Clekit Jawa Pos 01 Februari 2011


Serangan Balik DPR ke KPK

Kekhawatiran DPR akan menyerang balik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasca penahanan 19 politikus tersangka kasus cek perjalanan oleh lembaga pimpinan Busyro Muqoddas itu mulai terbukti. Kemarin (31/1/2011), ketika digelar rapat kerja dengan pimpinan KPK, Komisi III DPR mulai bikin masalah. Mereka menolak kehadiran Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah dalam rapat tersebut.

Motor penolakan tersebut adalah anggota Fraksi PDIP dan Golkar yang kebetulan merupakan partai asal sebagian politikus yang ditahan KPK Jumat lalu (28/1/2011). Mereka menganggap bahwa Bibit dan Chandra masih berstatus tersangka dalam kasus suap Anggoro Widjoyo. Karena itu, keduanya tidak layak hadir dalam rapat kerja antara Komisi DPR dan pimpinan KPK.

Tentu mereka tidak secara terang-terangan mengatakan bahwa hal itu dilakukan sebagai ’’balas dendam’’ atas langkah KPK menahan 19 teman mereka dan untuk melemahkan KPK. Sebaliknya, mereka beralasan bahwa hal itu untuk memperbaiki atau memperkuat KPK. Namun, karena waktunya memang berdekatan, sulit dihindari kesan kalau hal itu memang merupakan upaya ’’balas dendam’’. Juga, diakui atau tidak, langkah anggota Komisi III tersebut jelas tidak akan memperkuat KPK, sebaliknya malah memperlemah KPK.

Karena itu, publik patut menyayangkannya. Anggota dewan yang seharusnya mendukung upaya pemberantasan korupsi, malah bersikap sebaliknya: menghambat. Dewan seharusnya tidak punya alasan untuk mempersoalkan langkah kejaksaan yang telah menerbitkan deponering untuk Bibit dan Chandra karena hal itu dijamin UU dan tidak bisa diintervensi oleh dewan.

Masyarakat perlu terus mencermati berbagai trik dewan yang bisa memperlemah posisi KPK. Kalau tanda-tandanya kian jelas dan tidak bisa ditoleransi lagi, masyarakat harus bertindak!


~ by wahyukokkang on February 1, 2011.

4 Responses to “Clekit Jawa Pos 01 Februari 2011”

  1. Mungkin KPK bermain terlalu menyerang, beknya pada maju semua, jadi DPR bisa melancarkan serangan balik dengan striker yang larinya kenceng-kenceng. *strategi sepakbola

  2. @ Andika: Bener juga mas, hehehe…

  3. mungkin KPK masih piki2 dulu mas, solanya wakil rakyat yang nyuruh,,hehehe salam kenal mas,,,,kunjungi juga: kotakinformasi.wordpress.com

  4. ayo dimulai lagi strategi baru…..strategi yg malah mbikin puyeng,ga selesai2…..
    tahan sana tahan sini,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: