Konsultasi Kandungan

jenggerayamJengger Ayam saat Hamil

Saya ibu 30 tahun dengan satu anak dan sedang hamil 6 bulan. Pada bulan kelima kehamilan, saya mengidap penyakit kelamin “Jengger Ayam”. Oleh dokter kandungan, saya dirujuk ke dokter kulit dan kelamin. Kata dokter, sebenarnya penyakit tersebut bisa langsung dioperasi (cutter). Tapi, karena saya hamil, dokter tidak mau mengambil risiko. Jadi, saya dirujuk ke dokter kandungan lagi. Namun, dokter pun tak berani melakukan tindakan apapun.

Alasannya, takut terjadi kontraksi, apalagi kandungan saya masih berusia 5 bulan. Sampai sekarang, virus tersebut sudah menyebar hingga mulut luar kelamin. Lantaran hal itu, saya pernah mengalami flek selama 3 hari. Dokter saya bilang itu akibat virus. Saya diberi antibiotik. Yang ingin saya tanyakan, apakah penyakit kelamin itu bisa menular dan menyebabkan cacat bayi? Apakah salep (Clinovir Cream Acyclovir 5 persen) bisa membantu mengurangi penyebaran yang terjadi? Kapan baiknya saya dioperasi? Sesudah atau sebelum melahirkan (saya melahirkan dengan caesar)? Sebaiknya di bulan ke berapa? Kenapa virus itu muncul? Apakah suami saya bisa tertular juga? Masih bisakah saya berhubungan intim dengan suami?

Erri, Sidoarjo


Condiloma acuminata adalah penyakit kulit yang bentuknya menyerupai Jengger Ayam. Memang benar, penyakit itu disebabkan virus dan di masukkan ke dalam golongan penyakit kelamin. Sebenarnya, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan condiloma tersebut, jika ukurannya masih kecil bisa diberi obat tetes, yaitu tinctura pedofili.

Cara pemberiannya harus beberapa kali sehingga sedikit demi sedikit akan hilang. Namun, jika ukurannya besar sebaiknya dilakukan couther (pembakaran). Prosedur pembakaran harus dilakukan pembiusan. Karena ibu masih hamil, maka tindakan itu mempunyai risiko terjadinya kontraksi. Namun tentunya, sudah harus diantisipasi untuk menghadapi hal tersebut. Sebab, jika tidak dilakukan sekarang, condiloma-nya semakin membesar dan hal itu akan menyiksa ibu. Karena itu, sebaiknya saat condiloma ditemukan, sudah harus dipikirkan untuk dihilangkan. Baik dengan obat tetes jika kecil dan operasi bila sudah besar. Jika condiloma hilang dan dinyatakan sembuh, maka masih bisa melakukan persalinan pervaginam (normal). Bahkan, beberapa ahli masih ada yang melakukan persalinan pervaginam asal jarak antara pecah ketuban dengan persalinan tidak lebih 6 jam.

Sebenarnya, bahayanya bukan saat kehamilan. Namun, saat proses persalinan. Apalagi persalinan normal dikuatirkan akan menyebabkan penyebaran di mulut bayi dan mempunyai risiko terjadinya papiloma laring. Yaitu sejenis tumor jinak yang tumbuh di saluran pernafasan bagian atas. Bahaya papiloma laring adalah bisa terjadi penyumbatan pada saluran nafas tersebut. Jika sampai terjadi penyumbatan total maka sangat mengancam keselamatan bayi.  Tentang salep antivirus (acyclovir) sepemahaman saya kurang memberikan manfaat pada kasus seperti ibu tersebut. Pada kondisi seperti ibu sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual. Sebab selain bisa menulari suami, juga bisa melukai condiloma-nya. Karena, condiloma sifatnya sangat rapuh. (*)

Dr Budi Santoso SpOG

~ by wahyukokkang on December 26, 2008.

5 Responses to “Konsultasi Kandungan”

  1. Saya wanita usia 24th dan saya mengalami keputihan tidak berbau tetapi kadang2 suka gatal. Saya sudah megalami keputihan ini sejak smp. Dan di bibir vagina saya terdapat seperti biang keringat atau bintik2 kecil. Apakah itu berbahaya dan apakah itu kutil kelamin? dan seperti apa gejala2 kanker servik ? Mohon bantuannya, terima kasih

  2. Buat Mbak Ifa:
    Saya kirim beberapa artikel terkait hal-hal di atas ke email Anda.
    Semoga bisa membantu…

  3. saya wanita usia 20 tahun, belum menikah. saat saya sakit tipes saya berobat ke seorang dokter dan disitu saya mendapat obat untuk tipes dan disuntik entah jenis obat apa. yang jelas setelah disuntik saya mengalami pendarahan banyak lewat vagina saya, darah berwarna merah kehitaman. seminggu sebelum sakit saya haid dan sudah benar-benar bersih. yang ingin saya tanyakan apakah darah itu efek dari suntikan tadi??tolong jelaskan….

  4. saya wanita berumur 20 tahun,sudah dari smp saya mengalami keputihan tapi tidak gatal dan setiap menstruasi,perut dan seluruh tubuh saya terasa kram dan sakit sekali,pernah saya periksakan tp kata dokternya tidak apa-apa,tapi kenapa berlanjutnya kadang sampai hari ke 3 saya menstruasi.kemaren saat saya buang air dari mulut vagina keluar lendir putih bening,kadang cuma kaluar saat saya mentruasi saja,bahayakah itu dok?dan selangkangan kanan saya sering gatal sejak 1 tahun saya memakai pantyliner,apa itu salah satu penyebabnya ya dok?mohon penjelasannya,dan terima kasih.

  5. saya wanta umr 20 tahun…
    saya mngalami kputihan saat saya pertm kali menstruasi
    dan stiap saya brhubungn intim dgn psangn saya saya sllu mngluarkn darah n bauk tak sedap???apkah it berbahaya dok?mkasi

Leave a Reply

 
