Clekit Jawa Pos 26 Januari 2009

Ternyata Mereka Nggak Beda

Pertandingan Persib Bandung versus Persebaya Surabaya menorehkan catatan tersendiri. Bukan pada pertandinganya, namun dari sisi suportenya, yaitu gelombang perjalanan para suporter Persebaya (Bonek) yang ngelurug ke markas Persib Bandung yg menimbulkan banyak masalah. Bonek yang identik dengan kerusuhan dan pengrusakan itu berbuat ulah di beberapa stasiun pemberhentian kereta yang mereka tumpangi. Beberapa bentrokan dan aksi pelemparan batu juga menyambut tiap kali rombongan Bonek tsb melintas di beberapa daerah. Bahkan ada Bonek yang tewas dalam insiden ini. Aparat keamananpun dibikin kerja ekstra untuk mengamankan perjalanan mereka. Selain mengamankan perjalanan, aparat juga harus melindungi Bonek (yang seolah menjadi “musuh bersama”) dari serbuan warga di sepanjang perjalanan mereka, berangkat maupun pulangnya.

Ulah Bonek yg menjengkelkan bagi sebagian warga ini ternyata nggak beda dengan ulah para politisi di senayan. Mereka para anggota Pansus Century  yg sedang getol bersidang ternyata berkelakuan jauh dari etika mereka sebagai wakil rakyat yang katanya terhormat.

Namun bagaimanapun, dilihat dari kacamata yg lain, saya pribadi sangat menghargai semangat dan perjuangan para Bonek dalam membela tim kesayangannya. Jiwa dan semangat serta kekompakan mereka demi Persebaya tidak bisa diragukan lagi. Mereka benar-benar total membela Persebaya apapun kondisinya, di manapun timnya berlaga, menang atau kalah mereka tak surut semangat dalam membela Persebaya. Hanya mungkin karena tidak ada koordinasi yg baik antar Bonek, serta tidak adanya pembinaan dan penanganan menyeluruh secara kontinyu terhadap mereka, sehingga mereka seringkali berulah, tak terkendali dan cenderung anarkis. Semoga ke dapannya, mereka akan semakin menyadari hal ini, karena tanpa suporter seperti mereka, pertandingan di lapangan menjadi “mati” dan tak bergairah lagi. Viva Bonek, sayangi teman dan keluarga Anda. Tetap Semangat!!

Advertisements

~ by wahyukokkang on January 26, 2010.

2 Responses to “Clekit Jawa Pos 26 Januari 2009”

  1. kendalikan diri dalam segala hAL memang bukan hal mudah…..!dan cari tau bagaimana cara untuk menyelesaikan juga tidak mudah bagimereka orang2 penting karena hnya modal dengkul,
    Untuk bonex,memang mereka masih belum punya koordinator yg bsa mengatur mreka jadi lebih tertib,kayaknya maz wahyu cocok ney…..!he…..99x

  2. ihihi lucu, bagus mengena banget..
    mmg bener2 ngejengkelin.. mgkn pansus iki bapake bonek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: