Clekit Jawa Pos 29 Jan 2009

Biar Saja MUI Berfatwa…

Fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan rokok dan masalah golput menarik perhatian masyarakat. Sederhana saja, rokok dan golput menyangkut nasib jutaan orang. Apalagi, masalah rokok juga menyangkut periuk nasi sekaligus kesehatan jutaan orang.

Fatwa MUI yang mengharamkan rokok misalnya, terus menuai protes. Di sisi lain, jika rokok itu diharamkan maka kehidupan masyarakat Indonesia yang makan atau memanfaatkan bea cukai rokok berarti juga haram. Banyak masyarakat petani yg menanam tembakau atau cengkeh untuk dijual ke pabrik rokok. Banyak diantara mereka yg berpenghasilan tinggi dari usaha tersebut kemudian naik haji. Apakah hajinya juga tidak afdol karena dibiayai dengan “uang rokok” tadi? Atau mereka jutaan orang pekerja/buruh pabrik rokok, apakah rejeki yang mereka dapatkan dari pabrik rokok juga mengandung keharaman? Atau dalam skala besar, apakah negara kita juga negara setengah haram, karena sebagian uang negara didapat dari pajak cukai rokok?

Ah, biar saja MUI berfatwa, termasuk soal golput. Toh nantinya akan habis menguap bagai asap rokok yg mereka haramkan. Toh dalam praktek di masyarakat akan terbukti, kira-kira dengan fatwa tersebut, akankan jumlah perokok dan jumlah penggolput menurun secara signifikan? Kalau iya, syukurlah. Tapi kalau tidak, berarti fatwa haram tersebut ternyata malah jadi pemicu bertambahnya jumlah perokok dan penggolput kita. Seperti yg kita tahu, bukankah bangsa kita memang “menggemari” sesuatu yg berbau haram atau setengah haram begini? Lihat saja bagaimana hal-hal haram macam korupsi, beli kursi, beli nilai, pungli, ijazah palsu, surat nikah palsu, uang palsu, janji palsu (oleh para capres/wakil rakyat saat kampanye), dll terus berlangsung dengan damainya…

~ by wahyukokkang on January 29, 2009.

2 Responses to “Clekit Jawa Pos 29 Jan 2009”

  1. He he he, padahal saya perokok merangkap golput…

  2. wah wah ….. berarti bangsa ini memag haram kalo gtuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: