Konsultasi Gigi

Gigi Si Sulung Gigis, Takut Adiknya Juga

Saya ibu dua anak. Si sulung berusia 6 tahun dan si bungsu 4 tahun. Gigi kedua anak saya itu jelek. Gigi belakang banyak yang berlubang dan gigi depan berwarna hitam serta tidak utuh. Apakah penyakit anak saya itu? Apakah gigi aslinya nanti dapat tumbuh dengan baik? Kalau saya punya anak lagi, apakah giginya juga akan rusak seperti itu?

Murti, Sidoarjo

Diagnosis penyakit ini Caries Dentis atau gigi berlubang atau karies gigi. Kondisi itu terjadi akibat larutnya email gigi dan kerusakan gigi di bawah lapisan email oleh kondisi lingkungan gigi yang asam. Penyakit ini sangat banyak diderita anak-anak yang masih bergigi susu. Penyebabnya utamanya adalah bakteri Streptococcus mutans  (S. mutans) dan Lactobacillus. Bakteri S. mutans menguraikan sisa makanan yang tertinggal di permukaan gigi. Hasil sampingnya adalah asam.

Asam akan melarutkan email gigi dan selanjutnya merusak dentin (tulang gigi) yang berada di bawah lapisan email. Pada tingkat kerusakan lebih lanjut, Lactobacillus mulai berperan.
Sisa makanan yang paling mudah diuraikan menjadi asam adalah karbohidrat. Contohnya nasi dan gula-gula (permen). Jika makanan ini lengket di permukaan atau sela gigi dan tidak segera dibersihkan, dalam waktu amat singkat gula diuraikan menjadi asam. Asam itulah yang melarutkan email (lapisan paling keras gigi). Gula biasanya berasal dari campuran susu botol dan permen.

Pada gigi depan, proses karies gigi biasanya dapat berhenti (Caries Arest). Tapi, dapat juga melanjut. Karies pada gigi depan biasanya berwarna hitam dan sering disebut gigis.
Pada gigi belakang, karies gigi akan melanjut dan mengakibatkan kerusakan saraf gigi. Kerusakan saraf gigi mulanya mengakibatkan rasa sakit yang sangat. Namun, jika syaraf sudah mati, gigi tak akan terasa sakit sama sekali. Bisa diduga dampak karies gigi mengakibatkan nafsu makan anak berkurang (karena giginya sakit). Atau, yang paling parah, bisa mengakibatkan abses (pembengkaan dan pernanahan) gusi di daerah akar gigi.
Jika abses terjadi, anak akan menderita demam dan sakit gigi luar biasa. Di samping itu, abses dapat melanjut ke jaringan lunak sekitar mata atau sekitar leher. Dampak lain adalah gangguan pada pertumbuhan calon gigi pengganti. Namun, jika karies ditangani dengan baik (misalnya saluran akarnya dirawat dan ditambal dengan baik), kondisi karies/gigis tak akan memengaruhi gigi asli (gigi permanen) yang akan tumbuh.
Penderita gigis biasanya anak yang tidak minum susu botol (biasanya dicampuri gula), bukan air susu ibu (ASI). Karena itu, penyakit tersebut sering disebut karies botol. Karies botol lazim terjadi pada anak yang ibunya bekerja, sehingga tidak sempat memberikan ASI.

Berdasar penjelasan di atas, penyakit ini bukan penyakit yang menurun. Sehingga, jika anak yang akan lahir berikutnya diberi ASI, belum tentu dia menderita karies/gigis. Dengan kata lain, gigis dapat dicegah. Apa yang harus diperhatikan di rumah? Usahakan memberikan ASI pada sampai anak berusia dua tahun. Biasakan anak membersihkan giginya sendiri tiap kali habis makan atau paling tidak dua kali sehari (sehabis makan pagi dan sebelum tidur malam hari). Aturlah kunjungan ke dokter gigi secara rutin, paling tidak dua kali setahun untuk mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.*

drg. Rudy M Comentas

Klinik Kecantikan gigi D-Arts

~ by wahyukokkang on May 20, 2009.

2 Responses to “Konsultasi Gigi”

  1. kalo diliat pd gambar maz wahyu,yo jelas beda….coba rambut anak yg giginya sehat itu ada jambulnya seperti rambut anak yg gi pnya gigi limited edition,pasti jdi sikembar….pnya gigi yg limited edition jg!wkakakakak…..

  2. dok mengapa gigi palsu saya yang bagian depan berwarna hitam,,,dan apakah gigi palsu tersebut bisa diganti ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: