Clekit Jawa Pos 05 Des 2009

Orang Terkaya di Indonesia

Majalah bisnis Forbes mengumumkan daftar 40 orang terkaya di Indonesia. Total aset 40 orang2 tajir ini meningkat dari USD 21 miliar (sekitar Rp 197,4 triliun) akhir 2008 menjadi USD 42 miliar (sekitar Rp 394,8 triliun) tahun ini. Dari sejumlah nama itu, harta sembilan konglomerat tercatat melonjak lipat tiga daripada tahun lalu.

Salah satu yang fenomenal adalah Low Tuck Kwong, pemilik PT Bayan Resources Tbk, yang nangkring di peringkat ke-11 dengan kekayaan Rp 10,3 triliun. Hartanya melambung tinggi gara-gara harga saham Bayan meroket 474 persen dalam setahun terakhir. Setali tiga uang, harta bos Grup Bakrie Aburizal Bakrie juga kembali menggelembung setelah harga saham perusahaannya, seperti PT Bumi Resources Tbk, membaik.

Pendatang baru yang cukup mengejutkan adalah Ciliandra Fangiono, CEO perusahaan kelapa sawit First Resources. Di usianya yang masih 33 tahun, Ciliandra berhasil mengumpulkan harta Rp 6,7 triliun. Di posisi puncak, pemilik Grup Djarum, Budi dan Michael Hartono, mendominasi dengan kekayaan Rp 65,8 triliun. Selain dari Djarum, kekayaan mereka didapat dari Bank Central Asia (BCA), sejumlah mal dan gedung perkantoran kelas atas, termasuk Grand Indonesia.

Di posisi kedua, pengusaha kelapa sawit Martua Sitorus dengan kekayaan Rp 28,2 triliun. Taipan yang menetap di Singapura ini merupakan salah satu pendiri perusahaan agribisnis Wilmar International. Saat ini perusahaan tersebut menjadi salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di Asia. Sementara itu, pemilik Gudang Garam Susilo Wonowidjojo berada di posisi ketiga dengan harta Rp 24,4 triliun.

Kekayaan mantan Menko Kesra Aburizal Bakrie meningkat dari Rp 8 triliun tahun lalu menjadi Rp 23,5 triliun pada 2009. Kenaikan kekayaan ketua umum Partai Golkar itu ditopang lonjakan harga-harga saham Grup Bakrie dalam setahun terakhir. Untuk masuk daftar orang terkaya versi Forbes, para miliarder mesti memiliki kekayaan minimal Rp 2,28 triliun!

Advertisements

~ by wahyukokkang on December 5, 2009.

One Response to “Clekit Jawa Pos 05 Des 2009”

  1. Lha utang negara berapa triliun yach…..!edan tenan,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: