Konsultasi Tumor

Malu Periksakan Benjolan di Daerah Vital

Saya ibu rumah tangga berusia 32 tahun dengan seorang anak. Beberapa hari ini, saya menemukan benjolan di daerah V (kewanitaan). Ukurannya memang tidak besar. Tapi, benjolan itu tidak kunjung hilang. Saya jadi kuatir. Tapi, saya malu jika harus periksa ke dokter. Saya harus bagaimana, Dok? Terima kasih.

SW, Kutisari-Surabaya


Ibu SW, benjolan di daerah vagina banyak kemungkinannya. Bisa karena infeksi kuman, virus, atau tumor. Yang sering adalah karena infeksi, disebut bartholinitis atau radang kelenjar bartholin di sekitar vagina. Biasanya, gejala yang muncul adalah benjolan tersebut bertambah besar dan bertambah nyeri.

Jika infeksi tersebut disebabkan bakteri atau kuman dari hubungan seksual, pengobatannya dengan melakukan insisi atau irisan pada benjolan tersebut. Tujuannya, mengeluarkan cus atau nanahnya. Lalu, Ibu diberi antibiotik yang sensitif sesuai dengan kuman atau bakteri tersebut.
Bila ukuran benjolan itu tetap dan tidak ada keluhan, Ibu perlu evaluasi dengan FNAB (Fine Midle aspiration Biopsy). Tujuannya, memastikan benjolan tersebut tumor jinak atau tumor ganas. Atau, benjolan tersebut langsung dieksisi (dilakukan pengambilan) untuk dilakukan pemeriksaan patologis anatomis. Dengan begitu, diketahui benjolan tersebut tumor jinak atau ganas.

Saran saya, Ibu sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan agar bisa didiagnosis dan ditangani secepatya. (*)


dr Didi Darmahadi Dewanto SpOG

Spesialis kandungan dan kebidanan RS Spesialis Husada Utama Surabaya

~ by wahyukokkang on June 7, 2009.

2 Responses to “Konsultasi Tumor”

  1. kadang aku bingung maz,ni yang harus dikasih comment yg mana ya?gambarnya ato memang masalah konsultasinya ya maz,biar ga salah tanggap gthu maz….
    Liat gambarnya aja bikin ketawa,jadi kadang gthu pengen ngasih comment plesetan,
    hehehe….

  2. lihat gambarnya saja, karena menurut survei di AS, melihat “sesuatu” yg montok dapat memperkecil resiko terkena stroke. Jadi kalau mau terhindar dr stroke, lihatlah yg montok-montok, hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: