Konsultasi Seks

Istri Kewalahan, Khawatir Hiperseks

Dokter, Saya baru saja menikah minggu lalu. Yang saya tanyakan, gairah seks saya mengapa menggebu-gebu? Sehari saya bisa ML 2–3 kali. Istri sampai kewalahan dan takut saya mengalami hiperseksual. Benarkah saya menderita hiperseksual, dok? Kalau iya, bagaimana menanganinya? Terima kasih.

Bimo, Surabaya


Irama potensi seks seseorang terkait dua factor, yaitu umur dan usia pernikahan. Pria usia 15–30 tahun umumnya berada pada potensi seks yang prima. Potensi seks pria pada usia 30–40 tahun berada pada kondisi konstan. Setelah usia  40 tahun, pria akan mengalami penurunan potensi seks karena andropause.

Frekuensi hubungan suami istri pada pengantin baru atau pasangan yang baru menikah umumnya memang tinggi, bahkan pada mereka yang menikah pada umur lebih tua. Mas Bimo yang baru menikah seminggu, jika umur masih muda, frekuensi hubungan seks 2–3 kali sehari merupakan hal yang wajar. Yang perlu dicermati adalah istri kewalahan. Ada apa? Wanita harusnya lebih kuat daripada pria karena wanita tak perlu ”ereksi” untuk bisa melakukan hubungan seks. Kalau saja istri menikmati tiap hubungan seks karena proses dan hasilnya selalu menyenangkan, tak akan ada istilah istri kewalahan.

Saat otak dalam sikap positip dan siap, proses rangsang seks akan berlangsung sesuai tahapan untuk sampai pada tahap orgasme. Rangsang seks diawali dengan fase rangsangan, fase bangkitan, fase orgasme, dilanjutkan fase resolusi. Tiap tahap tersebut harus berlangsung maksimal untuk bisa mencapai tahap selanjutnya yang optimal. Diperlukan rangsang seks yang optimal dari seluruh indera dan fantasi. Caranya, indera penglihatan dimanja dengan penampilan sensual pasangan, bisikan mesra, sentuhan erotis, dan wewangian yang merangsang.

Jika penetrasi penis dilakukan pada saat organ intim istri belum siap, potensial terjadi ketidaknyamanan pada istri. Bahkan, bisa saja berdampak nyeri atau lecet pada organ intim. Perlu dibangun komunikasi seks yang baik antara pasangan suami istri. Komunikasi seks adalah komunikasi pasangan suami istri terkait materi seks. Itu bisa bersifat verbal ataupun nonverbal. Komunikasi seks dalam ucapan adalah jenis verbal, sedangkan yang nonverbal adalah penampilan yang memiliki daya tarik seks bagi pasangan.

Yang dimaksud seks mania adalah seseorang terdorong terus-menerus untuk melakukan aktivitas seks tanpa dia bisa mengendalikan keinginannya tersebut. Sedangkan, hiperseks lebih diartikan pada frekuensi hubungan seks yang berlebih dibandingkan umumnya.
Bagi suami-istri, frekuensi seks tak harus dibandingkan dengan frekuensi seks orang lain atau data statistik. Jika suami istri menikmati dan senang, frekuensi seks berapa kali pun dianggap normal, khususnya dalam tinjauan keluarga. (*)


Dr dr Hudi Winarso SpAnd MKes

Spesialis Andrologi RSU dr Soetomo

~ by wahyukokkang on June 5, 2009.

16 Responses to “Konsultasi Seks”

  1. Gambarnya bagus….coba kalo ekspresi sang istri tersenyum malu-malu….
    wow,pasti ga kewalahan dan pasti bilang lanjut mas….!whahahahaha….

  2. wah, kayaknya suka sesuatu yg bikin kemeng ya? hehehe…

  3. Seks?

  4. Seks itu nikmat jika qt menikmati

  5. sejak istri saya menjadi wanita karir, setiap saya meminta ml ia selalu menolaknya, tolong dok solusinya sebelum r/t kami hancur.

  6. Malam Dok, sy sdh nikah ada yg sy mau tanyakan. 1.tiap hub intim istri sy tdk pernah organsme. 2.berapa ukuran penis yg normal? Pny sy jika eraksi hanya 11cm. Apa ukuran segitu bs memuaskan istri. 3.hub intim yg normal brp menit? Sy hanya sekitar 10-15mnt aja. Tlg dijawab sebelumnya thx.

  7. ada-ada sajka,,semakin kreatif,,,,

  8. gimana supaya tahan lama

  9. dokter,
    apa hanya dengan memasukan jari (bukan penis) kedalam kemaluan menyebabkan keperawanan hilang? karena setelah itu ada darah yang keluar dari kemaluan saya.
    pada memasukan jari saya merakan nyeri sebentar, tapi tidak seperti yang dicerikan orang apabila keperawanan kita diambil itu akan meraskan sakit yang luar biasa.

  10. Dok, tanggal 25 Juni kemarin saya berhubungan dengan pasangan saya. Saat itu pasangan saya menggunakan kondom. Ketika penisnya masuk ke dalam vagina saya, pasangan saya mengeluarkan air maninya. Apakah itu bisa menyebabkan kehamilan?
    Keesokan harinya, tanggal 26 Juni saya melakukannya lagi. Pasangan saya tidak menggunakan kondom kali ini. Setelah penisnya berada di dalam, saya memintanya untuk segera mengeluarkan penisnya, pasangan saya juga tidak mengeluarkan air maninya. Apakah itu bisa menyebabkan kehamilan?

  11. biasa aj

  12. Dokter saya mau tanya, saya berumur 22 tahun †αªρ¡ penis saya ©υмα berukuran 4cm ϑäπ
    Diameter 2cm saat tidak ereksi serta
    9cm ϑäπ
    Berdiameter 3,5cm saat ereksi apakah saya normal dokter?

  13. dok sy mau bertanya . apakah dengan mengetuk2 lutut dapat diketahui bahwa seorang perempuan tidak perawan lagi atau pernah melakukan seks melalui bunyi nya ? karna setelah saya bedakan bunyi lutut yg d.ketuk antara wanita yg perawan dan tidak itu berbeda . jika yang tidak perawan bunyinya seperti tong kosong (kopong) sedangkan yang perawan bunyinya padat .
    apakah jika terlalu sering berhubungan seks dapat merubah warna pada vagina ?
    dan apakah normal jika keputihan sedikit bau dan berwarna kekuningan ,,
    terimakasih sebelum nya mohon jawaban nya..
    riana .

  14. Mat malam dok saya pria usia 41 th istri saya 39 pada awalnya saya berhubungan intim 5-10 menit waktu pada awal nikah 1-4 th tetapi hampir setiap hari saya melakukan hubungan sek 2-3 x/hari tetapi setelah saya punya 3 anak di usia 35 seks saya semakin menjadi seiap hari saya selalu minta istri saya untuk melayani kecuali bila dia sedang men saat ini saya bila melakukan hbngn sek dengan intensitas waktu minimal 1/2 jam bahkan bisa lebih pernah sampai 2 jam p saya masih tetap ereksi padahal istri saya sudah kwalahan.klau saat ngobrol biasa istriku selalu ngatakan bahwa saya hiper. kadang saya tidak menyuruh istri saya untuk tidak bekerja berat yang penting bisa melayani saya,kadang saya merasa kasihan sama dia kalau pagi dia badanya pegal2 tapi kuselalu siap pijitin dia yang penting dia siap untuk melayaniku,dia gak pernah nolak bila tak ajak hbungan bahkan untuk mengurus anak pekerjaan2 dia ku selalu siap untuk membantu. yang saya tanyakan Apakah saya ini memang betul hiper sek? bagaimana untuk mengurangi agar saya tdak stiap hari minta untk berhubungan,padahal bila saya bepergian nyopir mobl/ pulang malam ku masih ingin melakukan hubungn bahkan sampai lama & bahkan istriku bilang po gak capek,ku malah gak bisa tidur klo blum bergulat ma istri.makasih

    zn di lampung

  15. Dok, saya sdh beristri. Saya ada masalah. Seringkali setiap saya berhubungan badan dengan istri saya, saya membayangkan bersetubuh dengan Ibu mertua saya. Memang ibu mertua saya semok. Payudaranya lbh besar dari istri saya walaupun agak gemuk. Kalau saya membayangkannya, nafsu saya tinggi sekali jadi ingin hubungan badan dengan istri saya atau kadang2 saya beronani membayangkan menyetubuhi ibu mertua saya. Setelah ejakulasi terasa puas. Tapi ada rasa bersalah. Dok, apakah saya ada kelainan? Bagaimana mengatasinya?

  16. Dokter saya seorang pria usia 22th… saya mau bertanya, bbrp kali saya melakukan hubungan sex tapi saya sangat lama untuk dirangsang… trkadang melalui saling bercumbu atau usaha lain tp sulit untuk membuat saya terangsang. apakah ini akibat saya terlalu sering onani? dan adakah alternatif herbal untuk masalah yg saya alami ini?

Leave a Reply

 
