Konsultasi Gizi

Makanan Penghambat Katarak

Saya seorang pensiunan pegawai negeri yang sudah menjalaninya selama hampir 5 tahun. Saya melihat banyak di antara teman sebaya yang mengeluh kabur. Kalau melihat benda seperti ada kabutnya. Kata dokter, teman saya itu menderita katarak. Salah satu penyebabnya penyakit diabetes melitus/kencing manis tidak terkontrol.

Apa itu katarak pak dokter? Apakah ada penyebab yang lain selain penyakit kencing manis? Dari segi gizi apa ada yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Bagaimana pengobatan terbaiknya? Mohon penjelasan.

Johanes Sunaryo, Surabaya

Pak Johanes, katarak adalah sejenis penyakit (kerusakan) pada mata. Pada kondisi ini kanta (lensa) mata menjadi tampak keruh, pupil berwarna keputihan (abu-abu). Pasien mengeluh mata kabur bersifat progresif, tidak disertai rasa nyeri (painless) pada mata, silau bila terkena sinar yang terang, dan tampak bundaran semu (halos) di sekitar cahaya. Penderita lebih kerap menukar lensa kaca mata, sampai kebutaan.
Katarak biasanya mengenai kedua mata dan erat kaitannya dengan mereka yang berusia lanjut. Juga, penyakit kencing manis yang tidak terkontrol. Apabila tidak segera diobati dapat menyebabkan mata menjadi buta yang sifatnya permanen.

Katarak ini terjadi karena ada kerusakan struktur protein pada lensa mata. Sehingga terjadi gangguan penglihatan. Keluhannya, penglihatan menjadi kabur untuk melihat jauh maupun dekat. Kekeruhan lensa mata ini dapat terjadi setiap saat. Mulai usia balita, produktif, sampai lanjut usia. Namun, jumlah terbesar di jumpai pada usia lanjut. Sebagian besar karena penyakit kencing manis yang tidak terkontrol. Sebagian lagi akibat proses penuaan.

Penyebab dan faktor risiko terjadinya katarak sangat bervariasi. Stres (fisik maupun psikis) dan kekurangan zat gizi tertentu, seperti vitamin C, vitamin B1, asam folat, kalsium, serta selenium dapat mengakibatkan terjadinya katarak.

Beberapa penyakit  seperti glaukoma, ablasio, uveitis, atau galaktosemia juga dapat berdampak katarak. Ada beberapa risiko dari kondisi lain. Seperti, penggunaan obat-obatan dalam jumlah besar dan lama (kortikosteroid, ergot, antikolinesterase topikal), polusi air, perokok, bahan kimia, kadar kolesterol, dan lemak yang tinggi.

Pada fase awal katarak, pemberian vitamin C dosis tinggi dapat menghambat progresivitas gangguan penglihatan. Untuk memperbaiki gangguan penglihatan pada katarak, jalan terbaik yang dapat dilakukan adalah operasi. Hal ini diperlukan untuk mengganti lensa mata yang keruh tersebut. Penggunaan obat-obatan hanya menghambat “penebalan” katarak. Plus melindungi kornea selama proses operasi dan implantasi lensa baru.

Pencegahan katarak melalui banyak hal. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, E, beta karoten, selenium, atau vitamin B6 sangat dibutuhkan. Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein, seperti asam amino glisine, asam glutamate, dan sistein juga sangat diperlukan. Itu sebabnya, konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, seperti apokat, asparagus, jeruk (oranges), semangka (watermelon) perlu dicukupi. Bahan makanan lain seperti bayam dan makanan yang banyak mengandung beta karoten juga dapat konsumsi. Konsumsi sayuran dan buah tiga kali dalam sehari sangat dianjurkan. Demikian juga dengan mengonsumsi Herbs Chinese Tea.

Prof Bambang Wirjatmadi MD MS MCN PhD

Spesialis Gizi

~ by wahyukokkang on May 16, 2009.

4 Responses to “Konsultasi Gizi”

  1. Sy adlh seorang rmaja laki2 17th
    Sy mmiliki tubuh yg msuk dlm ktegori kurus dgn H=162cm dan W=47.5kg
    Dan bobot brat bdan sy prnah naik mncpai 50kg,nmun yang sy hrankan hanya bagian lengan sja yg bobotnya tdak brtambah.sehingga terlihat tdak serasi dgn anggta tubuh yang lain.
    Pertnyaan saya:
    1.Apa permsalaham saya tersebut ada kaitannya dgn kdakseimbangan hormon?
    2.asupan gizi yang seperti apa yang harus saya konsumsi untuk menyeimbangkan bobot seluruh anggota badan saya?
    Trimkasih atas jwbannya
    n_n

  2. nah lho…kesebut juga dech daunnya!
    kenapa kambing kok ga ada yang katarak,karena daun yang dimakan bukan sembarang daun…!hehehehe….kan macam daun banyak maz,mungkin kambing2 itu rajin makan daun muda bukan daunkering ato yang udah tua dan lagi rasanya beda low mazzzz….
    whahahahaha…..

  3. kepada mas wahyu, saya ada tugas ni, tolong bantuin dong..
    1. Apa saja masalah gizi makro
    2. Bagaimana bentuk pencegahan defisiensi gizi
    3. Apa hubungannya vit A dan Fe terhadap produktivitas
    4. Perubahan biologis dan psikologis pada lansia serta hubungannya dengan gizi
    5. Apakah aktivitas dan pola makan berpengaruh terhadap osteoporosis

    mohon bantuannya ya mas, ditunggu jawabannya, makasih..

  4. hay dok nma saya adi umur 22 gigi saya brantakan parah apa masih bisa d beresin ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: