Clekit Jawa Pos 23 Mei 2009

Anggaran Militer Kita Payah!

Rentetan jatuhnya pesawat TNI beberapa tahun terakhir memantik dugaan bahwa cekaknya anggaran pertahanan di Indonesia menjadi biang keladi.  Sejumlah anggota Komisi I (Bidang Pertahanan) DPR dan pengamat menilai, minimnya duit militer tersebut berdampak tak langsung terhadap kecelakaan pesawat yang beruntun dua tahun terakhir, termasuk tragedi Hercules C-130 yang jatuh di Magetan, Jatim, beberapa hari lalu.

”Kalau teman-teman di Dephan atau TNI menyatakan tidak punya dampak langsung, sebetulnya itu berbohong kepada publik,” ujar anggota Komisi I DPR Ali Mochtar Ngabalin. Menurut politikus asal Partai Bulan Bintang tersebut, anggaran yang sangat sedikit tetap punya efek langsung terhadap keselamatan prajurit serta keamanan sarana angkut TNI.

”Kalau kecelakaan itu terjadi 10 tahun sekali, mungkin bisa dipahami. Tapi, bayangkan, ini terjadi berturut-turut. Penyelidikan Fokker yang jatuh di Bandung belum selesai, giliran Hercules jatuh. Prajurit terbaik kita mati bukan karena perang, tapi terpanggang,” ungkapnya. Anggaran pertahanan dalam APBN 2009 sebesar Rp 35,3 triliun lebih kecil daripada anggaran 2008, yakni Rp 36,39 triliun. Anggaran yang kurang dari satu persen di antara total APBN itu hanya bisa mendukung sekitar 36 persen kebutuhan minimal.

Anggaran militer kita ternyata paling minim diantara negara-negara tetangga, jangankan dibandingkan dengan Singapura yg kaya raya, Kamboja  saja anggaran militernya 25% atau seperempat dari anggaran belanja nasionalnya. Sementara anggaran miloter kita tidak sampai 1% dari total APBN. Payah bin mengkhawatirkan sekali bukan?

Kalau pemerintah tak juga menaikkan anggaran militer, kali ini TNI perlu minta anggaran ke jin barangkali. Setuju?

~ by wahyukokkang on May 23, 2009.

One Response to “Clekit Jawa Pos 23 Mei 2009”

  1. Yach,moga aja jin-nya baikhati n bisa mengabulkan untuk menaikkan anggaran….!yang penting usaha coy,
    hehehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: