Gambar Masterpiece

KENANGAN MASA LALU

 

Kalau melihat gambar ini, kita pasti ingat masa-masa ketika masih SD dulu. Gambar ini adalah gambar paling dikenal oleh masyarakat se Indonesia. Kita nggak tahu siapa penciptanya, kita juga nggak tahu kapan dan di mana gambar ini pertama kali di-launching. Yang jelas, gambar ini telah menghiasi buku gambar anak-anak sekolah kita dalam rentang waktu yang sangat lama, puluhan tahun!

 

Saya seperti tersadar ketika beberapa hari yg lalu iseng melihat-lihat buku gambar seorang anak kecil kelas 2 SD, dan ternyata ada gambar ini, edan tenan! Ternyata gambar yg saya kenal dengan baik puluhan tahun lalu, sampai sekarang ini masih muncul jaya!

Rasanya tidak ada gambar lain yg dibuat dan dikenal oleh begitu banyak orang hingga turun temurun berganti generasi seperti gambar ini.

 

Tapi ada yang menjadi pertanyaan saya, kenapa gunungnya selalu digambarkan ada dua? Padahal banyak sekali gunung yang bersolo karir menjulang sendirian. Lihat saja misalnya gunung Merapi atau Krakatau. Saya curiga, mungkin ide menggambarkan gunung yg selalu ada dua ini disebabkan oleh pikiran ngeres para guru gambar jaman dulu yang terinspirasi oleh “gunung lain” yg memang selalu ada dua, yang selalu bergoyang ketika pemiliknya berjalan, hahaha…!!

 

~ by wahyukokkang on November 1, 2008.

17 Responses to “Gambar Masterpiece”

  1. Jangan-jangan, yang posting gambar ini juga sama ngeresnya. ha..ha.. ha…

  2. ini lah konotasi si KOKKANG = KOnotasi tuKang KarANG. He..he..heee

  3. masuk akal juga yah kadang kita ga sadar hehehe, tapi seinget saya dolo pernah gambar kayak gitu pas sd ato tk hahahah jadi malu maklum saya nda bisa gambar tapi saya selalu liat gambaran mas wahyu di jawa pos, interesting….

  4. halo mas wahyu, suwe ndak kepethuk.
    soal gunung-menggunung…. aku kok yo sepakat karo sampeyan.
    soal yg bergoyang-goyang…aku jelas sangat sepakat karo sampeyan.

    hidup gunung !
    hidup goyang !

  5. Kang, yo ngono iku klw dulu presidene Soekarno. wong bikin gedung DPR aja jg porno. Nah guru gambarnya jg ter hegemoni ke arah situ

  6. Hiks… Gara2 baca blog Anda ttg gambar SD aku dulu ( lah kok yah persis yo kayak gambar aku dulu ),jadinya aku teringat cinta monyetku masa SD dulu. Hiks… mana monyetku, eh, cintaku?? Teringat masa2 SD,SMP ,SMA. Huuuhuuuu….

  7. iya ya.. lagi pula, kok mesti ada jalan yang membelah di tengah sawah yang subur. kok mesti ada mesti ada matahari di ujung. jangan-jangan itu adalah adalah gambar yang menunjukkan “jalan tengah”!!!

  8. Itulah bos, wajah pendidikan di Indonesia. Semua serba seragam. Jawaban harus sama titik komanya, gambar harus sama. makanya gak pada kreatif jadinya. Imajinasinya hanya sebatas gunung. Gak kaya mas Wahyu yang imajinasinya gila, gila gila…keren pol otakmu itu bos. Salut lut lut.

  9. eh kang Dira pas kelas 1 SD gambarnya juga gitu, ta biarin aja.(kata pak tino sidin itu syarat utama jadi anak-anak), oh iya gambar itu lengkapnya matahari pake mata yang nglirik gunung sambil tersenyum……….apa juga ngeres yo?

  10. kenapa ya?

  11. eh mas wahyu, saya penasaran sama foto aslinya mas wahyu. bisa ditampilin nggak fotonya?

  12. kayaknya emang gambar tuh jadi gambar wajib semasa kecil ya…he..he..he..

  13. Oh, Wahyu… Wahyu… kowe iki isok-isok ae nggawe “penggawean” gunung-gunungan lukisan waktu SD…. Tapi sampeyan iling to sekitar taun 1992-1992 ambek lagu “SEKUNTUM MAWAR MERAH” sing dinyanyekno waktu main billiar nang Jl. Karet 80 Suroboyo…. Nah, sopo sing nyanyekno lagu “SEKUNTUM MAWAR MERAH” kuwi….???
    pengirim: eyang_sambernyawa@yahoo.co.id

  14. hueladalaah hahha.. btw duluuu wkt TK bgitu tmn bikin gambar ini dan mau nggambar 1 gunung saja, eeh guruku datang n protes, katanya gunungnya begini,, dibikinnya sebalah lagi gunung..
    walaah guru yg aneh.. jd deeh bikin gunung kembar mirip tmn sblah bangku..
    ga asik kan.. org mo kreasi sndiri eh disuruhnya kembaran,.. *gubrak mmg klo feodalisme sdh mendarahdaging,.. mudah2an nti anak cucu negara ini ga bgitu..😉

  15. hayah, cape de🙂 … Bang, skali2 bikin tips/tutorial membuat karikatur dunk😀

  16. Yang pasti…sawah hektaran milik pakdhe masih ada….pokoke kalo nggambar pemandangan..yang namanya gunung gathukane sawah…kalo sekarang gunung gathukane wong main golf…hehehe.. asal tau kenapa gununge dibuat dua…soale kalo’ satu dikira tumpeng.

  17. Kang…kang…
    Ada ada aja kali aja Mas Wahyu yang Maaf… ngeres juga ha ha ha
    hi … hi … hi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: