Konsultasi Lansia

Sendi Lutut Kanan Makin Kaku

Saya pria berusia sekitar 75 tahun, pensiunan pegawai negeri beberapa tahun yang lalu. Saya sekarang merasakan nyeri pada lutut kanan dan bertambah nyeri bila saya pakai untuk berjalan. Memang saya dulu menderita obesitas, namun akhir-akhir ini berat tubuh saya sudah berkurang. Dulu sewaktu baru pensiun, sekitar umur 56 tahun, saya merasakan kaku lutut kanan, terutama pagi. Lama kelamaan, lutut kanan saya terasa kaku dan akhirnya tidak bisa dilipat, sehingga saya sukar menjalankan salat.
Kata dokter, saya menderita osteoarthritis. Penyakit apa itu? Apa bisa dicegah? Bila telah terasa nyeri seperti ini bagaimana pengobatannya?

Suryo Suparjo, Lawang


Osteoarthritis adalah penyakit pada sendi yang berlangsung menahun. Hal ini terjadi karena kerusakan (destruction) tulang lunak (cartilage) pada persendian. Karena ada kerusakan pada tulang lunak (yang seharusnya sendi dapat digerakkan secara ’halus’ dan terkontrol tanpa menimbulkan nyeri), membuat sendi tidak dapat digerakkan secara ’halus’ (smooth). Dampaknya, timbul perubahan atau gangguan sendi berupa nyeri, pembengkakan, keterbatasan pergerakan, disertai perubahan bentuk dan ukuran sendi. Kerusakan pada cartilage tersebut umumnya karena penggunaan sendi yang berlebihan (overuse). Akhirnya dapat berakibat peradangan (inflammation) yang bersifat asimetris. Hal ini menimbulkan rasa nyeri pada sendi. Terutama, bila sendi digerakkan. Osteoarthritis sering menyerang beberapa sendi. Seperti, sendi pada ujung jari, termasuk sendi ibu jari, lutut, panggul, tumit, dan sendi tulang belakang (vertebra). Yang paling jarang diserang adalah sendi siku, pergelangan tangan, serta tumit. Adapun faktor risiko yang mendasari terjadinya osteoarthritis adalah obesitas (kegemukan), proses penuaan, jenis kelamin wanita, berkulit putih, hingga kelompok yang sering mengalami cedera berulang (terutama atlet).

Gejala pada osteoarthritis ini, awalnya memang kekakuan pada sendi yang diserang. Terutama, pagi atau bila hawa terasa dingin. Bila dibiarkan, lama kelamaan pergerakan sendi akan mengalami gangguan. Ujung-ujungnya, sendi menjadi kaku dan tidak bisa dilipat atau ditekuk. Nah, serangan pada lutut membuat penderita tidak dapat beribadah salat. Persendian lama kelamaan akan bengkak dan mengalami perubahan bentuk. Tak hanya itu, timbul nyeri pada sendi, terutama bila digerakkan.

Osteoarthritis ini penyebab pasti sampai sekarang tidak diketahui. Pencegahan dengan mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi, berimbang, dan aman untuk tubuh. Titik berat dalam mengonsumsi makanan adalah pada kuantitas (jumlah). Yaitu, menjaga agar jangan berlebihan, sehingga tidak timbul obesitas atau kegemukan. Selain itu, perlu menjaga agar sendi tubuh tidak digunakan secara berlebihan (olahraga angkat besi atau angkat berat yang berlebihan), dan kurangi cedera sendi seoptimal mungkin. Untuk penyembuhan atau mencegah agar keluhan akibat osteoarthritis tidak makin parah, dapat ditempuh melalui beberapa cara. Hal ini bergantung berat ringannya osteoarthritis.

Untuk bidang pengobatan gizi dapat dilakukan dengan mengonsumsi bahan antioksidan. Seperti, vitamin C, vitamin E, beta karoten, atau selenium. Selain itu, dicoba mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin D, glukosamin, serta chondroitin sulfat. Untuk ini, memang perlu konsultasi dengan dokter terdekat.
Bila keluhan akibat osteoarthritis menjadi lebih berat, perlu dilakukan pemberian obat (medical management) sampai tindakan operasi (surgery). Anda perlu membatasi pergerakan sendi yang menderita osteoarthritis. (*)


Prof Bambang Wirjatmadi MD MS MCN PhD

Spesialis Gizi

Advertisements

~ by wahyukokkang on April 4, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: