Clekit Jawa Pos 04 April 2009

Regulasi Baru Finansial

Konferensi tingkat tinggi (KTT) kelompok negara maju dan berkembang G-20 di London, Inggris, berakhir dengan happy ending. Dua kubu yang sebelumnya  bertentangan –kubu Prancis dan Jerman versus AS dan Inggris– telah mencapai kompromi. Mereka menghasilkan kesepakatan untuk menghentikan krisis finansial yang semakin dalam.

Intinya, pemimpin 20 negara maju dan berkembang yang mewakili 85 persen kekuatan ekonomi dunia itu setuju mengatasi krisis dengan mengucurkan dana senilai USD 1 triliun (sekitar Rp 11.500 triliun). Dari kesepakatan itu, Dana Moneter Internasional (IMF) mendapat dana terbesar, USD 750 miliar.

Dana itu bakal digunakan untuk menolong negara-negara yang menghadapi pelarian modal. Selain IMF, Bank Dunia diperkirakan juga mendapat dana ekstra. Forum G-20 juga sepakat menyediakan dana USD 250 miliar untuk mendorong perdagangan global. Agar krisis tidak terulang di masa mendatang, pengucuran dana itu bakal diikuti regulasi yang lebih tegas.

~ by wahyukokkang on April 4, 2009.

4 Responses to “Clekit Jawa Pos 04 April 2009”

  1. wah kalo karikatur yg ini aku ga ngerti maksudnya…

  2. Maksudnya itu,kalo punya otak yang pas2an jangan terjun di dunia politik dech….!Ntar semua bulunya rontok kebanyakan mikir….
    hehehehe….
    Kalo ada hasil untuk banyak masyarakat sich ga msalah….pasti banyak yang mendukung.

    He….Bener ga maz argumenku tentang karikatur di atas???
    Maaf maz kokkang kalo ga nyambung!!!

  3. Maaf, kok gak nyambung semua ya?

    Karikatur nggak selalu menyoroti masalah politik, tp semua hal yg perlu diangkat, misalnya masalah ekonomi, sosial, budaya, olahraga dan lain-lain.
    Dlm gbr di atas saya cm mau mengingatkan, bahwa kesepakatan KTT negara2 G-20 hrs dilaksanakan bersama scr sungguh-sungguh, agar kita bs keluar dr krisis global yg setiap saat siap “menelan” negara2 di dunia ke dalam sangkar keterpurukan. Begitu ceritanya sodara-sodara…

  4. Oooo….aLah!
    Gthu to critanya….Thank u maz,dah diingetin!
    Tapi mz,yang jadi masalah….apa mereka mau melakukan bersama2 supaya negara kita terhindar dari krisis global????
    Paling mereka cuma bisa nambah utang negara maz,kayak yang dulu2….
    Huff….capek dech….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: