Konsultasi Gigi

Gigi Miring DIcabut Tanpa Operasi?

Saya mahasiswa usia 25 tahun, akhir-akhir ini saya sangat terganggu dengan gigi bungsu saya. Gigi saya sering sakit, kadang-kadang sampai gusinya bengkak dan sulit menelan, namun ketika telah beberapa hari rasa sakit ini hilang dengan sendirinya. Rasa sakit ini sudah kambuh lebih dari 2 kali. Saat ini saya sedang mengalami sakit yang luar biasa, saya sudah ke dokter gigi, diberi obat untuk meredakan keradangan dan disarankan untuk segera mencabutkan gigi bungsu saya dengan cara operasi kecil. Mendengar kata operasi saja nyali saya sudah ciut. Apakah saya dalam kondisi sadar pada saat dioperasi? Haruskah saya menginap di rumah sakit untuk beberapa hari?

Steven, Surabaya

Anda tidak sendiri, di dunia ini sekitar 4 dari 10 penduduk dewasa mengalami keluhan seperti ini, sebab gigi bungsu akan tumbuh pada sekitar usia 18-30 tahun. Kasus ini biasanya didiagnosa sebagai pericoronitis oleh karena gigi tumbuh tidak sempurna (impacted tooth) yang diakibatkan oleh kekurangan tempat. Masalah akan terjadi apabila posisi dan arah pertumbuhan gigi tersebut tidak sempurna, misalnya : miring (condong ke depan, samping atau bahkan belakang). Jika gigi dengan arah dan posisi tidak sempurna tersebut sempat membelah gusi maka akan menyebabkan celah yang memungkinkan kotoran, kuman dan sisa makanan terperangkap di dalamnya. Kotoran, kuman ataupun sisa makanan yang terperangkap ini sangat sukar dibersihkan dan kotoran ini akan membusuk. Akibatnya, gusi akan mulai beradang oleh karena kotoran tersebut. Saat inilah gejala nyeri hebat mulai muncul.

Apabila keradangan sebagai akibat dari terperangkapnya sisa makanan dan kuman tidak “diatasi”, gejala nyeri hebat akan disertai dengan sakit kepala yang hebat dan bahkan pembengkaan gusi akan terjadi. Sampai saat ini masalah ini belum dapat dicegah, karena kondisi ini adalah sebuah proses pertumbuhan yang normal, namun sayangnya posisi dan arah gigi yang akan tumbuh tidak normal. Penyakit atau masalah ini juga tidak dapat sembuh sendiri dan hampir tidak mungkin dapat diatasi dengan pengobatan sendiri di rumah. Jika posisi kemiringan gigi bungsu ringan maka dapat dicabut dengan sedikit modifikasi proses, namun jika posisi kemiringannya mendekati horisontal, maka perlu dilakukan operasi kecil.

Seandainya harus dilakukan operasi kecil, maka prosedurnya tidak rumit, waktu pelaksanaannya hanya ½ hingga 1 jam saja dan anda tidak perlu menginap di rumah sakit. Jika operasi hanya diperlukan untuk mengambil 1 gigi yang miring, anda akan tetap sadar pada saat proses operasi, oleh karena anestesi (pati rasa) yang diberikan hanya bersifat lokal, namun jika akan dilakukan pengambilan 4 gigi bungsu sekaligus (operasi besar), maka perlu dilakukan anestesi umum (anda dibius) dan perlu istirahat di rumah sakit untuk persiapan dan pemulihan. Pasca operasi kecil tidak memerlukan perawatan khusus, hanya perlu perhatian yang agak banyak pada pembersihan luka bekas operasi dan pola makan yang harus diatur. Sesaat setelah operasi kecil, anda dapat beraktifitas seperti biasa, kecuali mengunyah makanan agak terganggu. Sebaiknya anda tidak perlu takut, saat ini teknologi maupun keterampilan dokter gigi telah memadai.


drg. Darmawan Setijanto.

Klinik Kecantikan Gidi D-Arts

~ by wahyukokkang on April 13, 2009.

3 Responses to “Konsultasi Gigi”

  1. Saya yakin,kalo mas steven operasi kecil dan yang menangani itu dokter muda yang cantik pasti….mau,mau,mau….!hwakakakakak….pasti juga sakitnya ga terasa soalnya disaat mas steven kesakitan bisa memeluk dokter muda itu,kan ga pake bius….!hehehehehehe….
    MAU,MAU,MAU……

  2. saya ingin bertanya knpa gusi saya berdarah setiap habis tidur?tolong dijawab yah dok

  3. apa mungkin gigi bungsu tumbuh di tengah tidak tumbuh di posisi gusi belakang?

Leave a Reply

 
