Konsultasi Gigi

Gigi Palsu untuk Anak-Anak

Saya mohon penjelasan dok, anak saya laki-laki baru berusia 7 tahun. Gigi susu bagian belakang bawah sebelah kanannya lubang dan sering sekali bengkak. Beberapa bulan yang lalu, gigi yang sering bermasalah tersebut dicabut dokter gigi, dengan alasan gigi susunya sudah rusak parah. Tidak bisa ditambal lagi dan menyebabkan infeksi di rahang di sekitar Gigi tersebut. Setelah dicabut, dokter gigi membuatkan alat, seperti gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dicabut tadi, namun saya tidak mengerti alasannya. Apakah guna gigi palsu tersebut dan apakah gigi palsu tersebut akan selamanya dipakai sampai tua?

Devi, Surabaya


Gigi palsu untuk anak? Mungkin saja mirip, namun bukan gigi palsu. Fungsi alat tersebut bukan seperti fungsi gigi palsu untuk orang dewasa. Yaitu untuk mempertahankan fungsi kunyah dan kecantikan. Alat yang mirip gigi palsu untuk anak biasa dikenal sebagai SPACE MAINTAINER, yaitu alat yang dipasang di antara dua gigi. Fungsinya untuk mempertahankan jarak kedua gigi tersebut. Jarak kedua gigi tersebut harus dipertahankan agar calon gigi yang akan tumbuh di tempat tersebut dapat tumbuh dengan benar. Biasanya, space maintainer dipasang semi permanent, tidak melekat erat, namun juga tidak dapat dilepas dengan mudah.

Gigi manusia tumbuh di dalam suatu lengkung rahang, satu sama lain saling berdampingan dengan rapat, namun tidak berdesakan. Gigi manusia bukan tulang yang tumbuh melekat menjadi satu dengan rahang. Gigi tumbuh dan menempel pada tulang rahang dengan perantaraan jaringan penyangga gigi atau jaringan periodontal. Karena struktur itu, gigi normal dapat bergerak, bergoyang ke kiri dan ke kanan dengan kemiringan tidak lebih dari satu derajat. Walaupun dapat bergerak, Gigi-geligi dapat saling mengunci sehingga secara bersama-sama dapat menahan beban kunyah yang berat sekalipun.

Dalam pertumbuhannya, gigi tumbuh ke arah vertikal. Contoh: gigi bawah tumbuh ke atas, gigi atas tumbuh ke bawah, sampai kedua gigi atas, dan bawah saling bersentuhan. Demikian pula dengan pergerakan ke samping, jika gigi tidak mempunyai sandaran atau Gigi di samping kiri-kanannya yang merapat erat dengan Gigi tersebut, pada saat gigi menerima beban, gigi akan condong ke arah menjauhi beban. Hasilnya, gigi akan miring atau lama-kelamaan bergeser dari tempatnya. Sebagai contoh, jika gigi nomor lima di cabut dan tempatnya kosong, maka saat menerima beban kunyah, gigi nomor enam akan cenderung condong secara permanen ke ruang kosong gigi nomor lima. Akibatnya, gigi yang akan tumbuh menggantikan gigi nomor lima tertutup gigi nomor enam yang miring.

Berikutnya, gigi pengganti akan tumbuh tidak normal. Misalnya miring, berputar, atau gingsul. Kondisi gigi nomor eman yang miring atau berpindah tempat inilah yang dicegah dengan pemasangan space maintainer.

Space maintainer hanya dipasang jika pengganti gigi yang dicabut diperkirakan masih lama waktunya untuk muncul di permukaan gusi. Bentuk space maintainer dirancang sedemikian rupa sehingga tidak akan menghalangi gigi yang akan muncul ke permukaan. Tentu saja space maintainer tidak dipasang selamanya, jika gigi yang akan tumbuh sudah muncul, maka alat ini dapat dilepas. (*)

Drg Darmawan Setijanto MKes

~ by wahyukokkang on January 1, 2009.

7 Responses to “Konsultasi Gigi”

  1. maaf saya mau tanya, apa gigi yang berantakan atau susun bisa dirapihkan lagi agar tidak berantakan ? terimakasih

  2. DAN APA KARANG GIGI BISA DI HILANGKAN?

  3. TOLONG KIRIM PENJELASANNYA KE ALAMAT SAYA NASYA07PUTRI@YAHOO.CO.ID SAYA MOHON SEKALI. TERIMAKASIH BANYAK

  4. Selamat pagi, saya punya gigi gingsul.gigi bagian depan.usia saya 35. Apakah masih bisa dirapikan dengan kawat? Berapa lama? Apa selain kawat bisa di ganti dengan gigi palsu? Mohon penjelasan ke email saya. Terima kasih

  5. saya pnya gigi yg rusak dan kropos,, apa yg hrus sya lakukan

  6. dimana saja tempat utk mengganti gigi yg rusak,,saya malu dengan keadaan gigi saya yg skrg,, tida percaya diri

  7. Dok, mau konsultasi terlebih dahulu :
    Saya Ari, umur 49 tahun, susunan gigi saya tidak rapi alias gingsul, belakangan sering berdarah, apa dengan usia 49 masih memungkinkan susunan gigi dirapikan ? tolong penjeleasannya diemail ke email berikut : ari280896@yahoo.com terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: