Clekit Jawa Pos 08 Jan 2009

Gaza Dibantai, Liga Arab Cuek

Gaza terus digempur membabi buta oleh Israel, sudah belasan hari tanpa henti, 600 lebih nyawa melayang. Namun demikian, meski satu rumpun dan satu ras bangsa yang bernama Arab, tapi para pemimpin Liga Arab nggak ada pedulinya. (Liga Arab = negara-negara Arab, bukan liga sepakbola negara-negara brewok itu). Di saat demonstrasi dan kecaman mengalir dari seluruh penjuru dunia, para pimpinan Liga Arab seolah bisu dan tuli. Mengapa?

Menurut terawang saya (yek, mentang-mentang penggemar rok nerawang), mereka nggak mau ikut campur karena beberapa hal:

1. Negara-negara Arab tersebut sebagian besar memang antek Amerika dengan segala kepentingan yg saling menguntungkan diantara mereka. Hanya Libya dan Iran yg terang-terangan berani memusuhi AS.

2. Negara-negara Arab yang makmur (Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Bahrain) tidak mau mempertaruhkan kemakmurannya dengan ikut-ikutan berperang dengan Israel.

3. Negara-negara Timur Tengah sangat tergantung banget dg negara-negara maju (barat/AS). Dengan ikut berperang melawan Israel, selain akan mengganggu stabilitas di Timur Tengah, kemungkinan negara-negara Arab tersebut juga akan “dimusuhi” oleh negara-negara maju terutama Amerika Serikat, sesuatu yang sangat tidak diingini oleh negara-negara Arab tersebut.

4. Negara-negara Arab itu senang dan berterimakasih banget sama Israel karena dengan konflik ini harga minyak  yang terus-terusan terjun bebas kemarin jadi “naik dikit” . Seperti kita tahu, yg mereka punya ya cuma minyak doang, tentu mereka nggak ingin harga minyak jadi murah!

5. Dan hal-hal yg lain, yg nggak bisa saya sebut semua, ntar malah dikira ndongeng. Halahh!!

Advertisements

~ by wahyukokkang on January 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: