Konsultasi Kesehatan

Bau Badan Mengganggu Remaja

Saya remaja berusia 16 tahun. Saya merasa keringat yang keluar agak berlebihan. Tentu saja hal itu tak mengenakkan. Sebab, keringat yang keluar disertai bau badan. Saya sudah pakai deodoran. Hasilnya, bau badan tak lagi muncul. Namun, katanya, ada makanan khusus seperti daun kemangi untuk mengurangi bau badan. Benarkah, Bu?
Atau, ada makanan dan minuman lain yang bisa mengurangi bau badan?

Nancy, Somewhere


Cantik itu pilihan. Nah, dengan perawatan yang intensif, cantik bukan sekadar impian. Wanita seakan tak pernah lepas dengan perawatan, mulai ujung kaki sampai ujung rambut. Cantik tak hanya dilihat dari penampilan, tetapi juga pengaruh dari dalam. Di antaranya, bau mulut dan bau badan.

Tubuh kita sangat berpengaruh terhadap bau badan yang berasal dari keringat. Kelenjar keringat yang terkontaminasi bakteri bisa mengeluarkan bau mengganggu.
Secara alamiah, tubuh wanita memproduksi hormon estrogen, progesteron, dan sedikit androgen. Estrogen memengaruhi lemak di bawah kulit sehingga membentuk tubuh wanita dan pertumbuhan rambut di ketiak dan pubis. Ia turut memproduksi pigmen kulit dan memengaruhi sirkulasi darah. Androgen memengaruhi pertumbuhan rambut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah atau mengurangi timbulnya bau badan. Di antaranya, memakai pakaian bersih, mandi minimal dua kali sehari, dan makan dengan menu seimbang. Juga, konsumsi sayur dan buah yang cukup. Jangan lupa mengonsumsi air putih minimal delapan gelas/hari.

Memang, ada beberapa bahan makanan yang kaya antibakteri. Artinya, bisa menghambat pertumbuhan bakteri sehingga mengurangi produksi keringat dari dalam tubuh. Di antaranya, kayu manis yang mengandung minyak esensial. Bahan itu bersifat antiseptik serta antioksidan. Daun beluntas kaya asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin). Bahan itu antibakteri yang mampu menghilangkan bau badan dan tinggi antioksidan. Kapulaga, daun kemangi, kencur, dan kunyit mengandung minyak atsiri yang bekerja untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan. Pada daun sirih terdapat zat aktif betlefenol diatase yang mampu membunuh kuman dan jamur sehingga berpotensi menghalau bau badan.

Bahan tersebut bisa dikonsumsi sendiri-sendiri atau diramu menjadi jamu. Contoh variasi minuman yang membuat badan segar dan mengurangi bau badan, antara lain, rebusan kunyit, asam, beluntas, dan daun sirih. Atau, teh bercampur kayu manis, kapulaga, serta jeruk nipis. Dalam bentuk makanan, urap/botok/lalap/pepes daun beluntas.

Bila ternyata cara itu tidak berhasil, hubungi dokter kulit setempat. (*)


Eko Dwi Martini DCN

Ahli Gizi RSU dr Soetomo

~ by wahyukokkang on February 11, 2009.

One Response to “Konsultasi Kesehatan”

  1. salam kenal, terima kasih infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: