Konsultasi Seks

Ketakutan Dampak Sering Masturbasi

Saya cewek berusia 25 tahun, masih lajang. Dok, kenapa ya akhir-akhir ini saya suka banget masturbasi di kamar. Saya suka melakukannya dengan tangan. Kalau bosan, kadang saya suka melakukan phone-sex dan SMS-sex dengan teman-teman cowok.

Tetapi, belakangan, saya jadi takut sekali. Soalnya, kata teman-teman, banyak masturbasi bisa berbahaya buat vagina saya. Bahkan, kata teman, keseringan masturbasi juga bisa mengakibatkan mandul. Betulkah begitu Dok? Apakah saya nanti akan menjadi mandul?

NN, Surabaya

Terdapat perbedaan tentang kemungkinan dampak fisik masturbasi pada cewek dan cowok. Hal tersebut bergantung cara melakukan masturbasi dan kekhususan anatomi organ kelamin wanita.

Selain kemungkinan dampak fisik, bisa juga dampak psikologis, sosial, dan spiritual. Muncul perasan takut, rasa bersalah atau berdosa, dan khusus pada cewek yaitu penghargaan diri yang kurang baik dari lawan jenis.

Phone-sex dan SMS-sex akan memung-kinkan cowok menilai wanita penuh nafsu yang bisa atau mudah diajak kencan tingkat tinggi.

Risiko masturbasi pada perempuan yang bersifat fisik yaitu jika mengakibabkan kerusakan selaput dara (hymens) dan risiko infeksi organ vagina. Sebab, memasukkan jari atau alat bantu sarana masturbasi terkontaminasi mikroba.

Masturbasi sebatas area di bagian luar organ kelamin relatif tidak akan berisiko. Namun, infeksi di saluran vagina (keputihan) akan memungkinkan terjadi gangguan kesuburan. Jika mikroba penyebab infeksi tidak punya alat gerak, misalnya, bakteri dan virus, infeksi hanya akan ada di liang vagina. Beda dengan infeksi karena mikroba yang memiliki alat gerak, misalnya, Trichomonas vaginalis. Mikroba penyebab keputihan itu pada kondisi khusus akan masuk ke rahim ataupun berada di saluran telur. Infeksi mengakibatkan gangguan kesuburan/infertilitas.

Tentang kesenangan melakukan masturbasi, hampir pasti, itu terjadi karena adanya fantasi seks, persepsi, dan paparan seks yang tinggi. Juga, ada waktu atau kesempatan untuk melakukan masturbasi. Kalau ingin mengurangi kesukaan masturbasi kurangi paparan erotik dan lebih banyaklah menggunakan waktu untuk aktivitas yang lebih produktif.

Kalau membicarakan kemungkinan risiko terjadi gangguan kesuburan, seks pranikah dan kebiasaan suka berganti pasangan seks lebih memberikan kemungkinan terjadi infeksi menular seks dan gangguan kesuburan.

Data penelitian yang dilakukakan oleh KSKR (Kelompok Studi Kesehatan Reproduksi) Fakultas Kedokteran Unair menunjukkan bahwa pria yang sudah melakukan hubungan seks pranikah cenderung punya pasangan yang multiple (lebih dari satu dan beragam). Semakin beragam pasangan seksnya akan semakin tinggi kemungkinan menderita infeksi menular seks (IMS). Karena itu, perempuan yang melakukan seks pranikah akan selalu berisiko terkena IMS walaupun hanya berhubungan seks dengan pacarnya. (*)

Dr dr Hudi Winarso SpAnd Mkes

Advertisements

~ by wahyukokkang on November 2, 2008.

One Response to “Konsultasi Seks”

  1. Saya rara umur 21,belum menikah dok saya mw nanya bagaimana cara menghilangkan varises di vulva..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: