Clekit Jawa Pos 12 Feb 2009

Praktik Dukun Cilik Tutup

Berakhir sudah praktik pengobatan oleh dukun cilik Ponari. Jatuhnya empat korban tewas akibat tidak terkendalinya antrean warga membuat pemerintah daerah, kepolisian setempat, dan keluarga sepakat menutup tempat praktik pengobatan Ponari di Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Senin kemarin (10/2).

Namun penutupan ini tidak menyelesaikan masalah. Ribuan pengunjung masih keras kepala mendatangi kediaman dukun cilik itu. Ini membuat repot petugas keamanan dari Polres Jombang. Poster pengumuman penutupan praktik yang dipasang di beberapa sudut jalan seakan dianggap tidak ada oleh pengunjung dari berbagai kota di Jawa itu. Sambil membawa gelas plastik, mangkuk, hingga ember, mereka tetap menunggu. Dengan harapan, panitia kembali membuka praktik pengobatan alternatif tidak lazim itu.

Inilah masyarakat kita, begitu mudahnya mempercayai sesuatu yg belum jelas ujung pangkalnya. Kesembuhan yg mereka harap masih belum tentu, tapi kematian yg diakibatkan sudah pasti terjadi, hingga kini 4 korban jiwa melayang. Tapi yang jelas, bukan salah masyarakat kalau mereka berobat ke Ponari, ini semua karena ketidakbecusan pemerintah menyediakan pelayanan kesehatan yg mudah dan murah utk rakyatnya…

~ by wahyukokkang on February 12, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: