Clekit Jawa Pos 29 Agustus 2009

Harga Diri Hilang, Pulaupun Melayang…

Sebuah pengumuman di internet, belum lama ini memeranjatkan banyak pihak. Bayangkan, tiga pulau di wilayah Indonesia ditawarkan atau dijual. Seperti dimuat situs privateislandsonline.com, tiga pulau di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang ditawarkan itu adalah pulau Makaroni, Siloinak, dan Kandui. Harga jual ketiga pulau tersebut berbeda-beda. Mulai US$ 4 juta atau sekitar Rp 40 miliar hingga US$ 8 juta atau setara Rp 80 miliar.

Mengapa pulau-pulau kecil yang tidak terurus oleh pemerintah daerah begitu mudah berpindah tangan ke pihak swasta atau dikelola oleh pihak asing? Adakah keterlibatan pemerintah daerah dalam pemberian izin pendirian penginapan di pulau-pulau tersebut? Khalayak tentunya menunggu ketegasan pemerintah pusat, yang ternyata dari dulu nggak bisa tegas…

~ by wahyukokkang on August 29, 2009.

2 Responses to “Clekit Jawa Pos 29 Agustus 2009”

  1. kalopun orang2 yang menjual pulau tersebut ikut dijual juga yo ga bakal laku mas…..hikikikiks,ga dapat untung besar!

  2. Asslmlkm..bagaimana kelanjutan pulau-pulau itu ? kemaren saya dapat jalan-jalan kesana untuk surfing memang daerah kepulauan mentawai sangat kaya untuk olah raga selancar air dan itu aset yang sangat besar,para surfer dunia sering kesana dengan mencarter boat dan khusus untuk surfing itu makan waktu 12 hari untuk bisa surfing diberbagai tempat dikepulauan itu,jadi kalu mau dikelola ..lebih baik siastim kerja sama aja,yang mana nantinya di pulau yang ada tempat surfingnya bisa dibangun fasilitas penujang , misalnya penginepan dan tranportasi dll ,jadi para persurfer perorangan bisa kesana tanpa harus mencarter boat.kalau kemaren saya kesana dengan teman-teman mencarter boat khusus untk 12 hari 15 orang ,tapi kalu sudah ada pasilitas disetiap pulau ,para surfer perorangan bisa langsung kesana dan tingal disana dll.pemerintah harus membangun infarastruktur dulu..baru nantinya bisa dikembangkan menjadi daerah wisata untuk olah raga air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: