Konsultasi Seks

Rambut Kemaluan; antara Erotika, Estetika, dan Dinamika

Saya laki-laki berumur 33 tahun. Saya sering mencukur bulu-bulu di bagian dekat penis dan sekitar buah zakar supaya terlihat bersih dan rapi. Yang ingin saya tanyakan, apakah ada efeknya? Apakah memengaruhi kualitas sperma? Apakah bisa mengakibatkan kemandulan? Terima kasih untuk waktu dan jawaban Pak Dokter.

Ricky K., Surabaya


Model serta tebal tipis rambut kemaluan tiap orang diketahui beragam. Tetapi, hampir semua rambut kemaluan berbentuk keriting. Tampilan rambut keriting secara fungsional memberikan keuntungan dalam pengendalian suhu dari jaringan/organ di daerah bulu-bulu tersebut. Analoginya, seperti berteduh di bawah pohon yang rindang, lebih dingin/sejuk.

Testis adalah organ pria yang sangat vital. Sebab, ia berfungsi sebagai penghasil sel benih (spermatozoa) dan hormon testosteron. Hormon testosteron menentukan tanda seks primer, yaitu pertumbuhan penis dan testis. Juga, menentukan tanda seks sekunder, yaitu pertumbuhan rambut, bulu-bulu tubuh, volume suara, dan tampilan otot.

Komponen penghasil hormon testosteron dan spermatozoa di dalam testis memerlukan suhu yang stabil (sekitar 35 derajat Celsius) untuk bisa berfungsi secara optimal. Rambut kemaluan ikut berperan dalam pengaturan suhu tersebut. Dalam penataan rambut kemaluan, selain faktor estetika, sebaiknya juga perlu diperhatikan aspek erotika dan dinamika fungsinya. Menata rambut kemaluan agar menjadi tampak rapi, secara estetika, akan lebih baik. Bahkan, beberapa orang membentuknya dengan berbagai model yang disukai, contohnya Brazilian style.

Namun, aspek erotika juga perlu mendapat perhatian. Bagi diri sendiri, (penataan rambut kemaluan) bisa menjadikan lebih percaya diri, tetapi bagaimana dilihat dari aspek pasangan? Ekstremnya, jika daerah kemaluan bersih tanpa rambut/gundul sama sekali, hal ini umumnya akan memengaruhi kualitas gairah pasangan. Kecuali, pasangan memang suka yang plontos, perlu dihargai juga.

Untuk yang belum menikah, pertimbangan faktor pasangan sementara bisa diabaikan. Yang perlu diperhatikan ialah cara merapikan rambut/bulu-bulu tersebut. Upayakan agar tidak mudah terjadi lecet/luka akibat penggunaan alat potong rambut ataupun pisau cukur yang kurang tepat. Jika daerah kantong zakar mengalami infeksi, perubahan suhu akibat infeksi akan mengganggu kualitas sperma.

Hanya, masalah pencukuran rambut kemaluan dan pengaruhnya terhadap gangguan kualitas sperma tak terlalu ekstrem sampai mengakibatkan kemandulan. Sampai saat ini, ada dua faktor yang mengakibatkan gangguan sperma. Yakni, masalah varikokel dan infeksi di daerah organ kelamin. (*)

Dr dr Hudi Winarso SpAnd Mkes

Advertisements

~ by wahyukokkang on January 11, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: