Konsultasi Syaraf

Nyeri Sembuh, Ganti Kesemutan

Dokter, saya penasaran dengan sakit yang saya derita ini. Kira-kira dua tahun lalu, pinggang saya pernah nyeri. Penyebabnya saya  mengangkat  kantong. Setelah saya bawa ke tukang pijat dan minum jamu, akhirnya saya sembuh. Tapi kenapa telapak kaki kiri jadi kesemutan terus? Apakah ada hubungan dengan peristiwa saya jatuh itu? Mohon penjelasan. Terima kasih ya dok.

Sirojul Munir, sirojulmunir27@yahoo.co.id

Bapak Sirojul yang terhormat, tulang punggung atau tulang belakang kita yang mempunyai fungsi salah satu fungsi adalah mengangkat badan pada posisi berdiri maupun bangun ini,  berjumlah 33 buah ruas tulang. Tulang punggung ini selalu saling berikatan antara tulang di atas serta di bawahnya bagaikan sebuah rantai. Besar tulang-tulang ini semakin ke bawah semakin besar. Dengan bentuk anatomi seperti ini, ruas tulang yang paling bawah akan mendapatkan beban trauma terbesar. Hal ini sering mengakibatkan terjadinya nyeri punggung bawah dibandingkan punggung bagian atas. Sedangkan penghubung secara langsung antara ruas-ruas tulang belakang merupakan suatu sendi palsu yaitu discus vertebralis/bantalan tulang belakang. Bantalan ini berjumlah 23 buah  dan berbentuk lempengan bundar serta di bagian tengahnya terdapat nucleus pulposus yang berbentuk bulat, kenyal dan lentur. Nucleus yang berfungsi meredam gaya berat badan yang melewati ruas-ruas tulang belakang. Selain itu antar ruas-ruas tulang juga dikat oleh beberapa ligamen yang berfungsi memperkuat ikatan antar tulang serta stabilitas. Luas gerak sendi tulang punggung bagian bawah bila dalam keadaan membungkuk maksimal adalah 80 derajat, bila lebih dari itu maka sendi panggul ikut membantu memperbesar sudut. Pada gerakan membungkuk lebih dari 80 derajat akan terjadi over stretching/tertariknya secara berlebihan dari otot-otot punggung serta pengikat antar tulang/ligament.

Mengangkat benda/barang secara langsung dengan posisi membungkuk, apalagi melebihi dari 80 derajat akan mengakibatkan trauma pada otot-otot punggung bawah serta ligament yang akan mengakibatkan nyeri punggung bawah. Hal ini dikarenakan over stretching otot-otot punggung, ligament serta ketidakmenguntungkannya posisi otot-otot punggung saat kontraksi. Sakit yang bapak derita kemungkinan sprain/trauma ligament atau strain/trauma otot. Bila dilakukan terapi secara tepat, trauma otot akan membaik dalam 1 minggu, sedangkan trauma ligament akan membaik antara 2-3 minggu.

Kesemutan bisa disebabkan gangguan saraf, pembuluh darah, otot serta metabolisme. Untuk mengetahui secara jelas perlu dilakukan pemeriksaan fisik serta penunjang. 95 % nyeri punggung disebabkan karena mekanik / otot, sedangkan 5% adalah bukan mekanik ( gangguan pada medulla spinalis/sumsum tulang belakang, akar saraf, tumor dll ).

Terjepitnya akar saraf bisa diakibatkan mengangkat benda posisi membungkuk, gejala yang tampak adalah nyeri yang menjalar punggung sampai ke ujung ibu jari (bukan hanya sampai di atas lutut ), lebih sering terjadi pada salah satu kaki, ada rasa tebal pada bagian-bagian paha sampai jari, ada kelemahan otot-otot kaki, mati rasa pada bagian kulit kaki. Bila tampak hal ini bapak perlu memeriksa pada rumah sakit terdekat. Semoga membantu. (*)


dr Indra Tjahjono • Spesialis Rehab Medik

~ by wahyukokkang on March 19, 2009.

4 Responses to “Konsultasi Syaraf”

  1. Waduh,beret nich untuk mas munir!
    Nah,klo istrinya beratnya 80kg piye mas?pas jatuh ga bisa mbntu donk….hehehehe…
    masalah kaki yang kesemutan,mending diobati pake minyak semut aj mas…kalo diobati minyak tawon atau minyak gajah ntar malah jadi rksasa Low….wkikikikik…..

  2. dokter saya mempunyai riwayat,dulu waktu di usiaku 8 thn pernah mengalami kecelakaan,jadi saya ini tertabrak mobil,dan kepala saya di operasi,pasca dioperasi pernah merasa pusing-pusing,tapi sekarang ga lagi,tapi untuk berpikir sulit sekali sering sekali mengalami dihidrasi lemas,jadi daya kreatifitas saya ga ada kenapa ini dok terima kasih

  3. tambahan usia saya sekarang 30 tahun

  4. dok sy seorang wanita usia 19 thn. sktar setahun lalu sy pernah jatuh dr mtor, kuku jempol sbelah kiri sy copot n pinggang sy memar. nah sekarang ni sudah 3 bulan kaki sy sering nyeri bgt hingga terasa smpai k pantat pokok ny seluruh bagian kaki smpai pantat sbelah kiri terasa nyeri n sakit skali pa lg habis bangun tdur atau banggun dr duduk makin nyeri, kira2 knp ya dok ? sudah 1 bulan ni sy menjalani pijat khusus syaraf kira2 bhaya gk dok untuk k dpan nya ? dan gimana cara menyembuhkanya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: