Clekit Jawa Pos 16 Des 2008

BBM Turun Lagi, Yang Lain Tetap Ogah

Pemerintah kembali menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Setelah pada 1 Desember 2008 diturunkan Rp 500 dari Rp 6.000, per 15 Desember 2008 harga BBM diturunkan Rp 500 lagi. Saat ini harga BBM menjadi Rp 5.000. Selain menurunkan harga BBM jenis premium, kali ini pemerintah juga menurunkan harga solar menjadi Rp 4.800.

Bagi masyarakat, penurunan harga BBM cukup melegakan, tetapi belum sampai terlalu menyenangkan. Masalahnya, penurunan harga itu tidak dengan sendirinya diikuti penurunan harga barang dan jasa. Pengusaha angkutan misalnya, jelas-jelas tidak mau menurunkan tarif. Harga barang kebutuhan lainnya saat ini juga tetap saja tinggi.

Ketua DPP Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Murphy Hutagalung mengatakan, turunnya solar tidak lantas membuat pengusaha menurunkan tarif angkutan. ”Dengan kondisi saat ini, sulit untuk menurunkan tarif,” ujarnya.

Padahal kenaikan tarif angkutan beberapa waktu lalu terjadi otomatis ketika BBM naik, namun kini ketika BBM turun, otomatis tadi ternyata nggak berlaku. Sekarang harga suku cadang yang mahal dijadikan alasan mereka untuk tidak menurunkan tarif angkutan. Hebat ya, ternyata di negeri ini budaya “ngeyel” dan “banyak alasan” sudah mendarahdaging di berbagai bidang…

Advertisements

~ by wahyukokkang on December 16, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: