Clekit Jawa Pos 2 Des 2008

clekit-des02081

Hari AIDS se-Dunia

Tanggal 1 Desember kemarin, 20 tahun sudah HIV/AIDS diperingati oleh pemerintah, organisasi internasional, dan masyarakat dunia. Peringatan itu dilaksanakan sejak diadakannya pertemuan menteri kesehatan sedunia mengenai program-program pencegahan AIDS pada 1988. 

HIV/AIDS sampai saat ini masih merupakan penyakit yang sangat menakutkan karena belum ada obat yang bisa menyembuhkan secara total. Penyakit tersebut sedikit lebih istimewa jika dibandingkan dengan penyakit lain. Sebab, kecuali sulit disembuhkan, penyakit itu –ternyata– selalu diperingati/diulangtahuni secara meriah di seluruh dunia.

Sementara, rapor pemerintah Indonesia dalam menanggulangi problem persebaran HIV/AIDS termasuk merah. Sepuluh tahun terakhir, datanya terus meningkat secara signifikan. Jika pada 1998 jumlah penderita AIDS yang terdeteksi baru 60 orang, tahun 2000 sudah 255 orang. Hingga September 2008, totalnya sudah 14.928 penderita. Gile benerrr!!!

Ironisnya, proporsi kumulatif kasus HIV/AIDS tertinggi dilaporkan pada kelompok usia produktif.  Antara lain, usia 20–29 tahun (53,46 persen), disusul kelompok umur 30–39 tahun (27,9 persen), dan kelompok umur 40–49 tahun (7,69 persen).

Sebagai orang awam, terus apa yg bs kita lakukan? Minimal, sediakan hati dan kepedulian untuk tidak mengucilkan penderita/ODHA (org yg hidup dengan virus HIV/AIDS). Bagaimanapun, mereka adalah saudara-saudara kita. Jgn ciptakan kelompok minoritas baru dlm kehidupan sosial kita, mari … (bijak banget ya, saya ini….halahhh!!!) 


Advertisements

~ by wahyukokkang on December 2, 2008.

One Response to “Clekit Jawa Pos 2 Des 2008”

  1. om wahyu kokkang…smangadh!! saia sukaaa banget sama kartunnya om…bikin ktawa, tapi juga bikin miris…hehehe klo baca jawa pos pasti yang diliat pertama Clekit-na =p
    do ur best!! ^0^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: