Konsultasi Anak

Teknik Sunat

yang Baik

 

Dok, saya Yani, berusia 25 tahun. Saya ingin menanyakan, apa hubungan antara teknik sunat dan keperkasaan atau fungsi seksual?

Anak saya berusia setahun. Dia sering sakit. Terkadang pilek, batuk, tubuhnya sumer. Tak jarang diare. Dokter anak yang menangani bilang, hal itu disebabkan banyaknya kulit di ujung Mr P sehingga agak menyumbat saluran kencing. Dokter anak tersebut menyarankan agar anak saya segera disunat.

Dia menyarankan jangan menggunakan electro cauter karena hasilnya jelek. Lebih baik ke dokter bedah anak. Saya lalu bertanya-tanya, apa finishing sunat yang kurang bagus berdampak pada keperkasaan? Atau, kemungkinan ada gangguan ereksi ketika anak saya dewasa? Kalau begitu, teknik sunat apa yang cocok untuk bayi setahun?

Yani, Gresik

 

Beberapa anak sering mengalami panas badan dengan dugaan bersumber dari infeksi di saluran kencing daerah penis. Solusi sunat merupakan hal yang baik, walaupun anak baru berumur setahun.

Memang ada bentuk prepusium (kulup/kulit khatan) penis yang ekstrem panjang dengan ujung saluran sempit. Dampaknya, sebelum dan sesudah anak kencing, air kencing tidak tuntas. Menggembung di daerah ujung penis pada awal kencing dan ada sisa air kencing setelah kencing selesai. Sisa air kencing di ujung penis itu menjadi tempat sembunyi kuman. Tentu, jika kebetulan ada infeksi.

Pemeriksaan laboratorium akan memastikan ada tidaknya infeksi. Pada beberapa anak yang belum bisa menyampaikan keluhan secara verbal, mereka sering memegang dan menarik alat kelaminnya. Karena itu, orang tua perlu cermat jika anak suka memegang alat kelamin. Bukan selalu dipersepsi sebagai sesuatu yang kurang baik.

Saat ini, berkembang beberapa teknik sunat. Selain cara klasik yang selama ini kita kenal, ada teknik electro cauter. Berdasar advis seorang ahli bedah anak, disebutkan bahwa teknik sunat dengan cara klasik masih yang terbaik dari aspek hasil. Teknik klasik memungkinkan memotong kulit khatan, menutup sumber perdarahan, dan menjahit antar permukaan kulit yang telah dipotong bertahap dengan cermat.

Ada pertimbangan dalam kaitan dengan fungsi seks di kemudian hari. Perlu diupayakan agar bagian tali (frenulum), bentuk tebal seperti tali yang ada di bagian bawah kepala penis yang menghubungkan batang dan kepala penis, tidak terpotong. Daerah frenulum banyak dilewati persarafan menuju dan dari kepala penis. Fungsi persarafan yang optimal diperlukan dalam kaitan fungsi seks yang baik.

Jika persarafan terpotong pisau, kemungkinan sambung kembali akan lebih besar setelah ujung potongan didekatkan dari saraf yang terpotong. Hal itu dibandingkan jika saraf terpotong dengan teknik bakar listrik (electro cauter).

Fokus pada keperkasaan, ada hal lain yang harus diperhatikan orang tua. Yaitu, menjaga agar anak selalu memiliki berat badan ideal sejak dini. Pola makan tepat dan berat badan yang baik membuat vitalitas pembuluh darah lebih prima. Termasuk, pembuluh darah di daerah penis.

Disfungsi ereksi, antara lain, disebabkan pembuluh darah penis yang tidak maksimal mengalirkan darah. Hal itu mungkin akibat penumpukan lemak (aterosklerosis) yang terjadi secara bertahap sejak anak-anak. Untuk anak yang gemuk sejak kecil, penyempitan pembuluh darah karena aterosklerosis terjadi lebih cepat.

Untuk Ibu Yani, merupakan hal yang baik memperhatikan dan memikirkan masa depan anak. Jika benar sumber demam karena infeksi saluran kencing (berkaitan dengan bentuk kulit khatan yang panjang), sunat secepatnya akan bermanfaat. (*)

Dr dr Hudi Winarso SpAnd Mkes

 

~ by wahyukokkang on November 11, 2008.

3 Responses to “Konsultasi Anak”

  1. Untuk ibu yani,saya mau sedikit berbagi tentang sikumsisi yang ada hubungan dengan gangguan ereksi untuk anak laki2.Memang ada hubungan nya bila dalam melakukan tehnik sirkumsisi,antara kulit dan mukosa penis tidak boleh melebihi dari kurang lebih 2mm,dan dalam menjahit antara kulit dan mukosa nya jangan terlalu dalam.karena bila terlalu dalam,akan mengganggu si anak pada waktu ereksi.Pada saat dia melakukan ereksi,dia akan merasakan nyeri pada saat ereksi.Jadi menurut saya,tidak ada hubungan nya bila anak anda di sunat oleh dokter bedah anak atau tidak.setidaknya anak anda di sunat oleh orang yang memang mempunyai kompetensi dalam melakukan sirkumsisi.contohnya dokter umum.Tapi memang akan lebih baik,bila anda datang ke dokter bedah anak bila di tempat anda memang ada dokter bedah anaknya.terima kasih…..dr.iqbal(residen bedah anak)

  2. dok.. sunat dengan electro cautery ada efek sampingnya tidak?

  3. bpk dokter yang terhormat,saya mempunyai anak baru berusia 2 bulan tetapi ia mengidap penyakit hernia pada pangkal paha.yang saya tanyakan apakah dampak setelah ia operasi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: