Konsultasi Seks

Gatal setelah Berhubungan Intim

Dokter, saya seorang suami berusia 56 tahun, gemuk. Istri saya berusia 48 tahun, juga gemuk. Istri sudah lima tahun mengidap kencing manis. Hubungan seks kami masih sehat dan normal. Satu hal yang merisaukan, istri saya selalu gatal setelah berhubungan. Mengapa begitu, Dok?

Terus terang kami takut memeriksakan diri ke dokter. Kata seorang kerabat, mungkin gatal itu disebabkan penyakit kotor. Padahal, saya tidak pernah kena penyakit kotor. Lalu, kenapa bisa begitu, Dok? Mohon penjelasan.

Dodo, Surabaya


Ada hubungan saling terkait antara kegemukan, kencing manis, dan gatal di daerah kemaluan. Kegemukan memu dahkan seseorang menderita kencing manis, terutama jika sudah ada kecen derungan “sakit gula” (ada bakat kencing manis). Wanita yang menderita kencing manis lebih sering mengalami gangguan gatal di daerah kemaluan karena pertumbuhan jamur. Infeksi jamur itu menyebabkan gatal di daerah organ intim, yang umumnya lembap.

Berat ringan gangguan gatal akibat infeksi jamur di organ intim tersebut terkait dengan tinggi rendah kadar gula darah karena kencing manis. Tanpa mengatur kadar gula darah dengan baik, pengobatan gatal karena jamur tidak akan memberi hasil memuaskan. Sebaliknya, pemberian obat antijamur akan memberi hasil memuaskan jika kadar gula darah diperbaiki.

Prosedur pemeriksaan laboratorium yang bisa menentukan ada tidaknya gangguan infeksi atau jenis penyebab infeksi di organ intim wanita adalah Pap smear. Tak ada gunanya takut pada penyakit tetapi tidak memeriksakan diri. Jika segera ditemukan, penyakit atau gangguan bisa segera diobati. Pap smear dilakukan dengan memeriksa sedikit cairan yang didapat dari dalam organ kelamin wanita. Prosedur pengambilan bahan sampel tersebut relatif mudah. Hasilnya akan sangat bermanfaat sebagai acuan pengobatan lebih lanjut.

Ada tiga kemungkinan hasil pemeriksaan Pap smear. Yakni, sehat tanpa ada infeksi atau keganasan, ada infeksi, atau ada kecurigaan keganasan. Jika hasilnya menunjukkan ada infeksi, diberikan informasi lebih rinci penyebab infeksinya, apakah bakteri, jamur, atau mikroba lain. Informasi itu akan memudahkan dokter memberi pengobatan lebih akurat.

Jika hasil pemeriksaan Pap smear menunjukkan tak ada penyakit, bisa jadi gatal sehabis berhubungan disebabkan faktor psikis atau faktor lain. Misalnya, seorang istri yang merasa sudah terlalu tua untuk berhubungan suami istri. Dalam kasus begitu, bisa saja istri menggunakan beberapa ungkapan tak langsung dengan ”menolak”.

Wanita seharusnya selalu bisa melakukan hubungan suami istri. Hanya, wanita tidak selalu mau. Sebaliknya, pria selalu mau untuk berhubungan seks tetapi belum tentu bisa. Faktor umur dan penyakit sering menjadi kendala.

Pada usia sekitar menopause, cairan vagina semakin berkurang dan respons seks lebih lambat. Gula darah yang tinggi juga mengganggu sensitivitas dan melambatnya respons terhadap rangsangan. Perlu komunikasi seks yang kian efektif bagi suami istri agar pesan dan keinginan tersampaikan secara jelas dan risiko bisa diminimalkan. (*)


Dr dr Hudi Winarso SpAnd MKes

Spesialis Andrologi RSU dr Soetomo

~ by wahyukokkang on May 11, 2009.

4 Responses to “Konsultasi Seks”

  1. Maz,ngomong2 soal rambut….
    Itu rambut kepala si cowok berapa helai maz,kok aneh gitu….
    PadahaL rambut kepala si cewek,bagus dan tebal….curly Lagi!hehehehehe….jangan2 yang kurang sehat cowoknya maz!
    tapi malu untuk mengungkapkan,whahahahaha….

  2. Yang jelas, rambut yg mana? Yg lagi digaruk itu ya? hwahahaha!!

  3. Saya mau tanya ni dok..
    Saya remaja usia 18..
    Onani itu diperlukan g sih dok saat remaja spt saya? Apa akibatnya keseringan onani?
    Tolong jawab y dok..
    Terimakasih..

  4. Dok saya ingin bertanya.saat saya berhubungan intim dg suami.ketika suami ingin keluar.dipegang erat2 penis suami agar tidak keluar.tapi setelah dilepas tanganya darah yg keluar.apakah berbahaya atau penyakit .trima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: