Clekit Jawa Pos 03 Des 2009

Angket Century

Angket Century menjadi ’’sengatan’’ pertama di era pemerintahan SBY-Boediono. Angket ini bisa dibilang istimewa. Pertama, pendukungnya paling banyak, sekitar 90 persen anggota DPR ikut teken. Dari 560 wakil rakyat, 503 membubuhkan tanda tangan. Ini masuk rekor dalam hal dukungan. Fraksi Partai Demokrat yang sempat dipersepsi berbagai pihak sebagai kelompok yang resisten, juga memberikan dukungan penuh.
Kedua, isunya sangat ”sensitif”. Sebab, secara otomatis angket ini akan memintai keterangan dua pejabat tinggi yang kini berada di episentrum kekuasaan: Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Muncul suasana kasus ini mengarah ke jantung kekuasaan.

Tak hanya perorangan (anggota DPR), tapi secara intitusi fraksi memberikan dukungan agar angket Century mampu mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di balik pencairan dana Rp 6,7 triliun itu. Fraksi Partai Demokrat yang nota bene adalah ”benteng” sesungguhnya pemerintah SBY di Senayan, sudah memberikan komitmen untuk membongkar tuntas kasus tersebut. Begitu juga FPDIP yang sejak awal sangat yakin adanya penyelewengan dalam bailout itu.
Sekarang yang harus dicermati publik adalah ke mana arah angket ini. Adakah kepentingan gelap yang tersembunyi di balik semangat semua pihak yang menginginkan untuk menuntaskan kasus Century?

Kerja pansus nanti harus terbuka. Publik harus memantau apa yang terjadi. Jangan sampai redup hanya karena persoalan kompensasi politik. Dalam istilah Amien Rais, jangan tombak ini menjadi tumpul hanya karena tebalnya amplop.
Belum hilang dari ingatan kita ketika sejumlah anggota DPR periode lalu begitu bersemangat mengusut para jenderal yang diduga terlibat dalam sejumlah kasus pelanggaran HAM. Semangat pengusutan itu tiba-tiba menjadi sayup-sayup, bahkan tak terdengar lagi, saat semua pasangan capres-cawapres yang bertarung dalam Pilpres 2009 lalu, ada jenderalnya. Atau angket kenaikan BBM yang hingga kini tidak pernah kita ketahui hasilnya…

Advertisements

~ by wahyukokkang on December 3, 2009.

2 Responses to “Clekit Jawa Pos 03 Des 2009”

  1. kalo hanya di usut,masalahnya ga bakal bisa susut…..!apalagi sering ngobral janji,

  2. Kasus century kini semakin menggelinding bak bola salju. Kini para wakil rakyat sedang sibuk-sibuknya mengajukan hak angket atas kasus yang diperkirakan merugikan negara sebesar 6,7 triliun. Kini Pansus pun telah disiapkan yang diisi oleh semua perwakilan fraksi.

    Mudah-mudahan saja pansus ini tidak berhenti di tengah jalan. Yang pada akhirnya kasus century benar-benar dapat diketahui fakta yang sebenarnya. Rakyat sangat menunggu upaya para wakilnya tersebut.
    Cara Membuat Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: