnyk trimkash atas prhatian dn jwban dr Doktr.

  16. Saya mau berkonsultasi dokter.Saya pernah tertimpa beban berat 600 kg(moge). Dibawah pergelangan dan telapak kaki saya njarem/ baal (peresaran darah tidak lancer). Sudah 3 bulan yang lalu. Menurut dokter bagaimana atau apa obatnya ???

  17. selamat siang dok,saya mau tanya awalnya operasi kelenjarTB di leher kiri dan sudah berjalan 3 bulan.waktu itu benjolan tidak bisa di angkat semua akhirnya saya remas malah timbul bengkak.setelah timbul bengkak efeknya kepala sakit teru menerus separo lama-lama leher kaku,tangan kesemutan(baal)sampai sekarang sudah 2 bulan.sudah ke dokter tapi tidak ada hasil.gimana solusi yang terbaik dokter.nama ngatino umur 29 tahun.

  18. Dokter…ada yang mau saya tanyakan. Saya amanda, 6th yg lalu saya jatuh dari motor dan pipi saya kebentur. stelah memar hilang,pipi saya mulai mengalami kedutan. Pipi saya akan berkedut setiap saya berkedip saja. Klo saya tidak berkedip, pipi saya jg tidak berkedut. yang ingin saya tanyakan, apakah kasus pipi saya ini bisa sembuh? Bagaimana penyembuhannya. Saya sempat ke dokter syaraf tpi tidak menghasilkan krn dokter tsb hanya memberi saya sejenis obat penenang. Terima kasih sebelumnya

  19. dok saya mau tanya..dulu saya pernah jatuh dari sepeda dan kpala bagian belakang saya terbentur aspal dengan keras… tapi waktu dulu saya tidak bilang kepada siapapun…bahkn saya tidak langsng cek ke dokter… setelah 3 tahun kemudian saya merasakan pusing dibagian kpla yg bekas jatuh sampai” pernafasan saya terganggu… tapi saya tetep tidak konsultasi ke dokter karna saya pikir itu cuma sakit kpla biasa.. tetapi skrg sdh 5 bulan saya merasakan sakit kepala dibagian belakang, serta sering lupa dan kaki dan tangan sering kesemutan,,, saya mo nanya dok apakah itu berbahaya?? atau tidak,, soalnya sampai sekaragng saya belum berani memeriksakan diri ke dokter,, terimakasih pak dokter,,, saya harap bapk bisa menjawabnya,,

  20. selamat siang dok..
    saya mau bertanya, beberapa hari yang lalu suami saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan tulang rusuknya patah, dan dia mengalami benturan di bagian kepala, dan telinganya mengeluarkan darah. setelah di tanngani di rumah sakit, dan telah dicek semua, katanya tidak apa2. namun setelah itu, dia tidak seperti dulu sblm mengalami kecelakaan, dia sering marah, tempramen, dan kadang omongannya nglantur sekali, saya takut,, kalau memang ada sesuatu atau bagaimana, apakah dia bisa kembali seperti dulu ataukah akan selamanya seperti ini dok? saya berharap dokter bisa menjawabnya. terimaksih

  21. Dok z sring mngalami kcemasan brlbihan,pnakut,ssh konsen,emosian,bdan lemas brkepanjangan.sbnrx z mngidap pxkit apa dn gmna solusix.jemz kendari

  22. Halo dok, mama saya berusia 52thn awalnya beliau merasakan kedutan dari mata,pipi sampai ke mulut,dan dlm keadaan tidurpun kedutannya ttp trasa.tpi mama tdk merasakan keram atau kesemutan dibagian wajah sebelah kiri yg kedutan tsb.beliau lalu berobat ke dktr saraf,namun tdk ada penjelasan dri dktr yg bersangkutan ttg apa penyakit yg diderita oleh mama.dktr lalu memberikan resep dg obat2 sbg berikut:haloperidol,trihexyphenidyl,anxibloc clobazam dan starfolat folicacid.mama mengkonsumsi obat tsb hampir 10 hari namun sejak hari ke2 minum obat tsb,beliau merasakan sakit + nyeri di telinga,krn penasaran dg reaksi obat tsb sy coba search di internet apa kegunaan dr obat2 tsb.yg saya dapati bhwa obat2 tsbut utk penyakit parkinson dan skizofernia,sdgkan mama tdk ada ciri2 spt ke2 penyakit tsb.sya lalu bertnya pd seorg teman apoteker,dia menyarankan utk berhenti mengkonsumsi obat tsb krn termasuk dosis tinggi dan menyarankan klo mm hny kedutan saja tnpa ada rasa kaku banyak istirahat dan konsumsi vitamin saja.kami sklrga lalu sepakat utk mama tdk meminum lg obat tsb krn resiko efek samping kedepannya.stlh tdk minum obat tsb kedutan mama sdh mulai berkurang,tpi diganti dg nyeri ditelinga serta dibagian wajah sblh kiri,spti ditusuk2 bhkn sempat wajah mama yg sblh kiri itu merah sx dan berasa terbakar.lalu kami kompress dg air es,hslnya muka memerah mama mulai trn dan nyerinya pun berangsur2 hlgntp itu hnya bbrp saat saja,sesekali nyerinya datang lg,mulai dr mata,pipi,dan telinga.sbnrnya mama sakit apa dok??dan bgmn penangannya,krn kami tdk mau kembali ke dktr tsb yg tdk memberikan penjelasan apa2 ttg sakit mama.terima kasih

  23. Dok saya serig kedutan di area jantung, saya periksa ke dokter katanya jantung saya normal, memang saya mengalami gangguan pencernaan, sering begah, perut kembung, itu yang bikin organ pencernaan saya mengembung dan mendrsak jantung, sehingga sering senut2. Tapi selain senut2 di area jantung saya juga sering kedutan, apakah itu berbahaya?

  24. dok saya mau tanya.. Saya bermasalah dalam menulis.. Alias susah menulis.. Jika saya mau menulistangan saya kaku dan tidak bisa digerakkan. Jika dipaksakan tangan saya gemetar dan nyeri di bagian pergelangan tangan.. Jika tetap saya paksakanseketika tangan saya akan kaku dan tidak hisa digerakkan. Ini benar2 mengganggu aktivitas perkuliahan saya.. Apa yg bermasalah dengan tangan saya dok? Apa ini termasuk syndrom carpal tunnel? Mohon bantuannya…

  25. Dok saya mau tanya.. Saya mengalami masalah susah menulis. Tangan saya suka kaku saat menulis dan jikadipaksakan akan gemetar dan nyeri di bagian pegelangan tangan.. Jika tetap dipaksakan tangan saya menjadi kaku dan tidak bisa digerakkan untuk menulis. Itu benar2 mengganggu aktivitas kuliah saya.. Apa masalahnya dok kenapa tangan saya begitu? Apa ini termasuk syndrom carpal tunnel? Mohon bantuannya dok..

  26. Dok, suami sy sering sakit dada hingga punggung, leher dan lengan atas, qt pernah check ekg dan hasil ny dalam batas normal..kemungkinan sh otot ny dok, sakit ini mulai terasa sejak 1thn lalu setelah futsal, aPa ªϑa̲̅ terapi untuk penyembuhan ny?

  27. saya seorang ibu berusia 35 th. Kr2 dua bulan ini saya merasakan kepala, leher dan punggung saya terasa dingin sekali disertai dg sensasi nylekit2.Tidak ada keluhan lain selain itu.Menurut dokter sy sakit apa?mohon penjelasannya.

  28. dok ,..saya punya adek,dia sering kejang-kejang kata orang penyakit epilense gimana cara menaggulanginya DOK,.,.

  29. dok, dlam dua minggu ini saya merasa kan sakit kepala di bagian depan di dekat kelopak mata,. saat sedang sakit rasa x sperti habis terhantup tembok, dan mata saya rasa x mau pecah… menurut dokter saya sakit apa? dlu saya pernah di diagnosa penyumbatan drah kotor di otak.. apa mungkin rasa sakit itu di karenakan penyumbatan darah kotor itu??? dan apa yang harus saya lakukan dalam penanganan x??

  30. dokter.sy punya keponakan usia 9bln perempuan.dari hasil cek ponakan sy kena penyakit hypotonia..langkah apa yg hrs kami lakukan agar penyakit ny sembuh.dan apa saja sih penyebabny dari penyakit tersebut mohon segera jawabanny

    terima kasih

  31. selamat sore dok,

    saya roselina, usia 26 tahun, sudah 3 minggu ini saya merasakan kepala begian bawah sebelah kiri saya pusing dan leher bagian bawah sering keceng dan tegang, ditambah lagi mata sebelah kiri saya terasa perih dan sering berair padaha saya sudah tes minus ke dokter mata sama sekali tidak minus, telinga saya seperti tebal dan berdengung dan panas seperti ada sesuatu didalam, padahal sudah saya bersihkan dan tidak ada cairan sama sekali. dan saat ini lengan sebelah kiri saya pun sering pegal pegal. kemarin saya sudah ke dokter syaraf, saya disuruh scan ke radiologi dengan kemungkinan terkecil ada penyumbatan di otak kiri dan kemungkinan terbesar ada benjolan di otak kiri. sebelumnya saya infokan bahwa satu tahun yang lalu saya jatuh dan kepala saya berbenturan dengan tembok sampe bejnol tetapi saya tidak mual dan muntah sama sekali.
    sebenernya saya harus gimana dok, dan apa penyakit saya sebenernya? dan bolehkah meminum obat herrbal utk mengobatinya?

  32. selamat sore dok..
    saya seorang IRT umur 53 thn. 2 minggu trakhir saya mempunyai keluhan pening2 (bahasa daerahyna hoyong). saya jg menderita maag yang sudah lama. apakah ini yang disebut vertigo dok? perasaan jika terjadi serangan jika berjalan tidak seperti menginjak bumi, bertambah pening jika merbuah posisi badan atau memutar/menolehkan kepala. karena gejala ini aktivitas saya sangat terganggu. serangan datang tidak teratur, tapi datang tiap hari, yang sering terjadi pada waktu sore hari hingga malam hari.
    saya punya riwayat kecelakaan motor 9 bulan yang lalu,tapi tidak parah, dan tidak melakukan tindakan CT-Scan atau pemeriksaan lain. dan waktu itu tidak terjadi muntah2 atau pening seperti ini, hanya pening biasa saja yang kemudian hilang, apakah ada hubungan nya dok dengan keluhan saya?
    atau ada huungannya dengan sakit maag saya?

  33. dok saya bella mau tanya .
    Knp si dok kalau kepala belakang suka kekedutan ?

  34. Kalo kesemutan dihidung gimana dok?? Apakah berbahaya?

  35. dok mau tanya,ibu saya abis bersin trus gak bisa jalan,sebenarnya itu kenapa y dok,apa masalah dari tulang atau otot?ibu saya bisa berdiri tapi tidak bisa jalan,tidak kuat untuk melangkah,dan kadang di pantat nyeri2..kira-kira penyakit apa ya dok?

  36. Dokter yg terhormat,
    Ibu saya terkena vertigo bu ,dan sudah 5 hari di rawat di RS tapi sampai sekarang blm ada perubahan sama sekali, kata saudara saya sih mungkin karna belum di tangani oleh dokter spesialis saraf,karna ibu saya dirawat habis lebaran,mungkin dokter2 spesialisnya mash pada libur,jadi smentara di tangani dokter umum,
    Yg saya mau tanya, kira2 apa boleh kita memberinya obat paten? Smentara smpai saat ini msh dalam pengawasan dokter umum, dan kalau boleh obat apa yang harus di berikan ke ibu saya, saya tidak tega melihat ibu saya selalu mengeluhkan sakit kepalanya dan smpai saat ini msh d rawat dan blm ada perkembangan..

    Trims sblm.a

  37. dr.andra yth,,
    nma sya ika dok,, maaf sya mau tnya ayah sya brumur skitar 50.an. sejak sya kecil bliau sring skit nyeri dibwah mata sma pipinya.dan skrang jga kmbuh lgi. udh priksa ke dikter tpi kok katanya ngak ada pnyakitnya. pdahal ayah saya itu sring ngrasain sakit dbgian trsebut. apa ayah sya ini kena Sinusitis dok?! mhon blsannya

  38. Assalamualaikum dok
    langsung saja, lutut saya bengkak sudah 1 stengah bulan dok tp mulai awal sakit sudah 2bln stengah sbulan pertama blm bengkak, permulaan sakit saya periksakan ke dokter katanya asm urat periksa yang kedua dan ketiga pun sama (beda dokter) namun tak kunjung sembuh, ahirnya saya pindah dokter setelah di rotgen dan leb darah dan usg katanya lutut saya benturan meski saya tidak merasa pernah jatuh dsb, namun stelah pulang justru lutut saya tambah parah, kaku bahkan saya harus pakai dua tongkat ktika jalan dan paha saya mengecil trus saya konsultasi dg intruktur olahraga yang menangani klub sepak bola, katanya urat lutut saya ada yang luka dan saya diberi obat namanya Methylprednisolone 8 mg.
    Fenamin mefenamic acid
    Renadinac 50
    keadaan saya langsung membaik dan bisa jalan tanpa tongkat nyeri2 hilang namun pergerakan lutut krng sempurna dan masih bengkak. Akan tetapi saya seperti kecanduan dok, ketika saya hentikan lutut bengkak lagi jalan susah kaku nyeri2 kambuh juga, saya sdh mengkonsumsi obat itu sbulan lebih dok.
    mohon arahannya,,,
    bisa membaikkah lutut saya dg obat diatas dok?
    menurut dokter saya harus konsltsi ke spesialis saraf ato tulang??
    terimakasih dok

  39. Selmt siang dok….istri saya dok kepalax sering goyang sendiri…dia juga sering sakit kepala….cara mengatasi bg mn dok..mohon petunjukx…dan trm ks dok atas bantuax..ramadhan di papua.

  40. Dok sy mau tx nih….
    Tangan sy kan hbs patah trs otot2 pada mengecil smua dn sy skrg melakukan olahraga fitnes tp perkembanganx sy rasakan lbh cpt bagian tangan bwh dr pada lengan atas . It knp ya dok

  41. Dokter, nama saya yuti, mau tanya sekitar mata saya koq terasa bengkak dan baal ya dok, kadang juga kelopak mata saya sembab kalo kena angin. Rasanya sangat mengganggu sekali. Wajah saya pun nampak membesar. Sebenarnya penyakit apa Ўª♌g saya derita? Makasih dokter…

  42. selamat pagi dok..
    ibu saya dulu pernah saraf kejepit.. sdh sembuh tp sekarang tangan kiri sering sakit trs lemas, hrs diangkat dg tangan kanan dulu skrng kaki n kepala juga ikut sakit dok.. mohon info nya
    trima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: