Clekit Jawa Pos 02 Februari 2010

Gaji Pejabat Bakal Naik

Presiden SBY dinilai tidak sensitif dengan kondisi rakyatnya. Di saat rakyat tengah marak mengkritisi pemerintahannya, justru muncul kebijakan untuk menaikkan gaji pejabat.

“Memang kurang sense of crisis-nya, tidak sensitif terhadap situasi kita. Mestinya SBY merespon,” ujar pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syamsudin Haris, saat dihubungi Jumat (29/1/2010) pagi.

Syamsudin berpendapat, seharusnya dalam setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah ada perencanaan yang matang dan audit yang jelas. Hal ini untuk menghindari munculnya kebijakan-kebijakan yang cenderung kontroversial.

Syamsudin juga berharap agar SBY memberikan respon terhadap kritikan yang muncul. SBY sebagai presiden, kata Syamsudin, seharusnya bisa menunda pelaksanaan kebijakan yang dianggap non-populis.

“Seperti contoh pembelian pesawat kepresidenan seharusnya bisa ditunda, soal mobil dinas pejabat juga bisa ditunda dulu. Kemudian masalah kenaikan gaji juga sama,” tuturnya.

Menurut Syamsudin, tujuan dasar kenaikan gaji yang disebut-sebut untuk mengurangi korupsi dan meningkatkan produktivitas para pejabat, dirasa kurang sesuai. Tidak ada yang menjamin tujuan tersebut terealisasi.

Kenaikan sebesar 20 persen dan berlaku mulai Maret tersebut banyak ditentang oleh banyak kalangan. Tapi seperti biasa, di Indonesia ini siapapun orangnya, kalau sudah jadi pejebat yang berwenang (pemerintah), biasanya langsung jadi kurang pendengaran, kurang penglihatan, dan kurang memori ingatannya…

~ by wahyukokkang on February 2, 2010.

One Response to “Clekit Jawa Pos 02 Februari 2010”

  1. Lhawong ga ditambAh gajinya aja bnyak yg KORUPSI,apa bner dgn knaikan gaji bs menjamin tak ada KORUPSI??!itU hnya BOHONG dan aKAL2n saja,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: