Konsultasi Gizi

Ingin Jaga Stamina

Ibu Eko, saya pria umur 32 tahun, TB 170 cm sentimeter dan BB 65 kilogram. Saya karyawan swasta yang sering lembur dan pulang malam. Pekerjaan saya menuntut konsentrasi penuh. Unutk itu saya selalu merokok yang menurut saya dapat membantu konsentrasi. Pekerjaan saya juga membutuhkan stamina yang bagus. Makanan apa saja yang dapat membantu mempertahankan stamina?

Doni S., Surabaya


Mas Doni, meski tahu bahaya merokok, banyak orang yang tidak mengurangi atau meninggalkan rokok. Mereka sudah kecanduan. Biasanya pula, para perokok itu tidak menyukai buah atau sayuran. Justru mereka menggandengkan dengan kafein (minum kopi) yang tingkat bahayanya untuk kesehatan tidak jauh berbeda. Padahal, semakin banyak mengonsumsi buah dan sayur, makin besar pula peluang perokok terhindar dari tiga penyakit besar. Yaitu kanker, jantung, dan stroke.

Ada beberapa alasan kenapa buah dan sayur sangat berguna bagi perokok. Antara lain, mengandung antioksidan dan fitonutrien, komponen yang terdapat dalam tumbuhan. Bahan tersebut sangat bermanfaat mencegah dan mengobati penyakit. Antioksidan dari aliran darah masuk ke paru-paru untuk menetralkan kerusakan karena radikal bebas. Termasuk dari asap rokok.

Antioksidan melindungi saluran udara dari serangan bahan kimia yang berbahaya. Beberapa bahan antioksidan yang bermanfaat menurunkan risiko kanker adalah betakaroten, vitamin C, E, serta selenium.

Betakaroten terdapat dalam sayuran dan buah-buahan berwarna kuning oranye. Diantaranya wortel dan labu kuning. Vitamin C banyak terdapat dalam buah dan sayuran segar. Vitamin E berfungsi menetralkan radikal bebas. Bahan ini banyak ditemui dalam gandum dan kacang-kacangan kering.

Selenium juga berfungsi menetralkan radikal bebas. Bahan tersebut kaya dalam ikan, daging, susu, kuning telur, bawang putih, buah, dan sayuran lain. Selain mengkonsumsi makanan tersebut, minum air putih minimal 12 gelas per hari, istirahat yang cukup, serta olahraga rutin. Langkah paling bijaksana adalah mengurangi risiko kanker atau penyakit lain yang disebabkan oleh rokok. (*)


Eko Dwi Martini DCN

Ahli Gizi RSU Dr Soetomo Surabaya

~ by wahyukokkang on January 20, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: