Clekit Jawa Pos 06 Des 2008

clekit-des0608

BBM Bakal Turun Lagi!

Presiden SBY kemarin (5/12) memberi sinyal akan menurunkan lagi harga premium. Kebijakan itu diambil karena harga minyak mentah dunia baru saja turun menjadi USD 43 per barel. Awal bulan ini, pemerintah baru saja menurunkan harga bensin dari Rp 6.000 menjadi Rp 5.500.

Namun, seiring penurunan premium 1 Desember lalu, antrean panjang terjadi di mana-mana. Semua dilakukan demi memperoleh premium yang tiba-tiba menghilang tidak tentu rimbanya. Berbeda dengan kasus-kasus sebelumnya yang terutama terjadi karena hal teknis, kelangkaan premium kali ini memang disengaja pengusaha SPBU. Gara-garanya, mereka tidak mau menanggung rugi selisih harga kulakan akibat penurunan harga premium mulai 1 Desember lalu. Karena itu, mereka tidak mau menebus premium dari depo-depo Pertamina.

Inilah kelakuan kotor pengusaha yg hanya mau untung melulu. Padahal selama beberapa kali kenaikan BBM, mereka meraup rupiah miliaran. Tapi ketika sekali saja BBM turun dan mereka harus sedikit tekor, tiba-tiba diam dan memilih nggak jualan. Asem tenan!!

Ke depan, harus segera dibuat mekanisme yang jelas antara pemerintah, Pertamina, dan pengusaha SBPU tentang dampak kenaikan dan penurunan harga BBM. Dengan adanya mekanisme baku,  diharapkan tidak ada lagi kelangkaan BBM bila harganya turun.

Tidak adil rasanya kalau mereka tidak mau sedikit berbagi beban kerugian. Jika tetap mengakibatkan BBM langka, mereka perlu diberi sanksi tegas, kalau perlu, izinnya dicabut! Kalau perlu lagi, seluruh rambut di kepalanya dicabut pelan-pelan satu-persatu. Setelah gundul, olesi kepalanya dengan mentega, terus ditaburi wijen. Terakhir, kita jitak bareng-bareng sampe bolong!!


~ by wahyukokkang on December 6, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: