Konsultasi Seks

Bingung Memilih Kondom yang Baik

Dokter, saya dan istri sepakat memilih alat kontrasepsi kondom. Yang saya tanyakan, saat ini banyak sekali muncul merek kondom. Bahkan, rasanya pun beraneka. Bagaimana memilih kondom yang baik?

Robby, Surabaya


Memilih kondom yang baik penting agar manfaat dan hasilnya optimal. Kondom saat ini digunakan sebagai alat kontrasepsi, mengurangi risiko tertular penyakit menular seks, dan membantu mengatasi masalah gangguan seks tertentu. Misalnya, ejakulasi dini.

Untuk tujuan kontrasepsi, faktor kondisi, kualitas, dan cara pemakaian kondom memegang peran penting agar tidak menyebabkan kehamilan. Kegagalan saat ini terjadi disebabkan pemakaian kondom dilakukan tidak teratur, kadang pakai dan kadang tidak. Bila hubungan seks dilakukan saat istri subur, antara lain karena tanggal masa subur berubah, lepas kondom meningkatkan risiko hamil.

Dalam memilih kondom untuk tujuan kontrasepsi, pilih yang berbahan lateks karena tidak mudah sobek/rusak dibandingkan yang berbahan poliuretan. Secara umum, kondom yang beredar di Indonesia sudah memenuhi syarat standar mutu internasional (ISO). Namun, konsumen tetap perlu memperhatikan kondisi kondom saat membeli atau ketika mau menggunakan.

Pada kertas bungkus semua produk kondom, tertera dengan jelas  tentang perhatian dan cara penggunaannya. Yang perlu diperhatikan antara lain tanggal kedaluwarsa serta simpan kondom di tempat yang dingin kering dan terlindung dari sinar matahari. Cairan yang ada di dalam kondom berisi bahan spermisida, yakni bahan yang berfungsi membunuh spermatozoa.

Bila menggunakan pelumas, pakailah yang berpelarut air, jangan gunakan lotion atau vaseline karena bisa merusak kondom. Yang juga perlu diingat, Meski tidak kedaluwarsa, jika bungkusnya rusak atau bocor, kering, dan menjadi kaku, kondom mudah robek (fragile). Kondom dalam kondisi begitu jangan dipakai.

Cara pemasangan kondom sebagai berikut. Pertama, tempatkan kondom di ujung penis yang telah tegang sebelum menyentuh liang sanggama. Kedua, pencet puting kondom supaya udaranya keluar. Ketiga, tahan ujung kondom, sarungkan kondom sejauh mungkin. Keempat, setelah keluar sperma (ejakulasi), tahan kondom dengan erat dan pelan-pelan tarik penis keluar dari vagina. Jangan sampai cairan sperma tumpah ke vagina.

Banyaknya produk kondom dengan berbagai warna, bahkan rasa, bisa saja merupakan bagian dari iklan. Hal tersebut bisa disikapi sebagai bagian positif dalam upaya memenuhi keinginan pasangan. Faktor penerimaan pasangan bisa dijadikan pertimbangan dalam komunikasi seks agar lebih enjoy dari aspek kesenangan suami istri. (*)

Dr dr Hudi Winarso SpAnd MKes

Spesialis Andrologi RSU dr Soetomo

~ by wahyukokkang on June 14, 2009.

8 Responses to “Konsultasi Seks”

  1. Saya kira ga ada pilihannya,ternyata tidak sesuai apa yg saya bayangkan….
    semua bisa beragam yach….unik!

  2. dok saya dan istri saya belum ingin punya anak dulu ! yang saya ingin saya tanyakan apa saat saya dan istri sedang berhubungan intim saya selalu mengeluarkan sperma keluar vagina isti saya apa ada kemungkinan hamil tidak dan kami juga melakukan di saat istri saya sedang subur ?

  3. 1. putih-putih pada vagina (di bagian lekukan di vagina yang dapat dibuka dengan tangan) apa yang menyebabkannya sehingga menjadi begitu? Apakah itu disebabkan cairan-cairan setelah bersetubuh ?
    2. Tolong, dok sebutkan beberapa hal apa yang terjadi pada vagina wanita setelah bersetubuh atau bersenggama dengan laki-laki. Apakah putih-putih dan kulit atau daging vagina menjadi lecet juga tanda-tanda pada vagina wanita setelah bersetubuh atau bersenggama dengan laki-laki.
    3. Dok, apa tanda-tanda atau apa yang dapat dilihat pada vagina wanita, setelah ia bersetubuh atau bersenggama dengan laki-laki.
    4. Apakah daging pada vagina di bagian dalam dapat lecet setelah bersenggama atau bersetubuh dengan laki-laki atau dengan tangkur buaya ?
    5. Kita sebagai suami, saat ingin berhubungan badan (bersetubuh) dengan istri kita, apakah memang vaginanya menjadi sakit. PAdahal sekali-sekali kami melakukkannya.
    6. Apakah memang vagina wanita (isteri saya) yang telah mempunyai 2 anak (masing-masing berumur 4 dan 5 tahun) setelah jarak bersetubuh jelang waktunya, 7 bulan sekali bahkan lebih, akan kemudian sakit bila saya dan dia kembali berhubungan badan ?
    Atas jawaban dan bantuan bapak/ibu dokter saya mengucapkan terima kasih. Saya ada menaruh kecurigaan pada isteri saya bu dokter. sekali lagi terima kasih ?
    7. Setelah kira-kira 1 tahun tidak bersetubuh (kurang lebih) dengan istri saya, apakah vaginanya kemudian akan sakit bila kemudian bersetubuh dengan saya?
    8. Kelihatannya bagi saya, vagina istri saya agak membengkak ke depan. Apakah perempuan yang sering bersetubuh vaginanya menjadi seperti itu ?

  4. Selamat siang dok,
    kami ada pasangan pengantin baru. hal yang kami nanti2kan adalah malam pertama dan telah kami lalui. Pertama kali kami kaget karena adanya darah yang keluar dari Miss V istriku. kami berhenti sekitar 1 jam, dan mencoba lagi darah tetap keluar tetapi lebih dikit. Darah itu masih keluar seperti lagi haid,sudah 3 hari setelah malam pertama kami, Miss V istriku masih mengeluarkan darah walaupun sudah tidak melakukan hubungan sex dan yang membuat kami benar2 shock adalah istriku menceritakan kalo ada darah saat buang air kecil. (pipis darah).
    kami kebingungan dan ketakutan. Apa ini normal atau masalah serius yang harus ada penanganan khusus dari dokter? ke dokter spesialis apa kami harus berkunjung?? mohon pencerahannya.
    Mohon bisa dibalas secepat mungkin.
    Terima kasih.

    Andy

  5. wah..wah..wah.. dokter wahyu tuh gimana ya… kok gak dijawab-jawab…. hahahahahah…

  6. saya waninta berumur 24 tahun dan pacar saya beruur 23 tahun, mau tanya nie, saya pernah tinggal satu apartement dengan pacar saya selama 2 minggu, dia orang asing, selama 2 minggu ini kami berhubungan, saya selalu takut untuk melepas keperwanan saya karena dia punya besar, namun dia bilang ok, tapi dia mau seks, kami melakukan seks tapi dia hanya memasuka kepala penisnya saja, tidak ikut keseluruhan badan penisnya, dan melakukan oral seks, dengan dia memasukan kepala penisnya ke Ms V saya, saya sudah tidak perawan lagi atau bagaimana? apa ada kemungkinan hamil? karena dia tidak mengunakan kondom, dan dia menembakan spermanya diluar dekat Ms V saya, thanks sebelumnya

  7. dok
    saya remaja umur 17 tahun.saya sudah dari smp melakukan masturbasi.pada awalnya masturbasi bisa bertahan agak lama dan ejakulasi nya sangat keras,tetapi sekarang agak sedikit pelan dan ejakulasi datang lebih cepat(bisa di bilang sangat cepat).apakih ini ejakulasi dini?
    saya sudah berusaha untuk berhenti masturbasi tetapi terkadang masih saya lakukan.
    adakah cara yang bisa saya lakukan di rumah untuk membuat ejakulasi saya bertahan lama dan ereksi keras?
    terima kasih

  8. dok saya seorang Mahasiswa umur 21 taHUN,,,,SAYA SERING SEKALI melakukan Onani,,,saya juga sudah beberapa kali melakukan hubungan seks dengan pacar saya,,,tapi sekarang saya cepat sekali ejakulasi,,,bahkan baru masuk sudah keluar,,,,apakah ini yang namanya ejakulasi dini?????saya takut saat menikah nanti tidak dapat memuaskan hasrat seks istri,,,,,mohon dibantu,,,,apakah ini ada hubungannya dengan kebiasaan onani???bagaimana cara menanggulangi nya,,,,,terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: