Konsultasi Kulit

bidurenKulit Sering Bentol-Bentol

SAYA lelaki 25 tahun. Sejak dulu, setiap kali kedinginan, di kulit selalu timbul bentol-bentol. Biasanya timbul di tangan, kaki, leher, bahkan di daerah mulut. Kadang jumlahnya banyak (seperti biduran). Namun sekarang, tak hanya saat kedinginan dan musim dingin gatal itu kambuh. Bahkan munculnya seperti tidak kenal waktu. Kondisi ini diperparah kalau saya stress, banyak kerjaan, dan cuaca panas. Saya sering minum CTM, memang memberikan dampak, tetapi juga membuat saya mengantuk. Bagaimana menghentikan alergi ini ya dok? Serta obat dan makanan apa yang harus saya hindari?

Roni, Tulungagung

 

Bentol-bentol pada kulit (biduran), istilah medisnya urticaria. Secara klinis, akan tampak peninggian permukaan kulit yang biasanya diiringi rasa gatal. Keadaan ini bisa disebabkan makanan, suhu (panas, dingin), obat-obatan tertentu, gangguan pada gigi (gigi berlubang, akar gigi), keputihan, cacingan/infestasi parasit, infeksi saluran pernapasan (telinga-hidung-tenggorokan) yang tidak diobati secara tuntas, genetik, psikis/stres, dan sebagainya. Cara mengatasi keluhan ini antara lain:

1. Menyingkirkan faktor-faktor pemicu di atas. Misalnya, hindari protein tinggi, seperti ikan, telur, dan ayam bila kita curiga makanan penyebabnya. Akan tetapi, kita tidak boleh sembarangan menduga dan menghindari makanan-makanan tertentu. Karena, belum tentu kita alergi. Salah-salah, tubuh kita malah kurang gizi. Untuk itu, perlu dilakukan skin test atau test alergi guna mengetahui bahan makanan apa yang menyebabkannya.

2. Pengobatan lokal pada kulit bisa diberikan bedak antipruritus (anti gatal). Misalnya, salicyl talk 2 persen.

3. Untuk obat yang diminum, digunakan antihistamin. Ada yang memberikan efek samping mengantuk tetapi ada juga yang tidak. Untuk pemilihan antihistamin yang lebih tepat dan tidak memberikan efek mengantuk, sebaiknya Mas Roni berkonsultasi dengan dokter yang berkompeten. Semoga lekas sembuh.(*)


dr Rahimah SpKK 

SMF Penyakit Kulit & Kelamin RSU Haji Surabaya

~ by wahyukokkang on December 2, 2008.

10 Responses to “Konsultasi Kulit”

  1. Sy Nenk b’umur 17th.Sy mau konsultasi mslah kulit sy.Kulit kki sy dlu pernah gtal2,skarang alhmdlillah sdah smbuh.Tp d’kulit kaki sy itu ada bekas’y,bintik2 htam.Sy pgn bintik2 htam itu hlang.Krna sya ska tdak PD klau pkai clana pndek keluar.Sy pgn kulit kaki sy it brsh.Bgaimana cara menghilangkan bkas yg htam itu agar tdak membekas?Mhon penjelasan’y!
    Trima ksih..

  2. saya pria brumur 17thn, 3 tahun yg lalu waktu saya liat foto saya warna kulit saya kuning sangat cerah, tp 3 tahun belakangan ini saya sering latihan renang dan basket. setelah itu kulit saya sangat gelap.. sangat kontras dengan 3 tahun lalu. apakah bisa kembali seperti semula? apakah pria boleh memakai lulur? apakah ada lulur yg cock dgn pria yg djual di swalayan? mohon bantuannya dok, karena saya sangat tidak pede dengan keadaan kulit saya sekarang

  3. Sy Nenk b’umur 17th.Sy mau konsultasi mslah kulit sy.Kulit kki sy dlu pernah gtal2,skarang alhmdlillah sdah smbuh.Tp d’kulit kaki sy itu ada bekas’y,bintik2 htam.Sy pgn bintik2 htam itu hlang.Krna sya ska tdak PD klau pkai clana pndek keluar.Sy pgn kulit kaki sy it brsh.Bgaimana cara menghilangkan bkas yg htam itu agar tdak membekas?Mhon penjelasan’y! (keluhan saya pada dasarnya sama dengan neng dok, tolong emailkan saya apa solusinya, kalaupun mesti operasi berapa harganya, dimana dan apakah ada efek samping)
    Trima kasih dok..

  4. saya cewek usia 20 thn
    dr kecil kulit sy klo kena panas sdh alergi jd merah dan klo pake kosmetik jd tmbuh jerwt
    sampai usia 20 tahunpun saya tdk berani memakai kosmetik cm pake bedak dan cuci muka (pons) sy sdh sejak SMP memakai pons??
    wlopun wjah sy tdk sering timbul jerwt cm tmbul pd saat haid tp sy ingin bisa make kosmetik yg co2k ??sya rencana mau pake kosmetik dkter?sy sdh coba banyk kosmetik tp gag ad yg cocok
    ap kosmetik dr itu hruz selama_na mmakai kosmetik tersbt ?klo berhenti ap berbhya? mkch

  5. Hai, saya mau ikutan konsultasi klo boleh, beberapa hari yg lalu kaki saya terluka kena gores kayu, sekitar 1,5 cm, sekarang sdh lumayan kering, tetapi gatalnya luar biasa, lalu pagi ini saya kaget krn di sebelah luka tersebut, pori2 persis tempat tumbuh rambut kaki saya bernanah, dan daerah tersebut terasa keras dan kaku. Kira2 masalah apa yg saya hadapi? mohon pencerahan, terima kasih banyak

  6. kulit saya gatal2 dari 2009…timbul tenggelam paling parah di dada dan kedua belah tangan.kadang yg di dada kalau lagi gatal saya garuk sampai lecet baru berhenti…mhn bantuan informasi untuk penanganan masalah kulit saya..

  7. aq usia 20 thn. q mau tanya,dlu aq sering bleaching.stlh itu aq mersa kulitku kusam n mghitam. walpun aq mlakukn perawatn sdrhna mis.x lu2ran rutin. Apkh mmg bleaching i2 benar merubh pigmen dikulitku? bgmna agar kulitku bsa cerah lgi?

    trus, klo mnum supplement pemutih i2 aman g’ sih?
    tlong penjelasanya.trim’s

  8. saya rina umur 19 tahun,saya mau nanya,d daerah wajah bawah mata kq tiba* ada bintik* kecil lmyan bnyak,kra* knpa y ???

  9. Dok sy remaja 20 thun,sy ini mengalami penyakit,yaitu penyakit jerawat d wajah,,jerawat saya ini ad yang besar dan ad yang kecil dgn jumlah yang banyak dan juga bekas jerawat di wajah saya banyak,nah cara untuk mengatasi ini dok gimana??Cara menghilangkan bekasnya juga gimana?Jawab ya dok!!

  10. saya pria umur 24 tahun,saya mngalami gatal2 pada kulit saya,,penyakit ini sdah ad ajak 8 blan yang lalu,rsa gatalya didahului dngan sakit seperti dgi2t semut dulu,kalo digaruk baru muncul bentol.sya sudah berobat kmana2,bahkn kdokter spesialis kulit pun g jg ad perkembngan,,jadi bagaimana solusinya dokter?

Leave a Reply

 
