Konsultasi Gigi

Amankah Pakai Gigi Palsu Lepasan?

Saya seorang karyawan swasta, usia 25 tahun. Ibu saya pernah disarankan dokter gigi untuk memakai gigi palsu lepasan. Saya ingin tahu apakah gigi palsu lepasan itu? Apakah penggunaannya aman untuk ibu saya? Apakah ada risiko gigi palsu itu lepas dan tertelan penggunanya? Terima kasih, Dok.

Someone, Somewhere


Gigi palsu atau gigi lepasan adalah salah satu jenis gigi tiruan. Gigi tiruan itu bisa dilepas dan dipasang sendiri oleh pasien. Gigi palsu tersebut dirancang agar bisa menempel erat, tepat, dan rapi di dalam mulut. Ia bisa berfungsi sebagai alat pengunyah, bicara, dan mempercantik diri seperti gigi asli. Namun, gigi palsu itu juga harus mudah dilepas dan dipasang kembali tanpa bantuan dokter gigi.

Karena itu, syarat utama gigi tiruan adalah sebagian lepasan harus dirancang dengan tepat sesuai fungsinya. Tentu, harus memperhatikan kesehatan rongga mulut serta kesehatan tubuh pada umumnya. Gigi tiruan yang dirancang sembarangan akan mngganggu fungsi mengunyah, bicara, kecantikan, bahkan rawan membahayakan pemakainya. Di antaranya, tertelan dan alergi.

Gigi palsu yang dirancang dengan pertimbangan para ahli gigi palsu (prosthodontist) yang cermat tak akan mengakibatkan alergi, kerusakan jaringan gusi, serta tidak gampang lepas. Meski, si pemakai sedang bersin, tertawa lebar, atau sedang tersedak sekalipun.

Jika rancangan gigi palsu dan konstruksinya sudah benar, ada beberapa faktor pemicu gigi tiruan lepasan tertelan. Di antaranya, gigi palsu retak, pecah sebagian, atau berubah bentuk karena pemeliharaan kurang baik. Pemeliharaan gigi tiruan yang kurang tepat juga memberi efek perubahan bentuk fisik dan kekenyalan gigi tiruan. Kestabilan gigi palsu berkurang dan membuat luka pada jaringan atau gusi yang menyangganya. Sebaiknya gigi tiruan dilepas pada saat tidur dan direndam air bersih dalam tempat khusus (gelas). Atau, direndam obat pembersih gigi tiruan yang banyak dijual di toko peralatan gigi.

Sebelum direndam, sebaiknya gigi tiruan dicuci dengan sabun mandi (bukan pasta gigi). Sebab, pasta gigi biasanya mengandung kristal batu apung yang menggores gigi tiruan. Jika tergores, gigi tiruan jadi kasar, tidak mengilap, dan ditempeli zat warna makanan. Akibatnya, tampilan gigi tiruan menjadi kusam dan jelek. Selain itu, gigi tiruan berubah bentuk (terkikis bagian tepinya) sehingga tidak bisa menempel dengan erat pada gigi pemegangnya. (*)


drg Anneke Y. Oetomo SpKG

Klinik Kecantikan Gigi D-Arts

~ by wahyukokkang on February 19, 2009.

One Response to “Konsultasi Gigi”

  1. cairan pembersih gigi palsu disebut apa ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: